Kemeriahan Nobar Madura United vs Persib, Ribuan Bobotoh Tumpah Ruah di Gedung Sate

Ribuan Bobotoh memadati Gedung Sate Kota Bandung untuk menonton pertandingan Madura United vs Persib.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 31 Mei 2024, 22:50 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 21:30 WIB
bobotoh persib bandung
Ribuan Bobotoh memadati Gedung Sate untuk nonton bersama (nobar) laga Madura United vs Persib Bandung pada Jumat, 31 Mei 2024. (Dikdik Ripaldi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Bandung - Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung menjadi salah satu titik konsentrasi bobotoh untuk nonton bareng alias nobar pertandingan final leg kedua antara Madura United vs Persib, Jumat, 31 Mei 2024, pukul 19.00 WIB.

Bobotoh terpantau mulai ramai berdatangan ke Kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Barat itu sejak sore hari sekira pukul 16.00 WIB. Mereka tampak mengenakan pakaian kebanggaan Pangeran Biru, sebagian membawa bendera dan mengenakan syal.

Di depan Gedung Sate, sebuah panggung dan layar besar telah terpancang. Hari yang dinantikan banyak warga Jawa Barat ini pun tampak meriah.

Bobotoh semakin ramai selepas waktu magrib. Saat kick off, sekira pukul 19.00 ribuan bobotoh pun tumpah ruah memadati Jalan Diponegoro dan Lapangan Gasibu. Bernyanyi-nyanyi, mengibarkan bendera, hingga menyalakan flare dan kembang api.

Kepadatan lalu lintas di seputaran Gedung Sate pun tak terhindarkan. Paling mencolok, kemacetan terjadi di ruas Jalan Layang Prof. Mochtar Kusumaatmaja atau Flyover Pasupati mengarah ke Gedung Sate.

Kendaraan roda dua maupun roda empat mengeluar. Sesekali deretan kendaraan itu berhenti sama sekali. Pantauan Liputan6.com, kepadataan itu berlangsung sejak sore menjelang malam hari hingga kini sekira pukul 20.00 WIB.

Terlihat pula sejumlah pengendara mengibar-ngibarkan bendera Maung Bandung. "Persib juara, Persib juara!" teriak sejumlah pengendara sambil mengepalkan tangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Tidak Ditutup

flyover pasupati
Pengendara melintasi Flyover Pasupati pada Jumat, 31 Mei 2024. (Dikdik Ripaldi/Liputan6.com)

Sebelumnya, Flyover Pasupati memang menjadi salah satu titik yang diprediksi mengalami kemacetan. Pihak kepolisian pun meningkatkan pengawasan pada jalan layang tersebut.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Eko Iskandar, mengatakan, pihak kepolisian akan meningkatkan pengawasan di Jalan Layang Pasupati terutama usai laga Persib pada pukul 20.30-24.00 WIB.

"Pasca pertandingan suporter banyak di jalan, pasti menyebar di beberapa titik Kota Bandung," katanya saat dihubungi (30/5/2024).

Flyover Pasupati diketahui menjadi salah satu lokasi yang kerap dijadikan titik kumpul iring-iringan Bobotoh usai pertandingan untuk merayakan kemenangan Persib Bandung.

Bobotoh kerap kali terpantau berkumpul menyanyikan lagu-lagu kemenangan hingga menyalakan flare di ruas jalan layang tersebut, sehingga sementara waktu arus lalu lintas akan terhenti.

Kendati demikian, Eko menegaskan, pihak kepolisian tidak akan menutup Jalan Layang Pasopati, tapi pihakny bakal memastikan agar rombongan kendaraan bobotoh hanya melintasi, tidak sampai sengaja berhenti di jalan layang tersebut.

"Flyover Pasopati tidak akan ditutup untuk Jumat dan Sabtu, tapi dijaga petugas tidak boleh ada yang berhenti," tegasnya.


Pj Gubernur Ikut Nobar

Bobotoh Persib
Bobotoh melintasi jalan di depan Gedung Sate saat acara nobar laga Madura United vs Persib pada Jumat, 31 Mei 2024. (Dikdik Ripaldi/Liputan6.com)

Diberitakan Liputan6.com sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin hadir pada nonton bareng (nobar) laga kedua Final Seri Championship BRI Liga 1/2023- 2024 Madura United vs Persib Bandung di Kantor Gubernur, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Awalnya, kata Bey, dirinya akan langsung menghadiri pertandingan yang menentukan gelar juara Persib di Stadion Gelora Bangkalan, pukul 19.00 WIB, Jumat (31/5/2024) dan disiarkan secara nasional

"Tadinya kami ingin ke sana tapi tanggal 31 Mei ya, 1 Juni upacara Hari Lahir Pancasila, jadi mungkin kita gelar nonton bersama di sini, di depan Gesat (Gedung Sate) saja. Nanti kita lihat cuaca dulu, kalau memang memungkinkan kita gelar di Gedung Sate," ujar Bey dalam keterangan medianya ditulis, Bandung, Rabu, 28 Mei 2024.

Bey mengaku optimistis Persib berpeluang besar untuk pulang memboyong trofi juara karena telah memiliki keunggulan agregat gol 3- 0.

Namun Bey mengingatkan, official Persib maupun para suporter jangan terlena dulu, karena Persib tetap harus berperforma baik agar dapat memenangkan pertandingan nanti.

"Kan kita punya selisih tiga gol diuntungkan. Mudah-mudahan Insya Allah juara, nanti juga akan ada semacam selamatan karena Persib kan kebanggaan masyarakat Jawa Barat, jadi Sabtu paginya kita akan kami terima di sini di Gedung Sate, kita bikin acara selamatan," ucap Bey.

Bey tengah berkoordinasi dengan para pihak agar tim berjuluk Pangeran Biru itu dapat mendarat di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, di Kabupaten Majalengka.

Rencananya nanti rombongan Persib akan melewati pintu tol Buah Batu, dan diterima di Gedung Sate untuk acara selamatan yang disebutkan Bey. Bey mengingatkan masyarakat khususnya suporter untuk tetap tertib saat tim yang dibanggakan kembali ke Provinsi Jabar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya