Profil Colin Brittain, Drummer Baru Linkin Park yang Pernah Jadi Produser Papa Roach hingga One Ok Rock

Colin Brittain menggantikan posisi Rob Bourdon yang menolak untuk bergabung kembali sebagai penabuh drum Linkin Park.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 09 Sep 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 15:00 WIB
Linkin Park bersama vokalis barunya, Emily Armstrong (https://www.instagram.com/p/C_jtvTjvDTp/)
Linkin Park bersama vokalis barunya, Emily Armstrong dan drummer baru, Colin Brittain (kanan belakang). (https://www.instagram.com/p/C_jtvTjvDTp/)

Liputan6.com, Jakarta Nama Emily Armstrong kini sedang jadi pusat perhatian publik dunia lantaran ia resmi diumumkan sebagai vokalis baru Linkin Park menggantikan mendiang Chester Bennington. Namun begitu, Emily Armstrong bukanlah satu-satunya personel baru Linkin Park.

Setelah bangkit kembali dari vakum sejak 2017 silam, Linkin Park juga merekrut Colin Brittain sebagai penabuh drum mereka. Nama Colin Brittain diumumkan bergabung dengan Linkin Park bersama Emily Armstrong pada 5 September 2024 lalu.

Colin Brittain menggantikan posisi Rob Bourdon yang menolak untuk bergabung lantaran belum bisa move on dari meninggalnya Chester Bennington. Namun begitu, sosok Colin Brittain jarang mengundang sorotan para pecinta musik secara global.

Padahal bila ditelusuri lebih jauh, pemilik nama Colin Cunningham ini memiliki rekam jejak yang sangat mumpuni di industri musik. Selama ini, Colin Brittain bertindak di balik layar sebagai produser sejumlah band termasuk Papa Roach hingga One Ok Rock.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awal Karier di Musik

Linkin Park dengan member baru. (Foto: James Minchin III, dok: Secret Signals)
Linkin Park dengan member baru termasuk drummernya, Colin Brittain (dua dari kanan). (Foto: James Minchin III, dok: Secret Signals)

Melansir berbagai sumber, sebelum turun tangan sebagai seorang produser, Colin Brittain terlebih dahulu terjun sebagai penabuh drum untuk band Oh No Fiasco.

Bersama band ini, Colin Brittain merilis debut EP atau mini album berjudul No One's Gotta Know. Setelah itu, pria kelahiran 29 December 1986 ini langsung terjun sebagai produser.

 


Kiprah sebagai Produser Sejumlah Band Termasuk One Ok Rock

One OK Rock (Instagram/ oneokrockofficial)
One OK Rock (Instagram/ oneokrockofficial)

Debut sebagai produser, Colin Brittain diketahui mengawalinya dengan menangani band Dark Waves. Disusul dengan 5 Seconds of Summer.

Pada 2015, Colin Brittain memproduseri beberapa lagu band asal Jepang, One Ok Rock untuk album 35XXXV. Pada tahun yang sama ia juga memproduseri EP The Days / Nights mendiang musisi EDM, Avicii.

Bersama One Ok Rock, Colin Brittain juga menjadi produser untuk sejumlah lagu dalam album Ambitions dan Eye of the Storm.

 


Memproduseri Papa Roach dan Band-band Lain

Jacoby Shaddix dari Papa Roach. (Foto: Amy Harris/Invision/AP)
Jacoby Shaddix dari Papa Roach. (Foto: Amy Harris/Invision/AP)

Selain One Ok Rock, Colin Brittain juga memproduseri band top lain, yakni Papa Roach untuk sejumlah lagu dalam album Crooked Teeth dan Who Do You Trust?.

Band-band lain yang sempat diproduseri oleh Colin Brittain antara lain adalah Hands Like Houses, Basement, hingga Story of the Year.


Hanya Jadi Penabuh Drum di Album Baru Linkin Park

Setelah bergabung bersama Linkin Park, Colin Brittain pun hanya berfokus sebagai penabuh drum untuk seluruh lagu dalam album baru Linkin Park, From Zero, yang akan rilis 15 November 2024.

Ke depannya, Colin Brittain akan menjalani tur Linkin Park di Amerika Serikat, Jerman, Inggris Raya, Korea Selatan, dan Kolombia yang bertajuk The From Zero World Tour sejak 11 September 2024 mendatang. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya