Inilah Desa dan Kelurahan Terbaik Jatim 2022

Menurut Soekaryo, lomba desa dan kelurahan dilaksanakan sebagai evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah bersama masyarakat setempat.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Agu 2022, 16:07 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2022, 16:07 WIB
Ilustrasi pedesaan
Ilustrasi pedesaan. (Photo by Robson Hatsukami Morgan on Unsplash)

 

Liputan6.com, Surabaya - Desa Kendalbulur Tulungagung menjadi desa terbaik pertama lomba desa dan kelurahan terbaik se-Jatim 2022 yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim.

Di posisi kedua yaitu Desa Cermo Kabupaten Madiun dan diikuti Desa Ploso Kabupaten Blitar di peringkat ketiga 

Sedangkan, untuk kategori kelurahan yang terbaik diraih Kelurahan Kanigoro Kota Madiun, peringkat kedua Kelurahan Tanjungsari Kota Blitar, di posisi ketiga dan keempat adalah Kelurahan Burengan Kota Kediri serta Kelurahan Sememi Kota Surabaya.

"Selamat dan apresiasinya kepada para lurah dan kepala desa, serta masyarakat yang terbukti mampu menjadi terbaik," ujar Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur Soekaryo di Surabaya, Kamis (18/8/2022), dikutip dari Antara.

Menurut Soekaryo, lomba desa dan kelurahan dilaksanakan sebagai evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah bersama masyarakat setempat.

 


Indikator

"Evaluasi ini mendorong pemerintah desa dan kelurahan bersama masyarakat untuk mengetahui capaian daerah dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup khususnya aspek penyelenggaraan pemerintahan serta kemasyarakatan serta menemukenali potensi di wilayahnya," kata dia.

Indikator penilaian lomba desa meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Infografis Desa Siluman Sedot Dana Desa?
Infografis Desa Siluman Sedot Dana Desa? (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya