Firefox Akhirnya Sambangi Pengguna iPhone

Setelah sebelumnya enggan untuk mampir ke iOS, sekarang Firefox siap hadir di perangkat-perangkat besutan Apple itu.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 04 Sep 2015, 14:46 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2015, 14:46 WIB
Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (hacked.com)

Liputan6.com, Jakarta - Firefox, peramban internet dari perusahaan Mozilla dikabarkan bersiap untuk hadir bagi pengguna platform iOS. Browser yang identik dengan logo rubah ini sudah mulai merilis versi preview untuk pengguna iPhone di Selandia Baru.

Blog resmi Mozilla, Jumat (4/9/2015) melaporkan, versi preview ini sudah dibekali dengan fitur Intelligent Search, yaitu kemampuan untuk memberi saran hasil pencairan dan pilihan mesin pencari.

Selain itu, bagi pengguna yang telah memiliki akun Firefox, dapat memindahkan riwayat penelusuran, password serta tab dari PC ke perangkat iOS.

Lewat versi preview ini, Mozilla berharap para pengguna dapat memberikan umpan balik sampai peramban mobile ini siap untuk hadir di App Store seluruh dunia akhir tahun ini.

  Tampilan Firefox preview di iOS (sumber : blog.mozilla.org)
Sebelumnya, Mozilla mengaku enggan untuk membawa Firefox ke platform iOS karena ketatnya peraturan dari Apple terhadap pengembang aplikasi pihak ketiga.

Namun, hal tersebut kini tampaknya telah berubah pasca Apple mulai memperkenalkan iOS 8. Di sistem operasi iOS 8, Apple memberikan akses penuh kepada pengembang aplikasi untuk menggunakan mesin JavaScript di iOS. 

Sebelumnya, memang telah ada beberapa peramban lain yang tersedia bagi platform iOS seperti Google Chrome dan Dolphin. Akan tetapi, kemampuannya dinilai lebih lambat dikarenakan mesin JavaScript secara eksklusif hanya dapat digunakan oleh peramban bawaan iOS sendiri, Safari.

(dam/dhi)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya