Selain Smartphone, Bapak Android Juga Luncurkan Dua Produk Ini

Essential juga memperkenalkan kamera 360 derajat dan Essential Home bersamaan dengan pengumuman Essential Phone.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 31 Mei 2017, 17:30 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2017, 17:30 WIB
Essential
Kamera 360 dari Essential yang diperkenalkan bersama Essential Phone (sumber: NDTV)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan Essential Phone pada publik, Andy Rubin yang juga dikenal sebagai 'Bapak Android' juga mengumumkan kehadiran dua produk lain dari Essential. Adapun produk tersebut adalah kamera 360 dan perangkat rumah pintar.

Dikutip dari NDTV, Rabu (31/5/2017), kamera 360 dari Essential disebut-sebut sebagai kamera 360 paling ringan di dunia, karena memiliki bobot 35 gram.

Kamera ini memiliki sensor fisheye dengan resolusi 12MP yang dapat menangkap video 360 berkualitas 4K berkecepatan 30fps.

Kamera ini memiliki 4 mikrofon yang dapat menangkap suara dalam suasana tiga dimensi. Aksesori ini dapat dibeli bersama Essential Phone dengan harga US$ 50 atau dapat dibeli secara terpisah dengan harga US$ 199.

Untuk kebutuhan rumah pintar, Essential memperkenalkan Essential Home. Perangkat saingan Google Home dan Amazon Echo ini memiliki kemampuan serupa dengan speaker rumahan lain yang berbasis kecerdasan buatan.

Pengguna dapat meminta perangkat ini melakukan sejumlah aktivitas dengan perintah suara. Sebagai contoh, pengguna bisa memberikan perintah suara untuk menyalakan lampu di salah satu ruangan dalam rumah.

Essential menyebut salah satu fitur kunci perangkat ini adalah penyimpanan data tak bergantung pada cloud melainkan disimpan secara lokal. Essential Home juga dapat berkomunikasi langsung dengan produk lain.

Sayangnya, perusahaan itu tak mengungkap informasi detail mengenai ekosistem yang didukung perangkat ini. Kendati demikian, Essential memastikan perangkat ini mudah digunakan, termasuk ketika terhubung dengan produk lain.

Essential Home menjalankan sistem operasi bernama Ambient OS, yang memiliki tampilan mirip Android Wear. Namun belum dapat dipastikan kapan perangkat ini akan mulai dipasarkan. 

(Dam/Isk)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya