Sidang Perdana Harvey Moeis, Jaksa Sebut Ada Uang Rp3 Miliar Mengalir ke Rekening Sandra Dewi

Jaksa dalam sidang di PN Tipikor Jakarta Pusat Rabu, (14/8/2024), menguak bukti aliran dana hasil korupsi ke rekening Sandra Dewi senilai Rp 3 miliar.

oleh Wayan Diananto diperbarui 15 Agu 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 10:00 WIB
Penampilan Harvey Moeis Saat Jalani Sidang Dakwaan Kasus Korupsi Timah
Jaksa dalam sidang di PN Tipikor Jakarta Pusat Rabu, (14/8/2024), menguak bukti aliran dana hasil korupsi ke rekening Sandra Dewi senilai Rp 3 miliar.. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Dalam sidang perdana kasus korupsi timah dengan tersangka Harvey Moeis di PN Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024), Jaksa Penuntut Umum atau JPU mengungkap bukti aliran dana ke rekening Sandra Dewi.

Ada uang Rp3 miliar yang diduga hasil korupsi timah mengalir ke rekening Sandra Dewi. Uang miliaran ini konon dari pihak smelter swasta yang ingin kerja sama dengan perusahaan BUMN, PT Timah Tbk.

“Terdapat empat kali transaksi ke rekening Harvey dalam rentang waktu 2018 hingga 2023. Salah satunya mengalir ke rekening Sandra Dewi sebesar Rp3 miliar,” kata jaksa dalam persidangan.

Lebih lanjut jaksa menyebut uang miliaran ini diduga digunakan Sandra Dewi untuk belanja beragam barang mewah, termasuk 88 tas branded dan 141 perhiasan yang kini telah disita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Misteri Safe Deposit Box

Penampilan Harvey Moeis Saat Jalani Sidang Dakwaan Kasus Korupsi Timah
Tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah, Harvey Moeis bersiap mengikuti sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (14/8/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

News Liputan6.com melansir laporan jurnalis merdeka.com, Rahmat Baihaqi, Rabu (14/8/2024), mengabarkan, jaksa menemukan bukti Sandra Dewi memiliki safe deposit box di salah satu bank swasta. Isinya, uang asing 400.000 dolar AS serta sejumlah logam mulia.

“Menyimpan sejumlah uang dan logam mulia menggunakan safe deposit box di CIMB Niaga atas nama Sandra Dewi untuk menyimpan uang asing sejumlah kurang lebih USD 400.000,” urainya.


Logam Mulia Sandra Dewi

Penampilan Harvey Moeis Saat Jalani Sidang Dakwaan Kasus Korupsi Timah
Sidang kasus dugaan korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah dengan terdakwa Harvey Moeis akan dilanjutkan dengan agenda pembuktian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

“Satu buah UBS gold bar dengan berat 3 gram fine gold, satu buah logam mulia fine gold 100 gram satu buah logam mulia bar dengan berat 100 gram dan 1 buah logam mulia gold bar yang berada dalam boks berwarna merah dengan berat 88 gram,” jaksa merinci.

JPU mendakwa Harvey Moeis sebagai perwakilan PT Refined Bangka Tin merugikan negara Rp300 triliun atas dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan di PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022.


Dakwaan Diungkap Dalam Sidang

Penampilan Harvey Moeis Saat Jalani Sidang Dakwaan Kasus Korupsi Timah
Terdakwa Harvey Moeis juga menyatakan tidak akan mengajukan eksepsi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dakwaan ini diungkap berdasarkan Laporan Hasil Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Tata Niaga Komoditas Timah Di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk Tahun 2015 sampai dengan Tahun 2022.

“(Laporan hasil audit) nomor PE.04.03/S-522/D5/03/2024 Tanggal 28 Mei 2024 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI),” demikian jaksa membacakan surat dakwaannya.

Infografis Babak Baru Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis dan Helena Lim. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Babak Baru Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis dan Helena Lim. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya