Sempat Ramai Akun Lazada Istri Onno W. Purbo Dibobol Hacker, Ini Kronologisnya

Sempat ramai di media sosial bahwa akun Lazada Onno W. Purbo dibobol hacker. Ia pun bercerita kronologis peretasan yang membuatnya nyaris kehilangan Rp 3-4 juta. Meski begitu pihak Lazada telah menghubunginya untuk menyelesaikan kasus ini.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 10 Des 2021, 18:07 WIB
Diterbitkan 10 Des 2021, 17:36 WIB
Hacker
Ilustrasi peretasan sistem komputer. (Sumber Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Akun Lazada milik istri dari pakar Teknologi Informasi Indonesia Onno Widodo Purbo atau yang dikenal dengan Onno W. Purbo dilaporkan telah diretas.

Informasi ini diungkap Onno W. Purbo melalui akun media sosial Facebook dan Twitternya, Jumat (10/12/2021).

Melalui cuitan dan unggahan Facebook, Onno W. Purbo menyebut istrinya kehilangan uang sekitar Rp 3-4 juta karena peretasan akun Lazada tersebut.

Tekno Liputan6.com menghubungi Onno W. Purbo untuk mengkonfirmasi tentang hal ini.

Dalam emailnya, Onno W. Purbo menjelaskan, peretasan bermula dari transaksi yang akan dilakukan di platform Lazada.

Di mana, penjual menawarkan barang dengan harga miring. Lalu, pembeli mengkonfirmasi untuk membeli barang dan mentransfer uang ke akun bersama milik toko online.

"Lalu, akun pembeli di hack, diganti nomor bank, nomor teleponnya ke bank penjual, nomor penjual. Penjual meng-cancel barang tersebut dengan berbagai alasan," katanya melalui email.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pelaku Ubah Nomor Rekening Akun Lazada Istri Onno W. Purbo

Hacker
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Selanjutnya, uang dari toko online dikembalikan ke (rekening) bank pembeli, namun karena (akun Lazada) sudah diretas, uang pun masuk ke rekening bank penjual.

Onno W. Purbo juga mengatakan, setelah dirinya menanyakan perihal ini ke customer service Lazada, CS merasa tidak ada kesalahan.

"Karena nomor bank tersebut ada di informasi di account pembeli. Solusi yang ada dari toko online hanya memblokir akun penjual saja," katanya.


Masalah Clear

Hacker
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Namun tidak berselang lama, Onno W. Purbo kembali mengirimkan email ke Tekno Liputan6.com.

Isi emailnya, adalah pihak Lazada memberitahukan ke Onno W. Purbo bawa uang yang ditransfer ke pelaku bisa diblokir, sehingga dana bisa dikembalikan ke rekening sang istri.

"Info terakhir 15 menit-an yang lalu dari Mas Eka & Mas Dhimas di Lazada memberitahukan bahwa transfer-an ke pelaku bisa di blokir jadi dana bisadi kembalikan ke account istri saya yang benar," kata Onno W. Purbo dalam pesannya.

Ia pun berpesan agar pengguna selalu berhati-hati sebelum melakukan transaksi. "Pastikan semua informasi yang ada di akun kita benar dan tidak ada yang mencurigakan," katanya.

Onno W. Purbo juga berharap kasusnya bisa menjadi pelajaran bagi semua pengguna internet. "Semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua bahwa sekarang hacker-nya semakin pinter teknik menipunya pura-pura jadi seller," kata dia. 

"Kami sangat menyesalkan kejadian yang dialami oleh salah satu pelanggan Lazada. Sebagai tindak lanjut, tim Lazada sudah berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan peristiwa ini sedang dalam proses investigasi," ucap Lazada lewat pesan singkat ke Tekno Liputan6.com. 

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya