Profil Mukesh Ambani, Orang Terkaya di India 2023

Mukesh Ambani dikenal sebagai pengusaha ternama di India dan termasuk ke daftar orang terkaya di India 2023. Ia juga bahkan masuk ke peringkat 12 orang terkaya di dunia.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 16 Okt 2023, 15:49 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2023, 15:40 WIB
Mukesh Ambani/dok. indiatvnews.com
Mukesh Ambani/dok. indiatvnews.com

Liputan6.com, Bandung - Nama Mukesh Ambani saat ini tengah menjadi perhatian publik setelah ia dinobatkan sebagai orang terkaya di India per Oktober 2023. Melansir dari Forbes Mukesh Ambani ditetapkan sebagai orang paling kaya di India dengan total kekayaan mencapai 91,4 miliar dollar AS dan jika dirupiahkan kekayaan Mukesh sekitar Rp1.435.254.200.000.000.

Mukesh Ambani tidak hanya menjadi orang paling kaya di India saja, tetapi masuk posisi orang terkaya ke-12 di dunia. Sebelumnya ia sudah pernah meraih posisi tersebut sejak 2008 namun sempat turun pada posisi kedua usai dilewati oleh pengusaha lain yaitu Gautam Adani.

Sosok Mukesh Ambani tidak hanya dikenal sebagai orang terkaya selama bertahun-tahun saja, tetapi juga kegigihannya dalam mengembangkan bisnisnya. Ia diketahui pernah bekerja di pom bensin sebelum menjadi pengusaha.

Saat ini, ia dikenal sebagai seorang pengusaha kilang minyak dunia, industri ritel, hingga menjadi anggota dari organisasi dunia. Ketika muda Mukesh bekerja di pompa bensin dan kemudian bergabung dengan bisnis keluarganya.

Mukesh pernah bertugas untuk mengembangkan perusahaannya ke berbagai bidang mulai dari bidang komunikasi, infrastruktur, petrokimia, penyulingan minyak bumi, produksi gas dan minyak, hingga serat poliester.

Adapun ketika ayahnya meninggal dunia, sang ibu membagi dua kepemimpinan perusahaan dan Mukesh mengambil alih unit gas, minyak, dan petrokimia. Perusahaan tersebut mempunyai nama Reliance Industries Limited (RIL).

Saat itu, ia juga berhasil membuat perusahaannya mendapatkan dana investor melalui pasar saham. Adapun saat itu hal yang baru pertama kali terjadi di India dan sempat membuatnya dituduh memanipulasi politik dan melakukan korupsi.

Namun, tuduhan-tuduhan tersebut tidak terbukti dan Mukesh terus mengembangkan perusahaannya. Ia bisa sukses dan menjadi salah satu orang terkaya di India dan masuk urutan ke-12 di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Mukesh Ambani

Miliarder India Ini Berikan Internet Gratis untuk 1 Miliar Orang
Mukesh Ambani

Mukesh Ambani merupakan pengusaha asal India yang lahir pada 19 April 1957 di Kota Aden, Yaman. Ia adalah anak dari pasangan Kokilaben Ambani dan ayahnya Dhirajlal Hirachand Ambani yang dikenal sebagai Dhirubhai Ambani adalah pengusaha India dan pendiri perusahaan multinasional Reliance Industries.

Mukesh pernah menempuh pendidikan di Universitas Bombay (kini Universitas Mumbai) dan meraih gelar sarjana teknik kimia. Ia juga pernah menempuh pendidikan magister bidang administrasi bisnis di Universitas Stanford namun keluar pada 1981.

Saat ini, Mukesh telah menikah dengan Nita Ambani dan mempunyai tiga anak bernama Akash, Isha, dan Anant. Kini anak-anaknya juga turut memimpin anak perusahaan dari Reliance di antaranya Akash menjadi kepala Jio, Isha mengawasi layanan ritel dan keuangan, dan Anant berkecimpung dalam bisnis energi.

Putri Mukesh Ambani yang bernama Isha diketahui menikah dengan putra sesama miliarder Ajay Piramal. Pernikahan yang digelar pada Desember 2018 tersebut berlangsung mewah dengan 10.000 tamu termasuk di antaranya Hillary Clinton.


Perjalanan Bisnis Sang Ayah

Dhirubhai Ambani (The Indian Express)
Dhirubhai Ambani (The Indian Express)

Sebelum ayahnya menjadi pengusaha sukses ia pernah bermigrasi ke Yaman ketika usianya 17 tahun. Saat di Yaman, sang ayah diketahui bekerja sebagai juru tulis di perusahaan perdagangan.

Adapun konflik politik yang terjadi di Aden, Yaman membuat keluarganya kembali ke Bombay (kini Mumbai). Saat di India, keluarganya tinggal dalam rumah petak yang hanya mempunyai dua kamar.

Ayahnya bekerja sebagai pedagang rempah-rempah, penjual benang, sampai akhirnya berhasil mendirikan sebuah pabrik tekstil. Ayah Mukesh bersama sepupunya turut bekerja sama mendirikan perusahaan perdagangan yang awalnya dijalankan dari satu kamar sewaan.

Sampai akhirnya perusahaan bernama Reliance Industries tersebut berhasil berkembang dan menguasai berbagai bisnis mulai dari bidang petrokimia, komunikasi, listrik, hingga tekstil.


Perjalanan Karier Mukesh Ambani

Mukesh Ambani
Orang terkaya kesembilan di dunia asal India, Mukesh Ambani. (AFP/Sam Panthaky)

Ketika masih muda Mukesh Ambani diketahui tidak langsung bekerja dan bergabung dalam bisnis keluarganya. Ia justru pernah bekerja di pompa bensin sampai di usia 24 tahun ia kemudian bergabung dengan bisnis keluarga.

Mukesh pernah bertugas untuk mengembangkan perusahaan ke berbagai bidang termasuk komunikasi, infrastruktur, petrokimia, penyulingan minyak bumi, produksi gas dan minyak, hingga serat poliester. Adapun ketika sang ayah meninggal dunia pada 2002 ibunya mulai membagi dua kepemimpin perusahaan.

Mukesh mengambil alih unit gas, minyak, dan petrokimia atas nama anak perusahaan Reliance Industries Limited (RIL). Saat itu ia juga berhasil membuat perusahaannya mendapatkan dana investor melalui pasar saham.

Namun karena hal tersebut merupakan hal yang baru pertama kali terjadi di India, ia justru dituduh memanipulasi politik dan melakukan korupsi. Namun, tuduhan-tuduhan tersebut tidak terbukti dan Mukesh terus mengembangkan perusahaannya.

Pada 2004, sosoknya dinobatkan sebagai salah satu pemimpin bisnis yang dihormati di dunia oleh perusahaan jasa profesional PricewaterhouseCoopers. Ia juga menjadi orang yang memelopori pembangunan kilang minyak bumi terbesar di dunia di Jamnagar, Gujarat, India.

Salah satu perusahaan Mukesh Ambani yaitu Reliance Ritel menjadi perusahaan ritel terbesar di India. Selain itu Mukesh juga mendirikan salah satu jaringan nirkabel broadband 4G terluas di dunia.

Mengutip dari Forbes saat lockdown akibat Covid-19 Mukesh pernah mengumpulkan lebih dari $20 miliar dengan menjual sepertiga saham Jio. Saham tersebut ia jual pada sejumlah investor diantaranya seperti Facebook dan Google.

Selain itu, perusahaannya Reliance Industries juga membeli hotel Mandarin Oriental di New York dengan harga $98 juta. Perusahaannya juga memiliki Network18 pemegang lisensi Forbes Media.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya