Mulai Dibuka Hari Ini, Pemkab Ponorogo Buka Formasi Calon ASN untuk Disabilitas

Pemerintah Kabupaten Ponorogo membuka peluang rekrutmen aparatur sipil negara melalui jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk formasi penyandang disabilitas dan honorer.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 19 Sep 2023, 20:04 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2023, 20:04 WIB
Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS. (Image by syarifahbrit on Freepik)

Liputan6.com, Ponorogo - Pemerintah Kabupaten Ponorogo membuka peluang rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) melalui jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk formasi penyandang disabilitas dan honorer.

"Tahun ini, seleksi PPPK dibagi menjadi tiga jenis pengelompokan. Pertama jalur honorer, kedua untuk umum dan terakhir formasi penyandang disabilitas," kata Kepala BKPSDM Ponorogo Andy Susetyo, Selasa (19/9/2023).

Menurut Andy, kepastian pengelompokan tersebut setelah pihaknya mendapat surat mengenai petunjuk teknis (juknis) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Juknis sudah kita terima, tapi untuk jadwal pengumuman pendaftaran mundur sebelumnya 16 September menjadi 19 September," katanya.

Dijelaskan, penyebab mundurnya pengumuman tersebut dikarenakan pihak BKN sedang melakukan proses verifikasi dan validasi tentang adanya kuota pengelompokan disabilitas, honorer dan umum.

Hasilnya, berdasar juknis yang diterima, kuota untuk kelompok disabilitas, yakni dua persen dari seluruh kuota formasi.

"Jumlah formasi PPPK kita tahun ini 912, sehingga kuota disabilitas maksimal dua persen atau sekitar 18 formasi," katanya.

Sedangkan untuk dua kuota lainnya yakni umum dan honorer. Andy merinci, untuk kuota honorer maksimal 80 persen dan umum minimal 20 persen. Sedangkan untuk kelompok disabilitas bisa masuk dalam jalur guru, tenaga teknis maupun tenaga kesehatan.

"Jadi nanti ada persyaratannya, disabilitas mana yang boleh ke teknis, ke guru maupun ke kesehatan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Perubahan

Melihat Tes SKD CPNS di Jakarta
CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Andy mengakui, bahwa proses seleksi PPPK tahun ini mengalami perubahan jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Selain dengan adanya tambahan kelompok disabilitas juga ada mengakomodasi kelompok honorer.

"Honorer nanti pola seleksinya dimana peserta yakni kategori THK2 dan non ASN di Pemkab Ponorogo, ini kaitannya dengan optimalisasi kemarin," katanya.

Untuk penilaian kelompok honorer tersebut juga berbeda, dimana nantinya dalam tes CAT tidak ada nilai ambang batas. Sebagai gantinya yakni sistem perankingan nilai sesama honorer di lingkungan Pemkab Ponorogo.

"Rangking itu untuk honor, Kalau umum tetap menggunakan pasing grade bisa swasta, bisa honorer tapi di luar pemkab Ponorogo," katanya.

Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019
Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya