Penjelasan Umi Pipik soal Mualaf yang Dikremasi: Allah Lebih Tahu Keadaan Hambanya

Menyimak penjelasan Umi Pipik soal orang yang beragama Islam tapi drikremasi saat meninggal.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 24 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 12:00 WIB
Umi Pipik
Umi Pipik menulis surat untuk almarhum ustaz Jefri Al Buchori setelah Adiba Khanza dinikahi Egy Maulana Vikri. Ia mengaku telah menjalankan amanah suami. (Foto: Dok. Instagram @_ummi_pipik_)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir warganet ramai membicarakan jenazah Dali Wassink yang drikremasi. Padahal ia beragama Islam. Ayah satu anak itu diketahui telah menjadi mualaf sebelum menikahi Jennifer Copper, 2023 silam.

Seorang warganet bertanya melalui kolom komentar Umi Pipik tentang hal ini. Istri almarhum Uje mencoba memberi jawaban dengan bijaksana tanpa menghakimi siapa pun.

“Allah Maha Pengasih dan Penyayang, Allah lebih tahu keadaan hambanya. Semoga Allah tempatkan di Surga-Nya bagi para mualaf yang berjuang untuk memahami Islam dengan ketidaksempurnaannya dalam menjalankan syariat Islam, Allah gofururrahim,” jawabnya.

Umi Pipik juga menyampaikan belasungkawa kepada Jennifer Coppen. Dia mendoakan agar seluruh amal ibadah Dali Wassink diterima di sisi Allah.

“Untuk @jennifercoppenreal20 saya pribadi turut berduka cita sedalam dalamnya, semoga alm husnul khotimah, yakinlah Allah sangat menyayangi dia, dan Allah maha pengasih dan penyayang,” Umi Pipik menulis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Permintaan Dali Dikremasi

Umi Pipik
Umi Pipik (Foto: Instagram/ _ummi_pipik_)

Sebelumnya di momen melarung abu, Jennifer Coppen sudah menjawab rasa penasaran publik tentang jenazah Dali yang dikremasi.

“Banyak juga yang tanya kenapa Papa Dali dikremasi. Aku mau minta kalian hargai saja soal keputusan keluarga dan itu memang permintaan Papa Dali. Memang papa Dali mualaf, Papa Dali baru belajar agama Islam, dan dia belajar kok guys,” terang Jennifer Coppen.


Dali Masih Belajar tentang Islam

Aktris berusia 23 tahun itu membeberkan bagaimana suaminya mencoba menerapkan ajaran Islam dalam keseharian. 

“Sebelum makan dia baca bismillah. Sebelum Kamari makan disuruh baca bismillah. Masuk rumah bilang assalamualaikum, tapi memang karena belum belajar banyak. Jadi Papa Dali belum terlalu mengerti tentang agama Islam dan memang itu permintaan terakhir Papa Dali maunya dikremasi. Jadi tolong dihargai saja keputusannya,” ungkap Jennifer Coppen.


Warganet Kagumi Penjelasan Umi Pipik

Warganet pun mengagumi cara berdakwah Umi Pipik yang menyejukkan. “Aku suka umi pipik tu setiap menjawab pertanyaan yang rada sensitif, beliau ga pernah menjudge orang lain apalagi orang lain itu sedang berproses,” kata salah satu netizen.

Ini bru jwaban yg tpat, krna dosa atau pun phala sseorg hnya Allah yg tau,” kata warganet lain.

“Semakin tinggi ilmu orang, semakin bijaksana mereka melihat kesalahan dan kekurangan org lain,” tambah yang lainnya.

infografis Journal_Tradisi Islam Sudah Melekat pada Kartini Sejak Kecil
infografis Journal_Tradisi Islam Sudah Melekat pada Kartini Sejak Kecil (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya