Uji Coba Makan Siang Gratis di Cilegon Ikut Dibantu Industri, Ini Alasannya

Uji coba makan bergizi gratis atau makan siang gratis yang di gelar Pemkot Cilegon pada Rabu, 21 Agustus 2024, serta ditinjau langsung oleh Wiranto, Ketua Wantimpres

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 23 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2024, 14:00 WIB
Suasana Makan Bergizi Gratis di Cilegon. (Istimewa).
Suasana Makan Bergizi Gratis di Cilegon. (Istimewa).

Liputan6.com, Cilegon - Uji coba makan bergizi gratis atau makan siang gratis yang di gelar Pemkot Cilegon pada Rabu, 21 Agustus 2024, serta ditinjau langsung oleh Wiranto, Ketua Wantimpres, didukung sejumlah industri di Kota Baja, salah satunya Chandra Asri Group.

Total, terdapat 2.054 siswa yang mengikuti uji coba makan bergizi gratis di Kota Cilegon. Setiap pelajar dari SD hingga SMP dibawah naungan Pemkot Cilegon mendapatkan satu perlengkapan alat makan dari bahan plastik yang bisa digunakan kembali bahkan didaur ulang, berisikan makanan bergizi.

"Dalam program ini, dukungan kami tidak hanya berupa makanan bergizi dan susu, tetapi juga termasuk bantuan berupa tempat makan dan botol minuman dari plastik berkualitas tinggi yang diproduksi di Cilegon. Nantinya, tempat makan dan botol plastik ini dapat digunakan kembali untuk makan siang yang disediakan oleh pemerintah," ujar Direktur Legal, External Affairs, dan Circular Economy Chandra Asri Group, Edi Rivai, Kamis, (22/8/2024).

Program makan bergizi gratis selain mencerdaskan anak bangsa, mengurangi angka stunting, bahkan bisa menghidupi perekonomian masyarakat di setiap daerah. Karena melibatkan perusahaan catering lokal, serta toko maupun warung setempat. Penggunaan wadah makan dan minum yang berulang kali digunakan, juga mampu mencegah banyaknya sampah serta menjaga kelestarian alam.

"Kontribusi perusahaan ini merupakan bentuk dukungan penting dalam program pemerintah untuk mencegah stunting dan gizi buruk dan membantu pertumbuhan ekonomi Kota Cilegon serta menjaga keberlanjutan lingkungan," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan Produk Dalam Negeri

Uji Coba Makan Siang Gratis di Cilegon, Banten. (Rabu, 21/08/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Uji Coba Makan Siang Gratis di Cilegon, Banten. (Rabu, 21/08/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Edi menambahkan bahwa, bantuan kemasan dalam program makan bergizi gratis selain mendukung program pemerintah pusat, juga sebagai dukungan perekonomian dalam negeri, karena produksi dan bahan bakunya berasal dari produsen lokal.

Selain itu, penggunaan tempat makan ini juga membantu menjaga higienitas makanan, sehingga siswa-siswi penerima bantuan dapat mengonsumsinya dengan aman.

"Kami mengharapkan agar kemasan makanan yang digunakan pada program MBG mendatang dapat menggunakan plastik dengan mempertimbangkan standar dan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa uji coba makan bergizi gratis Kota Cilegon, Banten, digelar pada 19-22 Agustus 2024. Sedangkan sekolah yang dibantu oleh Chandra Asri Grup yakni SMPN 5, SDN Cilegon 09, SDN Cilegon 12, SDN Pangabuan, dan SDN Samangraya I.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya