Gandeng UPTD BLKI Balikpapan, PT PAMA Wujudkan Komitmen di Sektor Pendidikan

PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Distrik Balikpapan Operation (BPOP) wujudkan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan.

oleh Apriyanto diperbarui 29 Jun 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2023, 22:00 WIB
Uji Kompetensi
UPTD BLKI Balikpapan kerja sama dengan PT PAMA dalam pelaksanaan uji kompetensi yang digelar baru-baru ini.

Liputan6.com, Balikpapan - Menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim), PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Distrik Balikpapan Operation (BPOP) wujudkan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan.

Hal tersebut diimplementasikan bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan, dengan mengakomodasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) milik PT PAMA.

"Kerja sama UPTD BLKI Balikpapan untuk pelaksanaan uji kompetensi di TUK milik PAMA akhirnya terwujud. Karena PT PAMA sendiri telah memenuhi kualifikasi mendirikan TUK di lingkup internal perusahaan," ungkap Sulasman, Chief BPOP Expert didampingi Human Capital General Service (HCGS) Departement Head PAMA, M Banuarto Adhisaputro, Senin (26/6/2023).

Pelaksanaan uji kompetensi kepada peserta pelatihan sendiri dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Alat Berat Indonesia (LSP ABI).

"Karena UPTD BLKI Balikpapan tidak memiliki fasilitas alat berat maka mereka meminjam TUK PT PAMA di Kariangau, dan kami sangat menyambut baik. Karena itu pada 23-24 Juni kemarin dilaksanakan proses uji kompetensi oleh belasan peserta," lanjut Sulasman.

Dengan pemanfaatan TUK tersebut, PT PAMA telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Kaltim. Apalagi peserta yang lulus dalam uji kompetensi tersebut bakal memiliki keahlian berstandar nasional karena sertifikatnya dikeluarkan langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Ini menjadi keunggulan. Bagaimana pun UPTD BLKI di Sepinggan, Balikpapan dengan pelaksanaan uji kompetensi ini melahirkan SDM unggul dalam standarisasi dan ilmu pengetahuan. Karena itu PT PAMA berharap bisa terus berkontribusi kepada lingkungan sekitar termasuk ring satu. Menyiapkan SDM terbaik Kaltim untuk berkiprah secara nasional," tambah M. Banuarto Adhisaputro.

Dalam penyampaiannya, UPTD BLKI Balikpapan pun berterima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan PT PAMA dengan pemanfaatan TUK untuk kemajuan kualitas lulusan UPTD BLKI khususnya di bidang mekanik alat berat.

"PT PAMA akan terus berdedikasi kepada lingkungan dan masyarakat termasuk Balikpapan," ujarnya.

 

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya