Rail Clinic KAI Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Lampung

Rail Clinic generasi ketiga tersebut memberikan layanan kesehatan primer seperti pemeriksaan umum, gigi, kebidanan, mata, serta pemeriksaan laboratorium sederhana.

oleh Ardi Munthe diperbarui 05 Okt 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2024, 10:00 WIB
Pemberian pelayan kesehatan bagi warga di dalam kereta oleh PT KAI Divre IV Tanjungkarang. Foto : (Istimewa).
Pemberian pelayan kesehatan bagi warga di dalam kereta oleh PT KAI Divre IV Tanjungkarang. Foto : (Istimewa).

Liputan6.com, Lampung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang kembali mengadakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui layanan kesehatan Rail Clinic. Kali ini, Rail Clinic hadir di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara, dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 KAI.

Manager Humas Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari mengatakan bahwa kegiatan ini melibatkan 250 warga Kelurahan Ketapang dan murid-murid sekolah dasar di sekitar lokasi.

Rail Clinic generasi ketiga tersebut memberikan layanan kesehatan primer seperti ; pemeriksaan umum, gigi, kebidanan, mata, serta pemeriksaan laboratorium sederhana. Selain itu, tim kesehatan dari KAI juga memberikan penyuluhan kesehatan.

"Tim kesehatan kami berjumlah 22 orang, terdiri dari 2 dokter umum, 1 dokter gigi, dan selebihnya paramedis," kata Zaki, Kamis (3/10/2024).

Selain pelayanan kesehatan, Zaki menyampaikan, KAI juga memberikan bantuan berupa 25 kacamata baca kepada murid SD Negeri 1 Ketapang. 

"Tak hanya itu, Polsuska Divre IV Tanjungkarang memberikan sosialisasi terkait keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api. Sebagai bagian dari program TJSL, KAI juga menyerahkan sarana olahraga seperti bola sepak, bola voli, dan net kepada warga Kelurahan Ketapang," jelas dia.

Zaki berharap, bantuan ini dapat mendorong warga untuk beraktivitas positif di lingkungan mereka dan menjauhkan diri dari kegiatan berbahaya di sekitar jalur kereta api.

Sebelumnya, pada 18 September 2024, Rail Clinic juga telah melayani warga di Kelurahan Srengsem. Melalui program ini, KAI berharap dapat meningkatkan kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta api dan stasiun, serta mengajak warga untuk menjaga keamanan dan aset milik PT KAI.

"Dengan adanya Rail Clinic, kami berharap kesehatan warga semakin membaik, serta tercipta kesadaran bersama dalam menjaga keamanan perjalanan kereta api," dia memungkasi.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya