Cak Imin: Saya Berduka Amat Dalam Kiai Chalid Wafat, Dia Sosok Teladan bagi Kader PMII

Cak Imin mengaku bersyukur pernah mendapatkan kesempatan berinteraksi, arahan, dan motivasi dari Kiai Chalid semasa hidup.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 27 Jul 2024, 10:04 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 10:04 WIB
Ketua Tim Pengawasan (Timwas) Haji Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)
Ketua Tim Pengawasan (Timwas) Haji Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP Partai PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan duka cita atas meninggalnya salah satu pendiri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) KH Chalid Mawardi.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Saya tentu sangat bersedih, berduka yang amat dalam,” kata di Jakarta, Jumat 26 Juli 2024.

Cak Imin yang juga Ketua Majelis Pembina Nasional PB PMII mengatakan, Kiai Chalid adalah sosok teladan bagi para kader PMII karena tidak sungkan memberi motivasi kepada para kader meskipun sudah berusia senja.

“Teladan kita semua yang terus memberi motivasi, semangat, dan bahkan di dalam usia senja, beliau terus hadir dan memberikan motivasi kepada para aktivis PMII,” ucapnya.

Ia mengaku bersyukur pernah mendapatkan kesempatan berinteraksi, arahan, dan motivasi dari Kiai Chalid semasa hidup.

Selain itu, menurutnya, wafatnya Kiai Chalid membuat masyarakat kehilangan seorang tokoh besar, seorang pendiri PMII, aktivis Nahdlatul Ulama (NU) kiai dan ulama, serta pejuang keadilan dan kemakmuran rakyat. Ia pun memanjatkan doa terbaik kepada almarhum.

“Pak Chalid Mawardi, selamat jalan. Allah memanggilmu dalam pelukan surga-Nya. Insya Allah Pak Chalid Mawardi husnulkhatimah,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kiai Chalid Lahir di Solo 11 September 1936

2-nu-140201c.jpg
Sejumlah tokoh, pejabat, dan politisi dari lingkungan NU juga akan hadir, antara lain, Jusuf Kalla, Hamzah Haz, Chalid Mawardi, Muhaimin Iskandar, Helmi Faishal Zaini, Lukman Hakim Saifuddin, (Liputan6.com/Faisal R Syam).

Diketahui, KH Chalid Mawardi meninggal dunia pada Jumat dalam usia 87 tahun. Kiai Chalid merupakan salah seorang pendiri PMII pada tahun 1960, lalu menjadi Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor periode 1980-1985.

Kiai Chalid lahir di Solo, 11 September 1936, dalam lingkungan NU. lbunya, Mahmudah Mawardi, adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU pertama sejak Muslimat NU menjadi badan otonom NU.

Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya