Perajin Besek di Banyuwangi Raup Cuan Jelang Idul Adha, Pesanan Membludak hingga Kewalahan

Perajin besek dari anyaman bambu di Dusun Papring, Kelurahan Kalipuro, Banyuwangi, kebanjiran pesanan jelang Hari Raya Idul Adha.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 28 Jun 2023, 17:04 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 17:04 WIB
Pengerajin Besek di Lingkungan Papring Kalipuro Kebanjiran Pesanan Jelang Idul Adha (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Pengerajin Besek di Lingkungan Papring Kalipuro Kebanjiran Pesanan Jelang Idul Adha (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi - Perajin besek dari anyaman bambu di Dusun Papring, Kelurahan Kalipuro, Banyuwangi, kebanjiran pesanan jelang Hari Raya Idul Adha. Mereka yang memesan sebagian besar panitia Idul Adha dan masyarakat yang hendak menggelar hajatan.

“Besek saat ini menjadi alternatif  penggunaan palstiki. Sejak awal Juni pemesanan meningkat hingga 60 persen. Rata-rata pemesan dari panitia idul Adha dan masyarakat yang hendak menggelar hajatan. kalau panitia Idul Adha digunakan tempat untuk daging, kalau masyarakat yang gelar hajatan biasanya digunakan untuk tempat suvenir mantenan,” ujar perajin besek anyaman bambu, Widi Nurmahmudi Selasa (27/6/2023)

kata Widi, dalam sebulan ini  sudah ada pesanan 12 ribu buah besek. pesanan ini termasuk dari pelangan tetap. Pihaknya harus kerja keras menyelesaikan pesanan-pesanan dari masyarakat tersebut.

“Saya hampir kewalahan menerima pesanan, ini saja sudah 12 ribu  pesanan, pengrajin bekerja keras untuk menyelesaikannya. Sehinga ini sudah seminggu yang lalu kami sementara tidak menerima pesanan lagi. Karena saya tidak mau mengecewakan pelanggan dan harus selesai tepat waktu. Untuk pesanan besek panitia Idul Adha itu rata-rata berasal dari instansi pemerintah dan perusahan,” tambah Widi.

Menurut Widi, dia membuat besek dari anyaman bambu itu tidak sendirian. dia dibantu 8 orang yang tergabung dari Komunitas Kampung  Papring Kreatif. Untuk memenuhi pesanan yang jumlahnya mencapai ribuan tersebut, Widi bersama 8 pemuda ini juga mengambil besek dari perajin lainnya di sekitar Dusun Papring tersebut.

“Jumlah preajin besek anyaman bambu di Dusun Papring ini mencapai sekitar 70-an orang. Tapi dari jumlah itu tidak semuanya perajin yang menerima berbagai model pesanan besek seperti yang diinginkan pelanggan. Hanya sekitar 16 perajin yang bersedia dan sanggup mengerjakan berbagai model besek sesuai pesanan pelanggan,” kata Widi.

Menurut Widi, untuk besek di luar ukuran normal, harganya berbeda dan lebih bernilai jual tinggi. Seperti suvenir berupa tas dari bahan besek ukuran 9x6 centimeter. ada juga kata Widi ukuran 9x13 centimeter dengan harga Rp 3.000 per besek. Sementara  ukuran normal besek 15x15 centimeter dihargai Rp 2.000 per besek. Dan yang paling mahal  ukuran 25x10 centimeter Rp 7.500 per beseknya.

“Sebenarnya ada juga yang pesan lebih besar, ukuran keranjang. Rencananya akan digunakan untuk tempat daging kurban sebelum dibagikan ke masyarakat. Ada pesanan sekitar 600 buah besek besar itu. harganya berkisar antara Rp. 12.500,” ujur Widi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harus Memasan Terlebih Dahulu

Pengerajin besek mulai mengayam untuk menghasilkan besek yang baik (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Pengerajin besek mulai mengayam untuk menghasilkan besek yang baik (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Untuk bisa mendapatkan besek dari anyaman bambu, kata Widi, harus memesan terlebih dahulu. Sebab, pihaknya tidak menyetok besek. Menurutnya, besek  tersebut jika ditimbun gampang sekali rusak, terlebih lagi dia tidak punya tempat penyimpanan yang layak.

“Terlebih lagi jika terkena air, belum lagi nantinya resikonya dimakan binatang, seperti rayap dan binatang lainya,”kata Widi.

Untuk hasil penjualan besek anyaman bambu itu, 50 persen laba bersihnya akan dimasukan ke kas  Komunitas  Papring Kreatif, untuk biaya operasional Sekolah Alam Kampoeng Batara (Kampoeng Baca Taman Rimba). Sedangkan 50 persennya dibagi rata dengan para pemuda yang ikut bekerja  mengerjakan besek anyaman bambu tersebut.

“Semoga besek ini semakin degemari masyarakat penganti kantong plastik. Selain menjaga lingkungan, juga bisa membantu perekonomian warga terutamnya di Dusun Papring ini,” pungkas Widi.


Mengurangi Volume Sampah

Sementara itu, Pemerhati Lingkungan dari Sustainable Waste Banyuwangi, Novian Darma Putra, menyambut baik, mulai beralihnya masyarakat dari kantong plastik sekali pakai. Hal ini bisa dipastikan akan mengurangi volume sampah plastik pada Hari Raya Idul Adha.

“Alhamdulillah, ini kabar yang cukup mengembirakan. dan saya berharap ini terus dilakukan masyarakat luas beralhih dari kantong plastik sekali pakai ke besek yang jelas sangat ramah lingkungan. Semoga panitia Idul kurban lainya juga menggunakan kantong ramah lingkungan untuk tempat daging kurban nantinya,”ujur Novian Darma Putra.

Novian berpesan kepada para perajin besek dari anyaman bambu, agar tidak berlebihan menebang pohon bambu. Sebab pohon bambu tersebut juga berfungsi sebagai sumber mata air. Sehingga jika  penebangan bambu dilakukan secara berlebihan dikhwatirkan sumber mata air akan hilang.

“Saya berpesan saja kepada para perajin jika menebang bambu tidak terlalu berlebihan. karena biar bagaimanapun pohon bambu juga   berfungsi sebagai resapan air.Saya  khawtair jika menembangnya dilakukan secara berlebihan  justrun akan menghilangkan sumber mata air di sekelilingnya,”Kata Novian.

Novian meminta, perajin besek anyaman bambu selalin mengambil bambu untuk membuat besek, juga menananya. Sehingga  dengan sistem tambal sulam  ini, kelestarian pohon bambu tetap terjaga dan bisa dimanfaatkan selamanya.

 

Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya