Rekomendasi Tempat Liburan di Kepulauan Seribu, Didominasi Wisata Pulau

Salah satu yang menjadi daya tarik wisatanya adalah keindahan alam laut dan pulaunya. Mengutip dari jakarta.go.id, berikut rekomendasi tempat liburan di Kepulauan Seribu yang didominasi pulau-pulau.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 26 Jul 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 06:00 WIB
Dalam rangka turut merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada hari ini, Rabu (5/6/2024), perusahaan teknologi Hikvision menanam 1.000 bibit mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.
Dalam rangka turut merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada hari ini, Rabu (5/6/2024), perusahaan teknologi Hikvision menanam 1.000 bibit mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kepulauan Seribu yang masuk ke wilayah administrasi DKI Jakarta menawarkan berbagai destinasi wisata dengan pemandangan alam yang memukau. Terdiri lebih dari 110 pulau, wisatawan dapat menemukan berbagai macam penduduk multi etnis dari berbagai latar belakang agama, adat, serta seni budaya di Kepulauan Seribu.

Salah satu yang menjadi daya tarik wisatanya adalah keindahan alam laut dan pulaunya. Mengutip dari jakarta.go.id, berikut rekomendasi tempat liburan di Kepulauan Seribu yang didominasi pulau-pulau:

1. Pulau Ayer

Pulau Ayer merupakan destinasi wisata Kepulauan Seribu yang pernah menjadi tempat istirahat pribadi Presiden ke-1 RI Soekarno. Pulau yang juga disebut sebagai Mutiara Kepulauan ini memiliki kesan ala etnik Papua.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan bisa merasakan menginap di floating cottage. Berbagai aktivitas seru juga bisa dilakukan di sini, mulai dari memancing, berenang, bermain tenis, basket, voli, berselancar, naik canoe, jet ski, hingga mencoba banana boat.

2. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang kerap dikunjungi. Hal itu karena lokasinya yang tidak jauh dari Marina Ancol, yakni hanya sekitar 25 menit. Pulau yang juga disebut sebagai Pulau Eco Resort ini juga memiliki daya tarik berupa lingkungan alamnya yang terjaga dengan sangat baik.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan bisa memukan berbagai hal menarik, seperti Benteng Martello peninggalan Belanda, berfoto dengan Patung Tanduk Tujuh Belas, fan berwisata kuliner. Wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga air, termasuk snorkeling, memancing, canoe, banana boat, dan lainnya.

3. Pulau Macan

Pulau Macan menjadi destinasi yang tepat untuk menikmati keindahan matahari terbenam dari dalam kamar resort. Seperti pulau lainnya, pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahraga air, seperti snorkeling, diving, canoe, serta windsurfing. Para pengunjung juga berkesempatan menanam koral-koral baru di sekitar Pulau Bidadari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pulau Onrust

4. Pulau Onrust

Pulau Onrust sangat cocok bagi kamu yang menyukai arkeologi masa kolonial Belanda. Berlokasi tak jauh dari Pulau Bidadari, pulau ini dulunya sering menjadi tempat transit sebelum kapal-kapal Belanda berlayar ke Batavia.

Selain melihat bangunan dan peninggalan bersejarah, pengunjung juga dapat berwisata Museum Taman Arkeologi Onrust. Terdapat miniatur Pulau Onrust di museum tersebut.

5. Pulau Putri

Pulau Putri menjadi salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang paling diminati wisatawan. Pengunjung bisa melihat biota laut tanpa harus snorkeling.

Dengan Undersea Tunnel Aquarium, pengunjung dapat melihat indahnya kehidupan laut dari bawah terowongan (tunnel). Bukan itu saja, ada juga kapal boat Glass Bottom Boat berkapasitas 30 orang yang dilengkapi dengan tempat duduk penumpang dan dinding kapal yang dilapisi kaca tebal. Wisatawan bisa bebas melihat pemandangan laut yang luas.

Menjelang sore, wisatawan dapat menikmati keindahan matahari tenggelam di Pulau Putri dengan menaiki sunset cruise. Wisatawan juga dapat mengelilingi beberapa pulau yang terdekat dengan Pulau Putri. 

6. Pulau Tidung

Siapa yang tak mengenal Pulau Tidung? Pulau ini terbagi menjadi dua bagian, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Pulau Tidung Kecil tidak ditempati oleh penduduk sekitar dan hanya dikhususkan sebagai tempat budidaya dan pelestarian tanaman bakau (mangrove). Kedua pulau tersebut dihubungkan oleh jembatan yang dinamakan Jembatan Cinta.

Indahnya panorama dari ekosistem laut dapat terlihat jelas dari atas. Air lautnya yang jernih juga tak menghalangi pemandangan bawah laut yang indah.

Pulau Tidung menjadi salah satu tempat terbaik untuk mencoba snorkeling dan banana boat di Kepulauan Seribu. Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung juga bisa ikut melakukan aktivitas penanaman mangrove di Pulau Tidung Kecil.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya