5 Tempat Makan Siang yang Punya Menu Unik di Yogyakarta

Berikut sederet rekomendasi tempat makan siang Yogyakarta yang memiliki menu unik.

oleh Tifani diperbarui 05 Okt 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 12:00 WIB
Waroeng of Raminten, Restoran Unik dan Menggelitik di Jogja
Warung ini didirikan oleh seorang pengusaha sukses bernama Hamzah Sulaeman.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wisata kuliner Yogyakarta seperti tak pernah ada habisnya. Selalu ada tempat makan menarik dan unik yang dapat menjadi jujukan para pengunjung dan wisatawan.

Bahkan tidak hanya makanan tradisional seperti gudeg dan bakpia, ada beragam makanan autentik dan unik yang cocok menjadi menu makan siang di Yogyakarta. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet rekomendasi tempat makan siang Yogyakarta yang memiliki menu unik.

1. Pawon Tempuran

Pawon Tempuran menjadi tempat makan siang di selatan Kota Yogyakarta yang sedang hits dikalangan anak muda. Meski lokasinya sedikit tersembunyi, tempat makan ini memiliki suasana yang asri dan asik.

Pengunjung dapat menyantap aneka menu sambil ditemani suara gemericik air sungai yang bersih. Salah satu menu unik yang menjadi andalan Pawon Tempuran adalah olahan tuna dan salmon yang didatangkan langsung dari Jepang.

Ikan tuna segar diolah menjadi satai tuna manis asin dan rahang tuna bakar yang lezat. Sementara itu, salmon segar diolah menjadi menu unik lodeh salmon.

Perpaduan makanan tradisional yang unik ini membuat Pawon Temporan selalu laris dikunjungi pelanggan. Meski menggunakan kualitas ikan segar nomor satu, harga menu Pawon Tempuran tetap terjangkau, mulai dari Rp 35.000 saja.

Pawon Tempuran berada di Tempuran Space, Jalan Plataran No.9, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. Pawon Tempuran buka setiap hari, pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

 


Jiwajawi Resto

2. Jiwajawi Resto

Jiwajawi resto menjadi tempat makan yang mengusung konsep unik, yakni filosofi kebudayaan Jawa. Budaya Jawa yang kental akan langsung menyambut para pengunjung sejak memasuki gerbang restoran ini.

Jiwajawi memiliki suasana alam dengan pemandangan hijau-hijau dari beberapa tumbuhan dan pohon yang menyejukkan mata. Pengunjung juga disambut suasana sejuk dan asri, sehingga dapat menyantap makan siang dengan nyaman.

Jiwajawi menawarkan berbagai menu khas nusantara, seperti iga bumbu rujak, pepes ikan kemangi, ayam tangkap, ayam goreng laos, pecak ikan asap, rawon, nasi campur vegan, ayam suwir kecombrang, dan tuna woku. Tersedia pula deretan minuman, mulai dari beragam teh, kopi, kombucha, wedang uwuh dan kawista yang jadi rekomendasi.

Kawista merupakan campuran sirup, soda, jeruk nipi, dan tangkai serai. Harga menu Jiajawi resto dibanderol cukup terjangkau, yakni mulai Rp 10.000 hingga Rp 75.000 saja.

Jiwajawi Resto berada di Jalan Tugu Gentong Jalan Fasco Village, Salakan, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai pukul 11.00 hingga 18.00 WIB.

 


Mediterranea Restaurant by Kamil

3. Mediterranea Restaurant by Kamil

Mediterranea Restaurant by Kamil rumah makan casual fine-dining yang menyajikan berbagai kuliner autentik khas Perancis dan Mediterania. Tempat makan ini memiliki bangunan bergaya Belanda dan dengan interior bergaya kontemporer.

Mediterranea Restaurant by Kamil memiliki nuansa yang artsy dan cozy. Salah satu menu populer tempat ini adalah duck confit dan duck magret.

Hidangan ini berupa daging bebek dari area sayap dan paha yang dimasak dengan teknik confit, yaitu teknik memasak dengan menggunakan lemak dari bebek dalam waktu yang cukup lama. Teknik memasak tersebut membuat daging bebek matang sempurna.

Mediterranea Restaurant by Kamil berada di Jalan Tirtodipuran Nomor 24A, Mantrijeron, Yogyakarta. Restoran ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 23.00 WIB.

4. Bale Raos

Bales Raos merupakan tempat makan yang mengusung konsep unik. Pengunjung dapat mencicipi berbagai kuliner ala Keraton Yogyakarta di restoran ini.

Salah satu menu andalan Bale Raos adalah bistis jawa yang disajikan dengan kentang dan aneka sayuran rebus, lalu disiram kuah semur. Selain itu, pengunjung juga dapat mencicipi menu sekul blawong, makanan yang hanya disajikan saat seremoni raja naik tahta di Keraton Yogyakarta.

Aneka menu makanan tempat makan ini dibanderol mulai Rp 18.000 hingga Rp 80.000. Bale Raos berada di Jalan Magangan Kulon Nomor 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

 


The House of Raminten

5. The House of Raminten

Rekomendasi tempat makan siang selanjutnya adalah The House of Raminten. Nuansa Jawa Klasik langsung terasa saat memasuki restoran ini.

Berbagai koleksi antik, patung Raminten, hiasan dinding, hingga pelayan berbusana khas Jawa bisa dilihat selama berada di The House Of Raminten. The House Of Raminten memang mengutamakan konsep wisata kuliner tradisional Jawa yang kental.

Indahnya bunyi gamelan terus mengalun di restoran ini. Aneka menu, seperti Sego Kucing, nasi dengan porsi sedikit lengkap dengan lauk oseng teri, oseng tempe, dan sambel, menjadi sajian spesialnya.

Menu di The House Of Raminten lainnya terdiri dari Rantang Wiwit, Rawon, Bakmi Jawa, Kremesan, Kupat Tahu, Goedangan. Pilihan minuman berupa Kopi Tubruk, Bandrek, Bajigur, Secang, Teh Susu, dan STJM, melengkapi sajian selama berada di The House Of Raminten.

Aneka menu di tempat ini banderol murah meriah, mulai dari Rp 1000 hingga 27.000 saja. The House of Raminten berada di Jalan Faridan M Noto Nomor 7, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya