Influencer Ridwan Rivai Berbagi Romantika Merintis Bisnis, Jaga Fokus dan Jeli Melihat Peluang Kuncinya

Satu lagi pesohor lahir dari jagat maya, yakni Ridwan Rivai. Punya 30 ribuan pengikut di akun Instagram pribadi, Ridwan Rivai mulai berbisnis sejak 2010.

oleh Wayan Diananto diperbarui 11 Okt 2024, 23:06 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2024, 18:20 WIB
Ridwan Rivai
Satu lagi pesohor lahir dari jagat maya, yakni Ridwan Rivai. Punya 30 ribuan pengikut di akun Instagram pribadi, Ridwan Rivai mulai berbisnis sejak 2010. (Foto: Dok. Instagram @rivai_83)

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi pesohor yang lahir dari jagat maya, yakni Ridwan Rivai. Pengusaha sekaligus influencer ini punya 33 ribuan pengikut di akun Instagram pribadi. Ridwan Rivai mulai berbisnis sejak 2010.

Pria kelahiran Depok, 31 Mei 1983, ini memulai bisnis dengan menerima proyek lelang hingga borongan barang IT dari sejumlah kantor dan perusahaan besar, menyediakan jasa pengadaan maupun perawatan perangkat teknologi.

Ridwan Rivai kemudian membangun perusahaan berbasis teknologi informasi yang bergerak di bidang perdagangan, pengadaan, lelang, hingga impor beragam barang elektronik.

“Seperti komputer, laptop, telepon genggam, dan server untuk kebutuhan seluruh Indonesia,” katanya lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Jumat (11/10/2024).

 

Memulai Usaha Dari Rumah

Ridwan Rivai
Satu lagi pesohor lahir dari jagat maya, yakni Ridwan Rivai. Punya 30 ribuan pengikut di akun Instagram pribadi, Ridwan Rivai mulai berbisnis sejak 2010. (Foto: Dok. Instagram @rivai_83)

Perusahaan yang dimaksud adalah Captain Laptop yang kini berkembang menjadi salah satu pemain utama. Disinggung soal kesuksesan membangun perusahaan, Ridwan Rivai menyorot kegigihan dan kerja keras.

“Awalnya saya hanya berjualan laptop dari rumah, tapi saya melihat bahwa permintaan untuk layanan pengadaan IT sangat tinggi, terutama di kalangan perusahaan besar,” Ridwan Rivai menjelaskan.

 

Platform Digital

Ridwan Rivai dan istri. (Foto: Dok. Instagram @rivai_83)
Ridwan Rivai dan istri. (Foto: Dok. Instagram @rivai_83)

Memanfaatkan peran besar medsos, ia berhasil memperluas jangkauan bisnis. Popularitas bisnisnya pun menanjak. Terbukti akun Instagram Captain Laptop kini punya lebih dari 205 ribu pengikut.

“Platform digital ini jadi salah satu saluran utama bagi perusahaan saya dalam berinteraksi dengan klien termasuk mempromosikan layanan serta produk,” ujarnya lalu menyorot pentingnya memaksimalkan medsos.

 

Disinggung Soal Kunci Sukses

Ridwan Rivai memilih berkaca pada pengalaman sebelum berbagi kiat sukses. Menurutnya yang pertama, jangan malu memulai bisnis dari bawah. Kedua, menjaga fokus. Ketiga, jeli dalam melihat peluang sekecil apapun.

“Awalnya saya fokus pada perdagangan laptop dan komputer dalam skala kecil. Seiring waktu, saya mulai jeli melihat peluang dalam pengadaan dan lelang barang-barang elektronik untuk kebutuhan korporat,” Ridwan Rivai mengakhiri.

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya