Tips Kurban Digital yang Aman dan Amanah ala Tokopedia

Tokopedia sendiri kembali bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat berkurban secara digital (kurban digital).

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 16 Jul 2021, 08:11 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2021, 08:11 WIB
Tokopedia
Ilustrasi fitur Qurban yang ada di Tokopedia. (Foto: Ist.)

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia kembali bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat berkurban secara digital (kurban digital) lewat fitur Qurban. Kerja sama ini telah menyalurkan ratusan ton hewan kurban pada Idul Adha tahun lalu ke banyak daerah terpencil di seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, kerja sama ini diharapkan dapat membantu masyarakat beribadah dari rumah dengan mudah, aman, dan amanah.

"Fitur Qurban juga diharapkan bisa membantu lebih banyak masyarakat yang membutuhkan di berbagai pelosok negeri, termasuk yatim dan dhuafa, sekaligus membantu para peternak lokal tetap dapat menjalankan bisnis di tengah pandemi," tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis (15/7/2021).

Menyambut Idul Adha tahun ini, Tokopedia bersama Baznas juga membagikan sederet tips berkurban secara mudah, aman, dan amanah. Apa saja? Berikut ini daftarnya.

1. Kurban Digital jadi Alternatif

Menurut Pimpinan Baznas, Achmad Sudrajat, kurban digital saat ini menjadi cara baru dalam pelaksanaan ibadah kurban di masa pandemi.

"Selain itu, juga menjadi ikhtiar kita menjaga kesehatan dan menghindari kerumunan saat Idul Adha," tuturnya.

Untuk itu, selain melalui aplikasi Tokopedia, masyarakat juga dapat membeli hewan kurban melalui usaha tradisional, seperti toko, warung, termasuk individu yang tergabung di Mitra Tokopedia.

2. Pastikan Hewan Kurban Sesuai Syariat

"Syarat sah hewan kurban antara lain binatang ternak seperti kambing dengan usia minimal satu tahun atau sapi minimal berusia dua tahun dalam kondisi sehat," ujar Achmad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Selanjutnya

Kementan
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Walikota Bogor mengunjungi depo 1000 sapi kurban di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

3. Pilih Lembaga Kurban yang Amanah

Penting untuk memastikan lembaga kurban yang dipilih telah mengantongi izin dari Kementerian Agama dan menerapkan standar layanan pemeliharaan kurban yang baik dan mengedepankan rukun syariat Islam dalam berkurban.

"Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan lembaga kurban terpercaya, termasuk Baznas, Dompet Dhuafa, Eco Qurban, Human Initiative serta Rumah Zakat dalam menghadirkan fitur Qurban di Tokopedia," tutur Astri.

4. Metode Pembayaran Sesuai Preferensi

Setelah memilih hewan dan lembaga penyalur kurban, masyarakat dapat memiliih metode pembayaran yang diinginkan dari puluhan opsi di Tokopedia. Tidak hanya itu, ada potongan harga hingga Rp 250 ribu yang berlaku sampai 23 Juli 2021.

5. Lacak Status Informasi Kurban

Lewat Tokopedia Salam, semua kegiatan akan didokumentasikan secara rinci. Mulai dari pengecekan kesehatan hewan kurban, proses pemotongan, hingga daerah distribusi. Pembeli juga akan mendapatkan sertifikat digital sebagai tanda bukti.


Jenius Hadirkan Pilihan Berkurban Digital Lewat Aplikasi

Jenius Kurban Online
Jenius sediakan pilihan kurban online dalam aplikasi. Ini adalah bentuk kerja sama Jenus, Baznas, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa. (dok: Jenius)

Selain Tokopedia, Jenius kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa menghadirkan solusi kurban digital di masa pandemi. Dengan demikian, pengguna Jenius bisa melakukan kurban melalui menu Tagihan (Billers) yang ada di aplikasi Jenius.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN mengatakan, perbankan digital tersebut memiliki peran penting saat ini. Jenius hadirkan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat digital savvy.

“Salah satu hasilnya, kami wujudkan melalui kolaborasi bersama Baznas, Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa yang membantu masyarakat digital savvy berkurban dengan lebih mudah dan aman. Masyarakat digital savvy dapat berkurban dengan tetap di rumah saja tanpa melakukan kontak fisik,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (15/7/2021).

Sementara itu, Piminan Baznas RI, Rizaludin Kurniawan, menyambut baik kolaborasi ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan membayar kurban secara digital. Upaya ini, katanya, akan mendukung suksesnya program Kurban Online Baznas yang telah diluncurkan.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya