Mengenal Kineruku, Kafe Cantik Surganya Pencinta Buku di Bandung

Kafe di Bandung selalu memiliki konsep tempat yang menarik bagi pengunjung. Salah satunya Kineruku yang terkenal sebagai kafe sekaligus surganya para pencinta buku.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 07 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 16:00 WIB
Kineruku
Kafe dan Toko Buku Kineruku di Bandung.(Liputan6.com/Natasa Kumalasah P).

Liputan6.com, Bandung - Bandung masih menjadi salah satu kota yang memang tidak pernah kehabisan tempat ngopi menarik. Salah satunya terdapat kafe dengan konsep unik yang cocok dikunjungi oleh para pencipta buku bernama “Kineruku”.

Sebagai informasi, Kineruku merupakan kafe populer di Bandung yang memadukan antara kafe, toko buku, dan perpustakaan cantik. Tempat ini terkenal dengan suasana nyamannya yang damai dan sejuk.

Kineruku juga terkenal sebagai destinasi favorit masyarakat Bandung untuk mengerjakan tugas atau bekerja dengan tenang. Konsep kafe seperti Kineruku memberikan pengalaman yang tidak biasa kepada para pengunjungnya.

Pasalnya, pengunjung bisa menikmati sajian makanan dan minuman sambil membaca buku atau bekerja dengan tenang dan nyaman. Suasananya yang damai menjadikan tempatnya ideal untuk relaksasi dan konsentrasi.

Kehadiran perpustakaan dalam kafenya juga mengajak pengunjung untuk lebih meningkatkan minat mereka terhadap membaca. Selain itu koleksi buku yang tersedia dalam kafenya juga bervariasi mulai dari seni, hiburan, pengetahuan, dan lain-lain.

Melansir dari situs resmi Portal Bandung Kineruku telah berdiri sejak 2003 oleh seorang seniman video dan pembuat film, Ariani Darmawan. Sebelum dikenal sebagai kafe bernama Kineruku tempat ini awalnya bernama Rumah Buku.

Tempatnya bertujuan untuk memberikan akses informasi dan buku kepada masyarakat Bandung. Sambil berjalannya waktu, Rumah Buku berkembang menjadi Kineruku yang lebih luas tidak hanya menawarkan buku tetapi juga menjadi ruang untuk berbagai acara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Kineruku

Kineruku
Kafe dan Toko Buku Kineruku di Bandung.(Liputan6.com/Natasa Kumalasah P).

Ketika mendatangi Kineruku, orang-orang akan melihat bagaimana perpaduan konsep unik dari kafe ini. Tempatnya menggabungkan sejumlah ornamen mulai dari toko buku, kafe, seni, dan ruang pertunjukan yang menarik.

Para pengunjung bisa mendapatkan suasana yang nyaman baik untuk membaca, berdiskusi, berkreasi, atau sekadar menikmati karya seni. Desain kafenya dibuat unik dengan suasana bagai rumah.

Terdapat ruangan mini khusus sebagai perpustakaan dengan koleksi buku-buku yang lengkap dan bervariasi. Bahkan terdapat buku-buku langka dari terbitan yang sulit ditemukan pada tempat lain.

Selain perpustakaan mini, ketika masuk ke kafe tersebut, pengunjung akan disambut toko buku yang menjual berbagai genre buku, mulai dari buku sastra, filsafat, sejarah, seni, budaya, film, dan lain-lain.

Tempatnya juga menjual barang-barang unik seperti notes, postcard, souvenir, totebag, dan lain-lain.


Menu Lengkap dengan Ruang Duduk yang Nyaman

Kineruku
Kafe dan Toko Buku Kineruku di Bandung.(Liputan6.com/Natasa Kumalasah P).

Selain menawarkan koleksi buku-buku yang menarik, tentunya sebagai kafe, tempat ini juga memiliki menu makanan dan minuman yang cukup lengkap. Terdapat menu makanan berat, ringan, minuman, hingga hidangan penutup yang nikmat.

Makanan yang ditawarkan juga identik dengan makanan khas Indonesia seperti nasi ijo, nasi goreng, nasi goreng cikur, nasi ayam sambal matah, dan lain-lain. Kemudian terdapat makanan ringan seperti kentang goreng, pisang goreng, dan masih banyak lagi.

Minuman di tempat ini juga bervariasi seperti kopi, cokelat, latte, lemon tea, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga bisa memilih sajian minumannya mulai dari minuman hangat atau dingin.

Harga makanan dan minuman yang dijual di Kineruku juga bervariasi dan masih ramah dikantong. Selain itu ruang duduk di tempatnya memberikan suasana yang nyaman baik ruang duduk outdoor atau indoor.


Lokasi dan Rute ke Kineruku

Kineruku
Kafe dan Toko Buku Kineruku di Bandung.(Liputan6.com/Natasa Kumalasah P).

Kineruku berlokasi di Jl. Hegarmanah No.51, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Kagenya buka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 11.30 hingga 17.30 WIB dan tutup pada Senin.

Lokasinya berada di kawasan yang asri dan sejuk karena hampir berada di area atas kota Bandung. Para pengunjung bisa dengan mudah mendatangi kafe ini baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum seperti ojek online.

Jika pengunjung datang dari pusat kota Bandung bisa menempuh jarak 7 km atau 21 menit perjalanan. Sementara dari Stasiun Bandung pengunjung hanya menempuh jarak 5,8 km atau 17 menit perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya