Ikatan Bidan Indonesia Raih Penghargaan dari Kowani pada Peringatan Hari Kebaya 2024

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mendapat penghargaan kategori kesehatan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di peringatan Hari Kebaya Nasional 2024.

oleh Tim Regional diperbarui 26 Jul 2024, 16:58 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 13:16 WIB
Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mendapat penghargaan kategori kesehatan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di peringatan Hari Kebaya Nasional 2024
Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mendapat penghargaan kategori kesehatan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di peringatan Hari Kebaya Nasional 2024

Liputan6.com, Surabaya - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mendapat penghargaan kategori kesehatan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dalam peringatan Hari Kebaya Nasional 2024 yang berlangsung meriah di Istora Senayan, Jakarta.

Penghargaan tersebut menjadi bukti nyata pengabdian berkelanjutan IBI kepada masyarakat luas. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo, kepada Ketua IBI, Ade Jubaidah.

Dalam kesempatan tersebut, penghargaan Penganugerahan Ibu Bangsa juga diberikan kepada Ibu Iriana Joko Widodo oleh Ketum Kowani.

"Tentu kami sangat senang menerima penghargaan ini. Pengabdian dan kerja keras dari para pengurus IBI, baik di pusat maupun daerah dalam melayani masyarakat diganjar penghargaan dari Kowani ini," ungkap Ade Jubaidah dalam keterangan yang diterima, Jumat (26/7/2024).

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kowani atas penghargaan tersebut serta apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara yang telah memberikan perhatian lebih terhadap perkembangan kebaya sebagai warisan leluhur bangsa.

Ade Jubaidah menjelaskan bahwa IBI saat ini telah hadir di 36 provinsi di Indonesia.

"Kami secara konsisten dan berkesinambungan menjalankan program yang mendukung pemerintah dalam menurunkan angka stunting, memberikan pembelajaran kepada ibu hamil serta membantu memulihkan kesehatan pasca trauma kekerasan pada perempuan dan anak dan melalui asuhan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti dan melalui pendampingam keluarga" tegasnya.

Melalui penghargaan ini, IBI akan semakin terpacu untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat luas, khususnya kaum perempuan dan anak.

Ketum Kowani juga mengakui kontribusi positif IBI dalam upaya pemerintah menekan angka stunting pada anak Indonesia.

Selain itu, peran IBI semakin nyata dengan aktif melakukan pendampingan bagi perempuan dan anak yang mengalami trauma, baik karena bencana alam maupun tindak kekerasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hari Kebaya Nasional 2024

Tahun ini, peringatan Hari Kebaya Nasional mengusung tema “Lestarikan Budaya Dengan Bangga Berkebaya”, dihadiri oleh sekitar 9.250 wanita berkebaya dengan berbagai motif yang mengesankan.

Presiden Jokowi secara resmi menetapkan 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya.

Diberitakan sebelumnya, kebaya adalah salah satu busana nasional Indonesia yang berusia berabad-abad. Keberadaannya kebaya terus berkembang, termasuk dari segi desain yang mencerminkan keragaman budaya di Indonesia. 

Dengan semangat memperkenalkan kebaya ke mata dunia, komunitas kebaya di Indonesia membentuk tim nasional yang mengupayakan dan mengusulkan kebaya kepada UNESCO.

"Ini sebenarnya semangat dari kita semua, di mana kita sering banget mengadakan kegiatan, dan akhirnya kami ada beberapa orang untuk bertemu dengan PMK untuk meminta dukungan," ujar Ketua Tim Nasional Hari Kebaya Nasional, Lana T Koentjoro dalam acara Talkshow "Kebaya Nusantara Pemersatu Bangsa" di Bentara Budaya Jakarta, pada Sabtu, 27 April 2024.

Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya