Video Etika Jinjing Ransel di Bandara Kembali Viral Jelang Mudik Lebaran 2023, Begini Idealnya

Warganet di media sosial tengah ramai membahas mengenai etika baru ketika berada di bandara.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 17 Apr 2023, 16:32 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 16:27 WIB
Ilustrasi tas punggung, tas ransel
Ilustrasi tas punggung, tas ransel. (Photo by lisboa ind. on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Warganet kembali diramaikan soal etika baru ketika berada di bandara. Melalui akun Instagram @seutas_tali_persahabatan_found, terungkap sebuah video yang memperlihatkan Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno yang menjelaskan etika dalam membawa tas ransel.

Diketahui video tersebut merupakan video yang diunggah di media sosial TikTok Sandiaga Uno pada 2021 lalu. Dia menjelaskan tips dalam membawa backpack atau ransel ke pesawat.

Guys, pagi ini saya bersama tim menuju salah satu Destinasi Super Prioritas yaitu Labuan Bajo, GEBER untuk hadirkan percepatan pemulihan ekonomi dan lapangan kerja. Sebagai bagian dari inovasi dan anjuran yang dilakukan @garuda.indonesia, kami mencoba untuk mengikuti etika membawa ransel/backpack dengan cara ditenteng ketika menuju pesawat".

Membawa ransel atau backpack sering digunakan ketika berpergian terutama saat melakukan mudik yang perjalanannya jauh. Adapun etika membawa ransel yang dijelaskan oleh Sandiaga Uno sendiri adalah tips yang dapat diikuti oleh siapa pun.

Etika tersebut diketahui dianjurkan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra ketika menaiki pesawat. Tips ini juga untuk menghindari kibasan tas yang digunakan di punggung tidak mengenai orang lain di belakang.

Mengikuti etika baru. Ini etika baru yang dikirim oleh Dirut Garuda, Pak Irfan, bahwa semua sekarang kalau naik pesawat, backpack etikanya harus ditenteng,” ujar Sandiaga.

Berikut ini adalah tips-tips etika dalam menjinjing ransel ketika berada di pesawat dan bandara:

1. Hindari menggunakan tas ransel ketika mengantre boarding

Tips pertama saat membawa tas ransel di bandara adalah hindari menggunakannya saat mengantre boarding. Karena ketika mengantre, ada kemungkinan tas bisa mengenai orang yang ada di belakang terutama ketika kita baru mulai menggunakannya karena kibasannya bisa mengenai orang.

2. Hindari menggunakan tas ketika di dalam pesawat

Tips kedua adalah hindari dalam menggunakan tas di dalam pesawat karena lorong pesawat yang kecil dan para penumpang pun tentunya mengantre saat memasuki tempat duduknya masing-masing.

Tak hanya itu, tas ransel yang digunakan di punggung juga bisa mengenai penumpang yang sudah duduk di kursinya. Maka dari itu, ada baiknya tas ransel langsung dijinjing sehingga memudahkan juga untuk dimasukkan ke dalam bagasi kabin.

Tips ini tentunya menjadi pro dan kontra bagi sebagian warganet, tetai dapat dicoba dalam kondisi-kondisi tertentu. Seperti misalnya, saat mengantre dan saat di dalam pesawat agar tidak mengenai dan mengganggu penumpang lainnya.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya