Jakipa 2014 Libatkan Seniman Luar Negeri

Jakarta Internasional Performing Art (Jakipa 2014) kembali diadakan selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu, 6-7 Desember di Plaza Taman Monas.

oleh Julian Edward diperbarui 06 Des 2014, 14:30 WIB
Diterbitkan 06 Des 2014, 14:30 WIB
Jakipa 2014 menampilkan ras muhammad
Jakipa 2014 menampilkan ras muhammad

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Internasional Performing Art (Jakipa 2014) kembali diadakan selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu, 6-7 Desember di Plaza Taman Monas, Jakarta Pusat. Tahun ini, acara yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menghadirkan 100 seniman dari lima negara.

Beberapa diantaranya ialah Ras Muhammad dan Kuno Kini (Indonesia), Musik Sanshin serta Genderang Taiko Okinawa (Jepang), Jordan Adams (Australia), dan Natasha Usmar (Inggris). Lantas, ada pula seniman dari Perancis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Arie Budhiman mengatakan, Jakipa 2014 mengambil tema `Art Meets Culture` dengan maksud meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seni pertunjukkan dan budaya.

"Seni pertunjukan merupakan seni kreatif kontemporer yang dikembangkan dari seni tradisi dan kearifan lokal yang tumbuh di masyarakat setempat. Indonesia kaya akan budaya dan seni pertunjukan berkembang cukup pesat. Oleh karena itu diharapkan masyarakat lebih menghargai budaya sendiri sebagai jati diri dan bangga menjadi bangsa Indonesia," terang Arie Budhiman, saat jumpa pers di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (5/12/2014).

Ditambahkan Arie Budhiman, Jakipa 2014 merupakan acara pemanasan sebelum gelaran Jakarta Night Festival. Untuk itu, pihak menyeleksi ketat siapa saja yang layak tampil dalam Jakipa 2014.

"Hubungan diplomasi harus dijalin dari berbagai aspek, salah satunya bisa dari seni. Pemilihan sangat ketat, karena dengan apa yang mereka tunjukkan sudah di level dunia. Makanya, kami juga menyelenggarakan ini di Monas sebagai ikon Jakarta," tutup Arie Budhiman.(Jul/Mer)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya