Surat RM BTS untuk ARMY Jelang Masuk Wamil: Aku Ingin Jadi Orang yang Bisa Bersamamu, walau Tak di Sisimu

RM BTS mengaku sebenarnya sulit untuk merangkum perasaannya dalam kata-kata.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 11 Des 2023, 07:59 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 07:59 WIB
RM BTS. (Instagram/ rkive)
RM BTS. (Instagram/ rkive)

Liputan6.com, Seoul - Hari keberangkatan V, Jungkook, Jimin, dan RM BTS untuk menunaikan tugas wajib militer akhirnya datang juga. Sebagai tanda pamitan kepada ARMY—sebutan bagi penggemar grup ini, RM bahkan menulis sebuah surat panjang pada Minggu (10/12/2023).

Diwartakan Soompi, surat ini dibagikan sehari sebelum jadwal keberangkatannya ke wamil. Beberapa waktu lalu memang ramai diberitakan bahwa RM dan V akan secara resmi mulai melaksanakan tugas negara pada hari ini, Senin (11/12/2023).

Dalam suratnya, RM mengucap banyak hal manis dan mengharukan. Namun ia mengaku sebenarnya sulit untuk merangkum perasaannya dalam kata-kata.

“Harinya akhirnya tiba. Aku merasa ada begitu banyak hal yang ingin kukatakan padamu, tapi sekarang saat waktunya tiba, rasanya malah aku tak bisa menemukan kata-kata yang tepat,” kata RM BTS di awal pernyataannya.

Ia kemudian mulai mencurahkan isi hati. Yang pertama, nostalgia perjalanan kariernya bersama BTS dan ARMY.

“Aku sungguh senang bisa hidup sebagai BTS selama 10 tahun terakhir. Aku sudah mengatakan ini berulang-ulang, tapi sebuah akhir juga merupakan sebuah permulaan! Aku yakin, tanpa keraguan, bahwa setelah ini berlalu, hal-hal baik akan menanti kita,” kata pria yang memiliki nama asli Kim Namjoon ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Takut, tapi...

RM BTS. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
RM BTS. (Facebook/ BTS (방탄소년단))

RM menyebut bahwa masa wamil yang berjalan 18 bulan mungkin bisa terasa pendek atau lama—tergantung perspektif dalam melihatnya. Namun ia yakin masa wamil ini akan menjadi pembelajaran bahwa memberi inspirasi bagi semua orang.

Ia juga yakin, cinta dari ARMY akan memberinya kekuatan selama wamil.

“Meski aku juga merasa ngeri dan takut, apa yang bisa lebih menghibur dibanding fakta bahwa ada sesuatu yang bisa ditunggu dan dinanti-nantikan di masa yang tidak menentu ini? Selain pekerjaanku, kemungkinan besar itu adalah cinta kalian,” kata dia.


Hati RM Terasa Hangat karena Cinta ARMY

Unggahan RM BTS jelang Wamil. (Instagram/ rkive)
Unggahan RM BTS jelang Wamil. (Instagram/ rkive)

RM mengaku hatinya terasa hangat dan penuh cinta karena senantiasa diingat para penggemar.

“Ketimbang kata-kata yang tak terhitung jumlahnya dan tertinggal di telinga kita sebelum pergi, waktu, cinta, dan ketulusan kitalah yang mengungkap soal masa depan kita. Aku ingin menjadi seseorang yang selalu bersamamu, meski aku tidak berada di sisimu,” RM menyambung.


Tersenyum Saat Berjumpa Kembali

Di pengujung suratnya, RM mengungkap sebua doa, bahwa di mana pun penggemar dan anggota BTS berada, mereka akan tersenyum lebar begitu kembali berjumpa.

Mari bertemu lagi pada masa mendatang. Aku sungguh mencintai kalian. Kuharap [perasaan ini] bisa menjangkaumu, walau hanya sedikit saja—Namjoon,” RM mengakhiri.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya