Ulah Kocak Cak Imin Beber Tiga Fungsi Sarung yang Biasa Digunakan Santri, Nomor Terakhir Bikin Syok

Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membeber tiga fungsi satu yang biasa dia pakai dan juga para santri di sejumlah pesantren di Indonesia.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 23 Okt 2023, 12:55 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2023, 10:07 WIB
Pasangan capres - cawapres Anies Muhaimin. (Istimewa)
Pasangan capres - cawapres Anies Muhaimin. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Sarung menjadi bagian tak terpisahkan dengan budaya Indonesia. Pakaian yang kerap dikenakan masyarakat Indonesia ini lazim digunakan untuk beragam aktifitas. Mulai bekerja hingga beribadah.

Bagi santri, sarung menjadi kebutuhan pokok yang harus dipunyai karena kerap digunakan untuk berbagai kegiatan di pesantren. kepiawaian seorang santri bisa dilihat dari kemampuannya memakai sarung, semakin rapi dan kencang, sarung yang dikenakan santri itu akan semakin kuat dan tidak mudah melorot.

Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membeber tiga fungsi satu yang biasa dia pakai dan juga para santri di sejumlah pesantren di Indonesia.

Yang Pertama, Ketua Umum DPP PKB itu menyatakan, adalah untuk sarungan, yaitu menutup tubuh bagian bawah sebagai pengganti celana. 

Fungsi yang kedua, santri biasa tidur di lantai. Pada kondisi ini, sarung bisa menjadi alat penolong yang efektif dari rasa dingin atau serangan nyamuk nakal.

"Sarung fungsinya untuk selimutan, kademen anti nyamuk," ujarnya dalam video yang dikutip dari akun Instagram Cak Imin, Cakiminow, Senin (23/10/2023).

Yang ketiga, sarung fungsinya untuk nyelepet. Cak Imin pun mempraktikan aksi nyelepet sarung ke Anies Baswedan yang berada di sebelahnya. Cetarrr... Anies langsung dibuat syok dengan aksi tersebut.

"Lumayan pedes kan?" ujarnya lantas tertawa.

"Iya pedes," ucap Anies menimpali.

Nyelepet adalah aksi menggulung sarung menjadi kecil hingga menjadikan bentuknya keras dan menyerupai cambuk. Jika sudah berbentuk ini akan sakit saat disabetkan. 

Ulah kocak pasangan AMIN itu sondak mendapatkan tanggapan beragam dari warganet.

Tokoh politik dari Nasdem Rahmad Gobel, tidak ketinggalan berkomentar. Di kolom komentar menuliskan: "Kok saya nontonnya sambil senyum ya 😅"

"Pak anies sblm mnjabat jd gubernur dlu jg suka bcnda sma uno... dlu tuh ada gt kontennya tiap ari tpi lupa konten apa nmanya. Tpi pas mnjabat jd gubernur, asli serius KERJA pak Anies g ada bcnda"nya. Apdetannya krja mlu smpe bkin JKARTA BRUBAH TOTAL g sprti jkrta jmn dlu yg kumuh g trurus. Skrg pak Anies mau nyalon presiden bkin konten" lucu lg kya gni, tpi nnti pas jd presiden ykin psti Serius krja nya yg nkin ngrubah INDONESIA JD LBIH MAJU"tulis akun moheed_moslemfashion.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rampung Tes Kesehatan

Duet Anies-Cak Imin (AMIN) Disambut Lautan Massa di Makassar
Duet bakal Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) disambut lautan massa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Tim Media AMIN)

Sebelumnya, Bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) rampung menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2023).

Tercatat Anies-Cak Imin melakukan tes kesehatan selama 9 jam lamanya sejak 07.19 WIB sampai 16.05 WIB. Menurut Anies, segala prosesnya berjalan dengan lancar.

"Izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto dan seluruh jajaran yang tadi telah melaksanakan tugas dengan amat baik, kami merasakan sebuah proses yang dilaksanakan dengan amat profesional, dijalankan secara cepat, ringkas, efisien," kata Anies.

Dia menyampaikan, seluruh rangkaian berlangsung lebih cepat dari yang diprediksi. Semula, Anies-Cak Imin diperkirakan bakal selesai tes kesehatan sekira pukul 17.00 WIB. Anies berharap hal ini dapat menjadi awalan yang baik.

"Alhamdulillah semua rangkaian yang seharusnya selesai jam 5 telah selesai jauh lebih awal. Sehingga jam 4 kita sudah bisa keluar. Kami sampaikan apresiasi terima kasih, dan mudah-mudahan dengan awalan yang baik ini proses-proses ke depannya menjadi makin baik lagi," kata dia.

Anies menjelaskan tak ada kendala yang dia dan Cak Imin hadapi selama proses pemeriksaan kesehatan berlangsung. Selanjutnya, Anies-Cak Imin tinggal menunggu hasil tes kesehatan yang telah dilakukan.


Pose Kungfu

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Tiba di RSPAD Gatot Soebroto
Bakal pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyapa awak media sesaat sebelum menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ada momen menarik, saat Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba-tiba nampak mengeluarkan jurus saat berpose di depan awak media. Pose spontan itu disambut gelak tawa.

Momen ini, turut dibagikan bacapres Anies Baswedan dalam unggahan Instagram resminya @aniesbaswedan. Anies menyebut Cak Imin tengah berpose menirukan salah satu jurus kungfu.

"Tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Pemanasan dulu. Saya: tenang atur pernafasan. Gus Imin: latihan jurus dari Master Pai Mei," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies-Cak Imin tak datang bersamaan. Cak Imin tiba lebih dahulu pukul 06.53 WIB. Anies tiba pukul 06.58 WIB. Keduanya mengenakan baju kemeja lengan panjang berwarna putih dengan bawahan celana hitam.

Mereka bakal menjalani medical check up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Anies-Cak Imin dijadwalkan menjalani rangkaian kesehatan, diantaranya tes darah, urine, serta tes kesehatan jasmani dan rohani selama 8-10 jam, dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Anies-Cak Imin menjalani puasa sejak Jumat, 20 Oktober 2023 hingga hari ini Sabtu (21/10/2023) saat menjalani pemeriksaan. "Dari tadi malam puasa," kata Cak Imin.

Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya