Rachmawati Ngaku Tak Tahu Ada Unjuk Rasa Tolak Film Soekarno

Rachmawati Sukarnoputri mengaku tak tahu menahu soal unjuk rasa meminta penghentian pemutaran film Soekarno.

oleh Yazir Farouk diperbarui 24 Des 2013, 14:30 WIB
Diterbitkan 24 Des 2013, 14:30 WIB
rachmawati-131224b.jpg
Ratusan orang melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung bioskop XXI Planet Hollywood, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (23/12/2013). Mereka menuntut agar film Soekarno: Indonesia Merdeka ditarik dari bioskop.

Seperti diketahui film garapan Hanung Bramantyo itu memang menuai kontroversi. Salah satunya adalah yang digaungkan oleh putri ke-3 Soekarno, Rachmawati Sukarnoputri. Rachma, menuding Hanung mencuri idenya untuk menggarap film itu.

Muannas Alaidid, salah satu kuasa hukum Rachma mengatakan, justru kliennya tak pernah mengetahui soal aksi tersebut. Dia memastikan Rachma tak turun ke jalan bersama para pendemo.

"Setahu saya, beliau (Rachma) nggak tahu menahu soal itu. Justru dia malah tanya saya. Dia bilang 'memang ada demo?'," ujar Muannas saat dihubungi Liputan6.com, hari ini.

Adapun isu yang diangkat pendemo hari ini terkait penafsiran Hanung menggambarkan Soekarno di dalam film. Mereka keberatan ada beberapa adegan yang mencoreng nama besar Presiden pertama Republik Indonesia itu.

Di sisi lain, Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat juga telah memerintahkan untuk menyita master film serta melarang pemutaran film itu di bioskop. Hanung dan produser Ram Punjabi juga sudah dilaporkan Rachma ke Polda Metro Jaya dengan tudingan pelanggaran hak cipta. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya