Queen Siap Rilis Lagu Baru dengan Vokal Freddie Mercury, Sempat Dikira Tak Bisa Diselamatkan

Lagu baru Queen yang menghadirkan vokal Freddie Mercury ini aslinya direkam tahun 1988.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 09 Jun 2022, 13:40 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2022, 13:40 WIB
Freddie Mercury (AFP)
Lagu baru Queen yang menghadirkan vokal Freddie Mercury ini aslinya direkam tahun 1988. (AFP)

Liputan6.com, London - Vokalis Queen, Freddie Mercury, kini memang telah berkalang tanah. Namun vokalnya bisa kembali dinikmati dalam lagu terbaru grup band legendaris ini, yang bakal dirilis September mendatang. Kabar ini disampaikan dua member Queen, Brian May dan Roger Taylor dalam wawancara BBC Radio 2 di London, akhir pekan lalu.

“Kami menemukan sebuah permata kecil dari Freddie, yang kami sedikit lupa tentangnya,” kata drummer Roger Taylor, seperti dilansir dari People pada Kamis (9/6/2022).

Ia meneruskan, “Dan ini sangat indah sekali. Itu adalah penemuan hebat.”

Vokalis ikonis yang meninggal dunia pada 1991 tersebut merekam lagu ini saat hendak mempersiapkan album The Miracle pada 1988. Setahun setelahnya, album ini dirilis. Semasa hidup, Freddie Mercury pernah mengungkap bahwa ia merekam sekitar 30 lagu saat mempersiapkan lagu ini, diwartakan Variety.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sempat Pesimistis

Penggemar Peringati 30 Tahun Kematian Freddie Mercury
Penggemar memegang syal band rock Inggris Queen, saat berpose di luar rumah mendiang Freddie Mercury, pada peringatan 30 tahun kematiannya, di London, Rabu (24/11/2021). Freddie Mercury, penyanyi yang juga pentolan grup band Queen meninggal dunia pada 24 November 1991. (AP Photo/Alberto Pezzali)

May mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya sebelumnya sudah sempat ingin merilis lagu tersebut. Namun niat ini berkali-kali diurungkan. 

"Kami mengeceknya berkali-kali dan berpikir, 'Oh tidak, kita enggak bisa menyelamatkannya," kata dia. Untungnya, Queen kemudian bertemu para penyelamat. 

"Saat kami mengeceknya lagi, tim engineering kami yang hebat berkata, 'Oke kita dapat melakukan ini dan ini'," kata dia. 

 

May added that the song was “kind of hiding in plain sight. We looked at it many times and thought, oh no, we can’t really rescue that. But in fact, we went in there again and our wonderful engineering team went, ‘okay, we can do this and this.’ It’s like kind of stitching bits together. But it’s beautiful, it’s touching piece.”

“It’s a very passionate piece,” Taylor concurred.


Seperti Menjahit

Queen dan Adam Lambert
Layar menampilkan gambar Freddie Mercury mengiringi band Queen dan Adam Lambert yang membuka perhelatan Oscar 2019 di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (24/2). Queen menghentak panggung Oscar 2019 lewat lagu We Will Rock You. (Chris Pizzello/Invision/AP)

Kedua member Queen ini menjelaskan bahwa penyatuan kepingan vokal Freddie Mercury mirip proses menjahit. Beruntung, hasil akhirnya memuaskan mereka. 

"Itu sangat indah dan menyentuh," kata Brian May. 

"Ini adalah lagu yang sangat penuh perasaan," Roger Taylor mengimbuhkan. 


Bukan yang Pertama

Sebelum ini, Queen sudah beberapa kali merilis lagu baru setelah kematian sang vokalis. Contohnya adalah studio album terakhir grup ini, Made in Heaven (1995) yang rekamannya dilakukan sebelum dan sesudah kematian Freddie Mercury.

 

Yang paling baru, adalah album kompilasi Queen Forever yang rilis 2014 lalu. Di dalamnya, dimuat sejumlah lagu baru yang belum pernah diungkap  yakni "Let Me in Your Heart Again," "Love Kills," dan "There Must Be More to Life Than This" yang menghadirkan suara mendiang Michael Jackson.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya