Cerita Aline Jusria Gemetaran Setelah Diajak Totos Rasiti dan Stock Teater untuk Tampil di Pentas Placebo

Ada satu hal yang sempat membuat Aline Jusria sempat gemetar dan hampir menolak permintaan Totos Rasiti dan Stock Teater untuk tampil di pentas Placebo.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 27 Agu 2024, 20:55 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 20:25 WIB
Aline Jusria
Aline Jusria jadi aktris pendukung untuk pentas Placebo persembahan Stock Teater, ditemui di sela-sela latihan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Editor film Aline Jusria yang dikenal sebagai penyunting film Alexandria hingga Catatan (Harian) Si Boy, rupanya memiliki minat yang sangat besar di dunia teater. Aline Jusria bahkan tak berpikir dua kali saat Totos Rasiti dan Stock Teater mengajaknya gabung pentas Placebo.

Aline Jusria pun bercerita mengenai awal dirinya diajak bergabung untuk pentas Placebo. Rupanya semua bermula dari komentarnya di media sosial saat Totos Rasiti mengumumkan bakal menjadi sutradara untuk pentas baru bersama Stock Teater yang sempat vakum selama 10 tahun.

Namun begitu, ada satu hal yang sempat membuat Aline Jusria sempat gemetar dan malahan hampir menolak permintaan Totos Rasiti untuk tampil di pentas Placebo. Hal itu terkait dengan lokasi yang ternyata bertempat di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

"Aku ini penikmatnya Stock Teater zaman masih kuliah, nge-fans. Jadi pertama kali Bang Totos Rasiti bilang mau manggung lagi nih, aku lihatnya di Facebook," ujar Aline Jusria mengawali kisah pertama kali diajak gabung pentas Placebo, saat dihampiri Liputan6.com di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awalnya Diminta Tolong untuk Menyunting Bagian Film

Aline Jusria
Aline Jusria jadi aktris pendukung untuk pentas Placebo persembahan Stock Teater, ditemui di sela-sela latihan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah terlibat percakapan di media sosial dan chat, Totos Rasiti lalu menghampiri Aline Jusria di kediamannya. Mulanya, Aline hanya diminta untuk menyunting beberapa bagian untuk film yang akan diputar di atas panggung.

"Gua cuma komentar, 'Wah keren! Ayo!' Enggak lama, dia japri, 'Lu bantuin gua ya.' 'Siap.' Disuruh bantuin, 'Oke, bang'," terang pemenang Festival Film Indonesia 2010 kategori Penyunting Gambar Terbaik dan Piala Maya untuk Penyunting Gambar Terpilih ini.

"Dia main ke tempatku, 'Ada dua line yang gua minta tolong bantuin. Pertama, ngedit karena kita mix media, nanti kita akan ada filmnya.' Dan kebetulan aku editor, dia minta aku untuk ngeditin materi filmnya," ia menyambung.


Ujungnya Diajak Gabung untuk Tampil

Aline Jusria
Aline Jusria jadi aktris pendukung untuk pentas Placebo persembahan Stock Teater, ditemui di sela-sela latihan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah meminta tolong dalam hal penyuntingan, Aline pun langsung diajak bergabung untuk tampil. Tanpa pikir panjang, Aline Jusria langsung menerima tawaran dari Totos Rasiti.

"Yang kedua, 'Lu main.' 'Wah, oke!' Senang banget, karena aku manggung teater, terakhir itu tahun 1998. Habis itu sibuk jadi pekerja film. Jadi, ya sudah enggak pernah main teater lagi," ungkapnya.


Gemetaran saat Tahu Lokasi Panggungnya

persiapan Stock Teater dalam Gelaraan Pentas Sinematik
Konsep tersebut memadukan unsur teknologi Artificial Intelligence, Film, dan Video Mapping dalam satu ruang panggung dengan mengangkat judul PLACEBO. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Namun, ketika disampaikan lokasi pementasannya, Aline Jusria malah sempat gemetaran. Ia nyaris menolaknya lantaran Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki memiliki panggung yang sangat besar dan luas. Namun begitu, akhirnya Aline menganggapnya sebagai sebuah tantangan.

"Tapi waktu diceritain, 'Ini teaternya buat ini, Lin, ada acara festival, nanti lu manggungnya di GBB (Graha Bhakti Budaya). Hah? Itu hampir aku tolak, sih. Boleh bilang enggak jadi, enggak? Itu dengkul gue udah gemetaran, itu panggungnya gede banget! Gua pikir lu bakal pentas di ruang alternatif. Ternyata di panggung segede itu, challenge nih," ungkapnya.

 


Drama yang Sarat dengan Banyak Pertunjukan

Selain drama, pentas Placebo yang ditulis oleh Rebecca Kezia ini juga akan dihiasi oleh pertunjukan tarian dan beberapa bagiannya bakal menggunakan konsep musikal. Konsep pentas Placebo ini digarap secara totalias oleh Stock Teater, terutama dari segi teknologi. Mereka memadukan konsep drama panggung dengan cinematic theatre dan teknologi Artificial intelligence (AI).

Bahkan, ada tiga panggung yang terdiri dari panggung realitas, virtual, dan campuran keduanya. Ini menjadi salah satu tantangan yang harus betul-betul diperhatikan oleh tim Stock Teater selama penggarapan untuk pentas Placebo terutama dalam hal teknisnya yang erat hubungannya dengan teknologi virtual.

Asmara Abigail, menjadi bintang utamanya bersama Aibey S Huda, Ricky Malau, Aline Jusria, Agus Nur Amal, dan Eno TB. Pentas Placebo akan digelar selama dua hari di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada Jumat, 6 September 2024 dan Sabtu, 7 September 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya