Bawaslu Situbondo Minta Coklit Pemilih Pemilu 2024 Dilakukan Manual, Begini Alasannya

Jika sistem manual juga tetap digunakan oleh petugas pemutakhiran data pemilih dalam pencocokan dan penelitian pemilih, manual dia, akan mudah diperbarui ketika terjadi permasalahan pada aplikasi e-coklit

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 18 Feb 2023, 22:09 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2023, 22:09 WIB
Kantor Bawaslu Situbondo (Istimewa)
Kantor Bawaslu Situbondo (Istimewa)

Liputan6.com, Situbondo - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Situbondo berharap KPU setempat melakukan pencocokan dan penelitian pemilih tetap menggunakan sistem manual selain aplikasi e-coklit untuk mengantisipasi terjadi permasalahan pada aplikasi berbasis android itu.

“Kami berharap petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih menggunakan e-coklitnantinya juga tetap manual tidak ditinggalkan,”ujar Ketua Bawaslu Situbondo Murtapik, Jumat (17/2/2023).

Jika sistem manual juga tetap digunakan oleh petugas pemutakhiran data pemilih dalam pencocokan dan penelitian pemilih, manual dia, akan mudah diperbarui ketika terjadi permasalahan pada aplikasi e-coklit

Mengenai pengawasan dalam tahapan pelaksanaan coklit pemilih untuk Pemilu 2024, kata Murtapik, panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan hingga desa menggunakan dua metode, yakni menempel atau berkordinasi dengan pantarlih saat hendak coklit ke rumah- rumah warga di wilayah kerjanya.

Selain itu, menurut dia metode kedua untuk melakukan pengawasan terhadap pantralih dengan mengecek secara acak ke rumah warga yang sudah didatangi oleh petugas pemutakhiran data pemilih.

“Dua metode itu yang kami terapkan kepada panwaslu keamatan hingga desa. Metode pertama mengawasi dengan cara datang bersama- bersama atau pantarlih ke rumah warga dan mengawasi secara acak karena petugas panwaslu terbatas,”ujarnya.

Murtapik menekankan kepada para pengawas tingkat kecamatan hingga desa mengawasi dengan cara melekat atau bersama-sama pantarlih Pemilu 2024.

“Kami intruksikan kepada panwaslu Kecamatan Hingga Desa agar melakukan pengawasan melekat dan memastikan masyarakat yang sudah punya hak sebagai pemilih masuk dalam pemilih Pemula 2024,”ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1.975 Petugas Lakukan Coklit di Situbondo

Sejak 14 Februari 2023, sebanyak 1.975 orang petugas pemutahkhiran data pemilih  mulai melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih berdasarkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Kemendagri sebanyak 539.013 orang.

Jumlah petugas pemutakhiran data pemilih sebanyak 1.975 orang ini, kata dia, sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Situbondo. Mereka bekerja  selama 2 bulan ke depan, mulai 14 Februari hingga 13 April 2023.

Infografis Sebar Hoaks demi Raup Untung di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sebar Hoaks demi Raup Untung di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya