Apa Itu Andragogi dan Perbedaannya dengan Pedagogi?

Andragogi merupakan istilah yang tidak asing terdengar dalam dunia pendidikan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 23 Jan 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi buku, laptop, belajar, kalimat efektif
Ilustrasi buku, laptop, belajar, kalimat efektif. (Foto oleh Yaroslav Shuraev: https://www.pexels.com/id-id/foto/gadis-penulisan-duduk-mahasiswa-9489771/)

Liputan6.com, Bandung - Dalam dunia pendidikan istilah Andragogi dan Pedagogi mungkin tidak asing terdengar. Pasalnya, kedua istilah tersebut merupakan pendekatan atau model pembelajaran yang memiliki pendekatan yang berbeda.

Melansir dari Jurnal Dinamika Pendidikan UNY bertajuk “Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi Serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat” karya Hiryanto. Disebutkan bahwa istilah Andragogi sering dijumpai dalam proses pembelajaran orang dewasa (adult learning).

Proses pembelajaran tersebut ditemukan baik dalam proses pendidikan formal dan pendidikan non formal (di luar sekolah). Singkatnya, Andragogi merupakan suatu bentuk pembelajaran yang mampu melahirkan sasaran pembelajaran (lulusan) yang dapat mengarahkan dirinya sendiri dan mampu menjadi guru bagi dirinya sendiri.

Sehingga, pembelajaran Andragogi akan berfokus pada pembelajaran yang berpusat di peserta didik. Sementara itu, menurut beberapa ahli salah satunya menurut Dugan yang mendefinisikan Andragogi sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana orang tua belajar.

Dalam dunia pendidikan Andragogi merupakan pembelajaran dimana siswa jauh lebih berperan aktif dan guru menjadi fasilitator. Tujuannya sendiri untuk membantu siswa belajar mandiri dan menciptakan pembelajaran mereka sendiri dengan bantuan guru.

Sementara itu, Pedagogi merupakan model atau pendekatan pembelajaran yang berfokus kepada anak-anak atau siswa muda. Umumnya digunakan dalam konteks pendidikan formal misalnya dalam tingkat prasekolah hingga tingkat sekolah menengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lantas Apa Perbedaan Andragogi dan Pedagogi?

Program Kampus Mengajar Berikan Kesempatan Bagi Mahasiswa untuk Berinovasi dalam Pengabdian Mengajar
ilustrasi anak belajar di kelas. Credits: pexels.com by Katerina Holmes

Andragogi dan Pedagogi mempunyai beberapa perbedaannya berdasarkan dari beberapa halnya berikut ini di antaranya:

1. Perbedaan Tujuan

Dalam tujuan pembelajarannya Andragogi mempunyai tujuan untuk menitikberatkan pada pembelajaran orang dewasa sehingga bisa mengembangkan pemahaman, penerapan pengetahuan, hingga pengalaman praktisnya.

Sementara Pedagogi lebih fokus kepada pembelajaran anak-anak atau siswa muda sehingga bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar anak.

2. Perbedaan Orientasi Pembelajaran

Andragogi lebih fokus kepada pembelajar sebagai individu yang aktif dan berpengalaman sedangkan Pedagogi lebih berorientasi kepada guru sebagai sumber pengetahuan dalam pembelajaran dan siswa akan lebih pasif dan menerima informasi dari guru.

3. Perbedaan Sumber Pembelajaran

Andragogi biasanya mendapatkan sumber pembelajaran sendiri termasuk dari pengalaman praktis, literatur ilmiah, atau sumber-sumber lainnya yang lebih relevan. Sementara Pedagogi sumber pembelajaran didesain oleh guru atau kurikulum yang ditentukan oleh lembaga pendidikan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya