Catat, 6 Kuliner Nikmat Restoran Sunda di Bandung

Ketika berlibur ke kota Bandung kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi masakan khas Sunda. Berikut ini adalah 6 rekomendais tempat makan Sunda yang bisa dicoba di Bandung.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 03 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 16:00 WIB
Kangen Masakan Sunda? Ini 10 Resto yang Pantang Dilewatkan!
Pecinta makanan Sunda, jangan sampai absen menyantap hidangan ciamik di 10 restoran ini!

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung masih menjadi pilihan destinasi wisata populer di antara masyarakat khususnya yang berasal dari kota Jakarta. Jaraknya yang masih bisa ditempuh menggunakan mobil dan kereta menjadikan kota ini sebagai pilihan terbaik untuk berlibur.

Selain terkenal dengan wisatanya yang menarik dan bervariasi, kota ini juga menawarkan destinasi kuliner yang menarik. Para pengunjungnya bisa menikmati berbagai jenis makanan nikmat mulai dari cemilan hingga makanan berat yang menggugah selera.

Kota Bandung memiliki banyak tempat kuliner yang bisa dikunjungi mulai dari street food yang menjual berbagai makanan pedagang kaki lima, kedai makanan sederhana, hingga restoran bintang lima.

Kuliner yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari makanan kekinian hingga makanan tradisional khas Sunda yang autentik dan lezat. Melalui artikel ini, terdapat sejumlah rekomendasi tempat makanan khas sunda yang wajib untuk dikunjungi ketika di Bandung.

Sebagai informasi, makanan khas Sunda sendiri terkenal dengan rasa segar dan penggunaan bahan-bahannya yang alami. Para pengunjung yang menyukai rasa pedas kemungkinan akan menyukai sambal khas yang nikmat disantap bersama berbagai hidangan makanan Sunda.

Kemudian juga terdapat hidangan khas seperti karedok yang nikmat disantap oleh para pencinta makanan pedas. Serta nasi liwet yang gurih dengan bumbu rempah khas yang memberikan rasa nikmat dan aroma harum.

Masakan khas Sunda juga terkenal dengan sajian pepes ikan atau ayamnya yang dibumbui dengan bahan rempah-rempah lengkap. Serta jangan tertinggal untuk menyantap makanan tersebut bersama lalapan yaitu berbagai jenis sayuran segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Kuliner Nikmat Restoran Sunda di Bandung

Warung Nasi Bu Imas
Warung Nasi Bu Imas bisa jadi salah satu pilihan tempat makan sahur di Bandung, terutama yang tertarik dengan menu andalan karedok leunca, atau ingin sahur dengan sambal dadak yang pedas. (Foto: Humas Pemkot Bandung).

1. Warung Nasi Ibu Imas

Warung Nasi Ibu Imas merupakan kuliner yang sudah sangat populer dan legendaris di Kota Bandung. Tempat makan ini masih menjadi kuliner favorit banyak kalangan baik dari warga lokal dan wisatawan.

Sebagai tempat makan masakan sunda terdapat banyak menu yang ditawarkan oleh rumah makan ini mulai dari ayam goreng, ayam bakar pepes, hingga sambal khasnya yaitu sambal karedok leunca.

Melansir dari ulasan Google tempat ini bahkan meraih rating 4.5 dari total 22.618 pengguna dan lokasinya berada di Jl. Balonggede No.67/48/38/93, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 23.30 WIB.

2. RM Boemi Mitoha

RM Boemi Mitoha merupakan tempat makan masakan khas Sunda yang memiliki konsep modern dan dibuat nyaman. Seperti namanya Boemi Mitoha menjadi tempat makan yang menyajikan makanan tradisional Sunda yang kerap dimasak oleh mertua.

Mengutip dari media sosialnya RM Boemi Mitoha memiliki menu andalan ayam kampung ungkep yang diklaim mempunyai tekstur empuk. Berdasarkan ulasan dari Google tempatnya memiliki rating 4.6 dari total 7.047 pengguna.

RM Boemi Mitoha berlokasi di Jl. Ciliwung No.15, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.


Rekomendasi Selanjutnya

nasi liwet
ilustrasi nasi liwet/copyright Shutterstock

3. RM Asli Khas Sunda Cibiuk

RM Asli Khas Sunda Cibiuk merupakan tempat makan yang cukup populer dan legendaris di Bandung. Diketahui tempatnya sudah berdiri sejak 1999 dan mempunyai banyak cabang di beberapa kota di Jawa Barat.

Tempat makan ini terkenal dengan nasi liwetnya dan sajian sambal khas Cibiuk yang menggugah selera para pencinta pedas. Berdasarkan ulasan Google di cabang Bandung tempat ini memiliki rating 4.5 dari total 6.376 pengguna.

Lokasinya berada di Jl. Soekarno Hatta No.598, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

4. Warung Nasi Alam Sunda

Warung Nasi Alam Sunda merupakan rumah makan yang menyajikan berbagai menu masakan sunda dengan gaya masakan khas Cianjur. Tempat makannya bahkan sudah mempunyai banyak cabang di sejumlah kota termasuk salah satunya di Bandung.

Rumah makan ini menyajikan menu lauk pauk yang beragam mulai dari ikan nila, ayam bakar, ayam goreng, tempe mendoan, gurame goreng kremes, dan masih banyak lagi. Melalui ulasan Google tempatnya meraih rating 4.4 dari total 5.431 pengguna.

Lokasi Warung Nasi Alam Sunda berada di Jl. Otto Iskandardinata No.267, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.


Restoran Berikutnya

Nasi Liwet
Foto Nasi liwet khas Sunda Credit: copyright whattocooktoday.com

5. Raja Sunda

Tempat makan yang satu ini terkenal sebagai restoran masakan khas Sunda yang ramai dikunjungi keluarga. Pasalnya tempatnya mempunyai area yang luas dan cukup bersih untuk berkumpul dengan keluarga.

Selain tempatnya Raja Sunda juga menyajikan menu masakan khas Sunda yang bervariasi dan menggugah selera. Berdasarkan ulasan Google tempatnya mempunyai rating 4.4 dari total 6.087 pengguna.

Raja Sunda berlokasi di Jl. Dr. Djunjunan No.63, Pajajaran, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

6. Paviliun Sunda

Paviliun Sunda merupakan rumah makan yang cukup populer di antara wisatawan karena mempunyai tempat nyaman untuk makan bersama keluarga. Diketahui tempat ini juga menyajikan menu masakan khas Sunda yang bervariasi.

Mulai dari menu nasi liwet, nasi pepes bakar, ayam cabe ijo, dan pilihan sambal nikmat lainnya untuk disantap bersama lauk pauknya. Mengutip dari ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.4 dari total 4.866 pengguna.

Lokasi Paviliun Sunda berada di Jl. L. L. R.E. Martadinata No.97, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya