Keponakan Khofifah, Ning Lia Disebut Punya Peluang Besar Jadi Anggota DPD RI Wakili Jatim

Cak Barok, panggilan akrab akademisi tersebut, juga menambahkan besarnya peluang ning Lia untuk jadi. Pasalnya, foto yang ia gunakan dalam pencalonan DPD RI, mengenakan jilbab hijau khas Muslimat NU.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Okt 2023, 07:08 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 06:03 WIB
Lia Istifhama, Bakal Calon DPD RI dari Jawa Timur. (Istimewa).
Lia Istifhama, Bakal Calon DPD RI dari Jawa Timur. (Istimewa).

Liputan6.com, Surabaya - Lia Istifhama, keponakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, berpeluang terpilih mewakili Jatim sebagai anggota DPD RI. Lia saat ini tercatat sebagai bakal calon DPD yang bersaing di Jatim.

Mubarok, alumni senior PMII menyatakan, Ning LIa dikenal sebagai aktivis yang kerap turun menyapa langsung masyarakat. Dia cukup menyita perhatian publik. Sebab, Sekretaris MUI Jatim tersebut, dikenal dengan karakter ngemong dan humble atau sederhana. 

"Ia dikenal ngemong para relawan, para junior, dan memang kepada siapapun, ia dikenal supel. Jadi disini terlihat bahwa ia memang meneladani buleknya, Mbak Khof (Khofifah Indar Parawansa)," kata Mubarok, dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Cak Barok, panggilan akrab akademisi Unesa tersebut, juga menambahkan besarnya peluang ning Lia untuk jadi. Pasalnya, foto yang ia gunakan dalam pencalonan DPD RI, mengenakan jilbab hijau khas Muslimat NU.

Terpisah, Ketua Relawan KPK Komunitas Pendukung Khofifah (KPK) M Chotib, menjelaskan bahwa ning Lia dikenal oleh masyarakat atas parasnya yang cantik. Menurutnya, ini modal sosial yang kuat, selain memang sikap ning Lia yang dikenal merakyat.

“Ibu-ibu yang pernah ketemu ning Lia, selalu menyampaikan dua hal, yaitu cantik dan merakyat. Ini nilai utama, selain trah-nya yang merupakan putri Tokoh Nahdliyyin KH. Masykur Hasyim, dan juga keponakan bu Khofifah," ujarnya.

 


Doktor UINSA

Praktisi pendidikan Jatim Lia Istifhama (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Praktisi pendidikan Jatim Lia Istifhama (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Lia Istifhama, merupakan Doktoral Ekonomi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Tercatat, ia merupakan Sekretaris MUI Jawa Timur, Ketua perempuan Tani HKTI Jatim, Pengurus Fatayat NU Jatim, PMII, dan berbagai organisasi lainnya.

Ia juga dikenal sebagai penulis, diantaranya Resiliensi Korban Pelecehan Seksual, Hikmah Ramadlan, Beda Agama Hidup Rukun, Berkisah Tentang Hati, dan Membingkai Pendidikan Bangsa.

Selain aktif mengisi berbagai forum sebagai narasumber, perempuan milenial tersebut juga mendapatkan beberapa penghargaan akibat kegigihannya turun di tengah masyarakat, diantaranya 22 Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur 2020 dari Forkom Jurnalis Nahdliyin, Penggerak Perempuan Bidang Pertanian dari DP3AK Jatim (Pertani HKTI Jatim).

 

Infografis Payung Hukum Eks Napi Koruptor Jadi Caleg Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Payung Hukum Eks Napi Koruptor Jadi Caleg Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya