Keluarga Pasrah Melepas Kepergian Kiki Fatmala untuk Selamanya

Kabut duka tengah menyelimuti keluarga Kiki Fatmala.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 03 Des 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 03 Des 2023, 07:00 WIB
Kiki Fatmala (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)
Kiki Fatmala (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)

Liputan6.com, Jakarta - Kabut duka tengah menyelimuti keluarga atas kepergian Kiki Fatmala untuk selamanya. Kiki Fatmala meninggal dunia di usia ke 56 tahun pada Jumat (1/12/2023) dini hari, pukul 05.00 WIB.

Sebagai adik, Maruef Ashary ikhlas atas takdir yang sudah ditetapkan Tuhan pada mendiang kakaknya. Ia tidak menampik mendiang sempat sakit. Hanya saja, Kiki sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani serangkaian pengobatan.

"Sudah dinyatakan sembuh tapi semua kehendak Tuhan yang punya kuasa, Tuhan yang berkehendak kita hanya bisa pasrah," ujar Maruef Ashary di Rumah Duka RS Siloam Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023).

"Mbak Kiki sudah terdengar kabarnya sakit, ya itu lah. Sakit kita nggak ada yang tahu, takdir juga nggak ada yang tahu. Karena memang mendadak aja meninggalnya," sambung Ashary.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minta Didoakan

Kiki Fatmala
Pihak keluarga mengunggah potret peti jenazah Kiki Fatmala ditemani tanda salib dari untaian bunga warna putih. Suasana begitu intim dan tenang. (Foto

Ashary mengaku tak mengetahui apakah permintaan agar tidak mengirim karangan bunga adalah inisiatif mendiang. Melalui akun Instagram terverifikasi Kiki Fatmala, terdapat imbauan agar penghormatan itu diganti uang dan disumbangkan ke lembaga sosial.

"Saya itu kurang tahu. Mungkin benar tapi selebihnya saya tidak bisa lagi berbicara panjang kali lebar. Didoakan saja kakak saya itu aja makasih banyak," ujar Ashary.

 


Dimakamkan di San Diego Hills

Kiki Fatmala. (Foto: Dok. Instagram @qq_fatmala)
Kiki Fatmala divonis mengidap kanker paru-paru stadium 4. (Foto: Dok. Instagram @qq_fatmala)

Saat ini jenazah Kiki Fatmala sudah dimakamkan di San Diego Hills Memorial Park. Diakui Ashary, proses pemakaman berlangsung pada pukul 10 pagi.

"Iya (Kiki Fatmala dimakamkan) jam 10 pagi," ungkap Ashary.

 


Sudah Tidak Sakit Lagi

Kiki Fatmala (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)
Kiki Fatmala (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)

Menutup sesi wawancara, Ashary kembali memohon doa untuk mendiang kakaknya. Ia juga meminta maaf atas keselahan mendiang semasa hidup, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

"Kami sekeluarga minta maaf sekali kepada teman-teman, kepada seluruh masyarakat Indonesia yang apabila tidak suka dengan kakak saya. Mohon didoakan semoga kakak saya tenang di sana dan insyaallah dia sudah tidak sakit lagi," ucap Ashary.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya