Keren, 6 TPS di Bali Ini Semua Petugas Penyelenggaranya Perempuan

unik memang beberapa TPS di Bali ini, mereka menggunakan konsep romantis dengan menyiapkan petugas penyelenggara yang semuanya adalah perempuan.

oleh Dewi Divianta diperbarui 14 Feb 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2024, 11:00 WIB
TPS dengan Penyelenggara Perempuan di TPS 26 Banjar Tunjung Sari, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara
TPS dengan Penyelenggara Perempuan di TPS 26 Banjar Tunjung Sari, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Denpasar - Menarik Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Denpasar ini, di mana beberapa TPS di sana menggunakan tenaga penyelenggaranya semua perempuan, salah satunya TPS 26 Denpasar yang berada di Banjar Tunjung Sari, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara.

Ketua KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan hal tersebut sesuai dengan arahan dari KPU Bali yang mewajibkan keterlibatan perempuan dalam pemilu di setiap kabupaten/kota. Ia mengaku khususnya Kota Denpasar hal tersebut sudah pernah dilakukan pada pemilu sebelum-sebelumnya.

"Sejak pemilu tahun 2014 di Denpasar sudah sering menggunakan TPS perempuan. Dulu melibatkan kader posyandu dan PKK sebagai anggota KPPS. Tahun 2024 pegawai TPS, petugas ketertiban, dan saksinya semuanya perempuan," ujar Dewa Ayu saat dihubungi Liputan6.com di Denpasar, Selasa (13/2/2024).

Dirinya menjelaskan, lokasi TPS unik dengan penyelenggara perempuan tersebut ada enam lokasi, di antaranya TPS 1 Dangin Puri Kauh, TPS 26 Peguyangan Kangin, TPS 19, Branjar Ratna Bhuwana, Sumerta Kauh3, TPS 33, Banjar Kaja, Panjer, TPS 5, TPS 7, Banjar Batukandik, Padangsambian Kaja dan TPS 20, Banjar Bhuana Kubu, Tegal Harum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan KPU Denpasar

Tingkatkan partisipasi, KPU Kota Denpasar pantau perekaman e-KTP di Lapas Kerobokan
Tingkatkan partisipasi, KPU Kota Denpasar pantau perekaman e-KTP di Lapas Kerobokan

"Total TPS dengan penyelenggara perempuan ada 6 di wilayah Denpasar. Selain mereka menggunakan tenaga perempuan beberapa TPS juga dikonsep serba pink," ujar dia.

Ia juga menuturkan data pemilih disabilitas dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu 2024 Kota Denpasar sudah didata sesuai kategorinya masing-masing.

"Kategori fisik 8482 pemilih, intelektual 573 pemilih, mental 4694, sensorik wicara 2185, sensorik rungu 796, dan sensorik netra 226. Total 1.897," ungkap dia.

Sementara itu, untuk jumlah pemilih pindah yang terdaftar dalam DPTb (daftar pemilih tambahan) di wilayah Kota Denpasar yang masuk adalah 7.061 pemilih.

"Sementara untuk yang keluar sebanyak 4.114 pemilih," pungkas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya