Kapan Lebaran Idul Fitri 2023? Berikut Jadwal Sidang Isbatnya

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan Lebaran tahun ini.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 18 Apr 2023, 16:51 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 16:46 WIB
Ilustrasi Idulfitri, Lebaran
Ilustrasi Idulfitri, Lebaran (Photo on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan Lebaran tahun ini. Pihak Kemenag akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1444 H pada Kamis (20/4/2023) di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

“Sebagaimana biasa, Sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, Selasa (18/4/2023).

Sidang ini kabarnya akan dilaksanakan secara tertutup dan dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, serta perwakilan dari ormas Islam.

Kamaruddin menjelaskan jika sidang isbat sendiri akan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal. Seminar tersebut akan disampaikan oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag dengan memaparkan data hisab tersebut.

Pemantauan hilalnya sendiri juga dilakukan di berbagai provinsi dan oleh sejumlah tim yang diturunkan di beberapa titik lokasi di seluruh Indonesia. Tentunya tim ini guna melaporkan tanda-tanda hilal yang terlihat atau tidak.

“Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Jadi kapan Hari Raya Idul Fitri, kita masih akan menunggu keputusan sidang isbat,” ujarnya.

Pihaknya juga mengatakan jika hasil dari sidang isbat tersebut akan diumumkan secara terbuka. Di Kemenag akan melakukan konferensi pers dalam mengumumkan hasil sidang tersebut.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan secara terbuka melalui konferensi pers,” tutur Kamaruddin.

Adapun jika melihat dari surat keputusan bersama tiga menteri tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023, Hari Raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya