Isak Tangis Pria 40 Tahun Ikut Kebaktian Tri Hari Suci Perdana di Rutan Medaeng

Dia bersama 42 warga binaan yang lainnya terlihat sangat khitmad mengikuti ibadah. Jari jemari dari kedua tangannya saling mengepal.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 16 Apr 2022, 13:05 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2022, 13:05 WIB
Sejumlah warga binaan mengikuti Kebaktian Tri Hari Suci di Gereja Efesus Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surabaya, yang berada di Medaeng, Waru, Sidoarjo. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).
Sejumlah warga binaan mengikuti Kebaktian Tri Hari Suci di Gereja Efesus Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surabaya, yang berada di Medaeng, Waru, Sidoarjo. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Liputan6.com, Surabaya - Isak tangis pria 40 tahun berinisial MS pecah saat mengikuti ibadah kebaktian Tri Hari Suci secara perdana di Gereja Efesus Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surabaya, yang berada di Medaeng, Waru, Sidoarjo.

Dia bersama 42 warga binaan yang lainnya terlihat sangat khitmad mengikuti ibadah. Jari jemari dari kedua tangannya saling mengepal. Mulutnya tak berhenti merapalkan doa. Perlahan-lahan air matanya tumpah. Mengalir di kedua pipinya.

"Ini adalah pengalaman pertama ikut ibadah peringatan Tri Hari Suci di rutan. Sebelumnya, saya selalu merayakan ibadah bersama keluarga besar di gereja,” ujar MS sambil mata berkaca-kaca, Jumat (15/4/2022).

Namun, sejak lima bulan lalu, MS harus berpisah bersama keluarganya karena harus menjalani hukuman di rutan yang terletak di Desa Medaeng itu.

Pengaruh buruk narkotika membuatnya harus menanggung konsekuensinya. “Saya jadi ingat istri dan dua anak saya yang selama ini selalu kasih semangat,” tuturnya.

Meski begitu, MS mengaku kotbah dari Pendeta RD Bernardus Satya Graha membuat dirinya menjadi lebih kuat menghadapi ujian yang diterimanya. MS mengatakan bahwa Paskah merupakan suatu hal yang sangat penting bagi dirinya.

Menurut dia, ada beberapa makna pelaksanaan Ibadah Jumat Agung yang untuk memperingati kematian Yesus itu. "Jadi penyaliban Yesus ini untuk menebus dosa manusia," ujar MS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Secara Online

Ibadah Perayaan Jumat Agung di GPIB Effatha Jakarta
Suasana ibadah Jumat Agung di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Effatha Jakarta, Jumat (15/4/2021). Tahun ini GPIB Effatha melaksanakan Ibadah dalam rangkaian Perayaan Paskah secara Luring dan Daring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto menjelaskan, karena masih dalam pandemi, jajarannya di 39 lapas/rutan menggelar ibadah peringata Tri Hari Suci secara online.

Untuk Rutan Surabaya mengikuti ibadah dengan Paroki Santo Yakobus Surabaya via sambungan teleconference.

“Momen ini jadi salah satu pembinaan kerohanian, agar warga binaan semakin dekat dengan Sang Pencipta,” ujar Wisnu.

Sementara itu, Karutan Klas 1 Surabaya, Wahyu Hendrajati menyebutkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk menjalankan ibadah peringatan Tri Hari Suci.

Hendrajati juga mengungkapkan, momen perayaan ini juga dimanfaatkan untuk forum silahturahmi antar warga binaan. Namun, Hendrajati mengatakan bahwa keluarga warga binaan belum diperbolehkan berkunjung karena masa pandemi.

“Peringatan tahun ini digelar secara sederhana saja, untuk kunjungan belum diperbolehkan, namun kami fasilitasi dengan layanan video call,” ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya