Bos WhatsApp Ingin Rilis Aplikasi Khusus iPad?

Setelah meluncurkan dukungan multi-perangkat, Bos WhatsApp kabarnya memiliki keinginan untuk meluncurkan aplikasi WhatsApp untuk iPad.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 31 Jan 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2022, 07:30 WIB
WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - Chief WhatsApp Will Cathcart mengajak pengguna iPad agar tidak kehilangan harapan akan adanya aplikasi WhatsApp di iPad.

"Pengguna sudah lama sekali ingin ada aplikasi WhatsApp di iPad. Kami juga menginginkannya," kata Chief WhatsApp Will Cathcart dalam wawancaranya dengan The Verge, dikutip Senin (31/1/2022).

Seperti Instagram untuk iPad, versi WhatsApp iPad sudah lama luput dari perhatian pengguna, meski sebenarnya aplikasi WhatsApp di iPad banyak diinginkan. Cathcart pun selama ini belum berkomitmen untuk merilis aplikasi WhatsApp versi iPad.

Namun, merujuk pada komentarnya yang terbaru, kemungkinan perusahaan akan mengembangkan aplikasi WhatsApp untuk iPad. Apalagi kini WhatsApp tengah membangun teknologi dasar yang dibutuhkan.

"Kami melakukan banyak pekerjaan pada teknologi yang bisa mendukung banyak perangkat (multidevice)," kata Cathcart, merujuk pada peluncuran dukungan WhatsApp multi-perangkat, pada tahun 2021.

"Web dan aplikasi desktop kami kini memilikinya (dukungan multi-perangkat). Jika saya mengaktifkan multi-perangkat, saya dapat mematikan ponsel saya atau kehilangan koneksi jaringan tetapi masih tetap bisa menerima pesan di aplikasi desktop saya," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Ada Teknologinya

[Fimela] ilustrasi whatsapp
ilustrasi whatsapp | pexels.com/@anton-8100

Menurut Cathcart, hal ini sangat penting dalam pengembangan aplikasi di tablet. Sehingga, tablet bisa menggunakan aplikasi WhatsApp, bahkan ketika sedang tidak terhubung dengan ponsel pengguna.

"Teknologi yang mendasarinya sudah ada," tuturnya.

Namun, karena cara WhatsApp mengenkripsi pesan, WhatsApp secara historis belum bisa menyinkronkan obrolan di seluruh perangkat melalui internet, seperti kebanyakan aplikasi pesan lain.

Oleh karenanya, jika aplikasi WhatsApp di ponsel pengguna tidak memiliki akses ke internet, klien desktop tidak bisa berfungsi.

Sementara, versi beta dari dukungan multi-perangkat memungkinkan pengguna menyinkronkan akun WhatsApp hingga empat perangkat sekaligus. Proses ini melibatkan pemetaan untuk mengidentifikasi perangkat ke kunci akun di server WhatsApp dengan cara terenkripsi.

Kini, teknologi sinkronisasi tersebut sudah ada, sehingga ada kemungkinan aplikasi WhatsApp untuk iPad bisa segera dikembangkan.


Hadirkan Fitur Transfer Riwayat Chat Android ke iOS

15 Merek Ponsel yang Tak Bisa Akses WhatsApp per 1 November 2021, Android-iOS
Mulai 1 November 2021, deretan ponsel ini tak bisa akses WhatsApp. (pexels/tracyleblanc).

Sebelumnya, WhatsApp dilaporkan bersiap untuk meluncurkan fitur transfer percakapan dari Android ke iOS. Informasi ini diketahui dari source code yang ada WhatApp 22.2.74 beta untuk iOS.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Sabtu (22/1/2022), proses transfer membutuhkan sambungan kabel atau koneksi Wi-Fi privat, karena perlu dilakukan secara langsung. Cara ini berbeda dari migrasi sejumlah aplikasi olah pesan lain yang memanfaatkan layanan cloud mereka masing-masing.

Meski sudah muncul, belum dapat dipastikan kapan fitur ini akan digulirkan untuk pengguna aplikasi WhatsApp.

Mengingat berdasarkan temuan WABetaInfo, fitur ini masih dikembangkan sehingga belum tersedia untuk seluruh pengguna yang terdaftar untuk beta tester.

Dengan kata lain, untuk saat ini, WhatsApp baru memungkinkan transfer data dari iPhone ke Android. Kehadiran fitur ini diumumkan pada September 2021.

Fitur transfer riwayat chat dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain ini menjadi salah satu banyak diminta pengguna. Sebab, ada banyak orang yang selalu berganti dari HP Android ke iPhone atau sebaliknya.

(Tin/Isk)


Infografis Tentang WhatsApp

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang
Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya