Apa Itu Computer Vision Syndrome? Berikut Gejalanya!

Terlalu lama menatap layar komputer atau barang elektronik lainnya ternyata bisa menyebabkan computer vision syndrome yang tidak baik untuk kesehatan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 21 Jun 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 09:00 WIB
Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome
Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Liputan6.com, Bandung - Terlalu lama menatap layar komputer, laptop, ponsel, hingga tablet secara terus menerus sangat tidak baik untuk kesehatan. Bahkan, terdapat istilah medis terkait dengan gejala yang mengganggu mata akibat dari perangkat elektronik tersebut bernama Computer Vision Syndrome.

Gangguan ini tentu saja sering terjadi terhadap orang-orang yang terlalu lama berada di depan layar elektronik. Gejala yang muncul pun bisa berbagai macam dan bisa dirasakan secara langsung oleh orang-orang yang menderitanya.

Hal ini tentunya sangat mengganggu orang yang menderitanya terutama jika membuat tubuh dalam kondisi yang tidak nyaman. Sehingga, perlu diperhatikan durasi ketika berada di depan layar bahkan harus menghentikan sementara aktivitas di depan layar jika semakin parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Computer Vision Syndrome?

Melansir dari aoa.org Computer Vision Syndrome adalah sebuah gangguan yang terjadi ketika seseorang terlalu lama menatap komputer, tablet, ponsel, dan elektronik lainnya. Singkatnya gangguan ini menyebabkan mata lelah yang membuat munculnya beberapa gejala lain pada tubuh.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainya seperti terlalu lama menatap layar hingga mata harus bergerak dan fokus pada waktu yang lama. Huruf pada layar komputer yang tidak setajam media cetak sehingga membuat mata harus fokus ketika membacanya.

Penyebab lainnya bisa terjadi karena adanya silau cahaya atau warna kontras dari layar yang mengganggu pandangan. Serta mata kering akibat dari kurangnya frekuensi mata untuk berkedip.


Gejala Computer Vision Syndrome

Terdapat beberapa gejala yang bisa terjadi kepada penderita Computer Vision Syndrome seperti mengutip dari Kemkes berikut ini adalah gejala-gejalanya:

1. Mata menjadi buram

2. Penglihatan menjadi ganda

3. Munculnya nyeri kepala

4. Iritasi pada mata

5. Mata yang merah dan kering

6. Terdapat juga rasa nyeri pada leher

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya