Indra Sjafri Jelang Lawan Thailand di Final Piala AFF U-19: Mohon Doa dan Dukungan untuk Pemain

Indra Sjafri juga mengaku tidak memiliki banyak waktu melakukan persiapan menjelang pertandingan final ini.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 29 Jul 2024, 12:02 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 12:02 WIB
FOTO Timnas Indonesia U-20
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri saat memantu sesi latihan gym para pemainnya di Ring Road Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Surabaya - Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri mengaku hanya melakukan sesi kelas untuk mempersiapkan taktik dan strategi permainan jelang laga final Piala AFF U-19 melawan Thailand, di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin malam nanti (29/7/2024).

"Kami ada membuat sesi kelas ada sisi psikologi bagaimana kesiapan mental mereka, dan kami berdiskusi menganalisa pertandingan Thailand. Analisa dilakukan juga oleh pemain secara grup dan tim pelatih melakukan dengan tim analis kami," ujarnya.

Indra Sjafri juga mengaku tidak memiliki banyak waktu melakukan persiapan menjelang pertandingan final ini.

Dengan waktu jeda sehari saja, memaksa Timnas Indonesia tidak menggunakan waktu untuk melakukan latihan di lapangan seperti sebelumnya. Latihan hanya dilakukan di hotel hanya sekadar untuk mengembalikan kondisi fisik.

"Oleh sebab itu, yang paling penting kami tim pelatih melakukan bagaimana recovery pemain benar-benar pulih dengan mepetnya waktu itu," ucapnya.

Kendati dengan waktu yang sangat sempit, ia menegaskan, bahwa semua pemain sudah berangsur pulih dari kelelahan pasca melawan Malaysia di babak semifinal.

"Dukungan tim dokter dan fisioterapi juga sangat membantu mempercepat pemulihan kondisi fisik atlet," ujarnya.

Dengan ini, ia mengatakan, pemainnya sudah siap menghadapi babak final nanti malam.

"Kami berharap doa dan dukungan masyarakat untuk menambah motivasi para pemain di lapangan," ucapnya.

Selain proses recovery pemain, timnas U-19 juga berdiskusi untuk menganalisa kekuatan Thailand yang akan menjadi lawan di Final Piala AFF U-19. Dengan begitu, gelar kedua menyusul kesuksesan pada 2013 bisa kembali dirasakan.

"Dan juga kita berdiskusi, menganalisa pertandingan Thailand besok, analisa juga dilakukan dengan pemain secara grup, dan juga kita melakukan analisa dengan tim pelatih dengan math analyst statistik kita," ungkap Indra Sjafri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bonus Menanti

Final Piala AFF U-19 - Thailand Vs Timnas Indonesia U-19
Final Piala AFF U-19 - Thailand Vs Timnas Indonesia U-19 (Bola.com/Adreanus Titus)

Final dalam gelaran Piala AFF U-19 2024 ini memang sesuai target PSSI. Dengan demikian, dipastikan para pemain masa depan Indonesia ini akan menerima bonus melimpah. Berapa?

Manajer Timnas Indonesia U-19, Ahmed Zaki Iskandar beberapa waktu lalu pernah ditanya para jurnalis perihal bocoran jumlah bonus untuk Arkhan Kaka dkk. jika mampu menjuarai turnamen.

“Gini, ini kewajiban dulu ya, tugas dan kewajiban mereka adalah membawa timnas untuk lolos ke empat besar. Setelah itu nanti sampai ke final, nah selesai itu baru kita bicarakan,” jawab Ahmed Zaki.

“Jadi tidak dibiasakan untuk bicara itu (bonus) pemain dulu,” imbuhnya.

Infografis Performa Cristiano Ronaldo
Infografis Performa Cristiano Ronaldo Di Liga Champions Musim 2017-2018 (Bola.com/Adreanus Titus)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya