Apa Itu Tezos, Platform Blockchain yang Jalin Kemitraan dengan Manchester United

Berikut pembahasan singkat mengenai platform blockchain Tezos yang baru saja menjalin kerja sama dengan Manchester United.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 11 Feb 2022, 17:13 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2022, 17:13 WIB
MU Jalin Kerjasama dengan Tezos
MU Jalin Kerjasama dengan Tezos. Dok: manutd.com

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United baru saja mengumumkan kemitraan dengan salah platform blockchain Tezos. Dengan kesepakatan ini, nama Tezos akan tampil di seragam latihan tim pria maupun wanita.

Traning-kit dengan logo Tezos akan digunakan skuad tim utama untuk pertama kalinya pada pertandingan akhir pekan melawan Southampton. Kemitraan ini sekaligus dipakai untuk teknologi Web3 pada fans Man Utd.

Tidak hanya pada seragam latihan, kemitraan ini juga termasuk menghadirkan beberapa pengalaman baru untuk para fans yang dibangun di atas blockchain Tezos.

Selain itu, platform ini juga akan mendukung Manchester United Foundation dengan donasi berkelanjutan dalam bentuk mata uang Tezos, yakni tez untuk melatih, mendidik, serta menginspirasi kaum muda dalam komunitas lokal.

Seperti diketahui, Tezos merupakan salah satu jaringan blockchain yang terhubung dengan token digital bernama tez atau tezzie. Sama seperti Bitcoin dan Ethereum, Tezos merupakan decentralized ledger.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perbedaan Tezos dengan Lainny

Tezos
Ilustrasi kemitraan Manchester United dan Tezos. (Dok: Tezos)

Namun yang sedikit membedakan Tezos dengan jaringan lain adalah tata kelolanya. Sebagian besar blockchain pada awalnya biasa bergantung pada tim pengembang dan komunitas penambangan untuk merumuskan pilihan desain baru.

Sementara Tezos mencoba membangun proses pengambilan keputusan pada jaringan pengguna itu sendiri. Untuk itu, Tezos menciptakan insentif bagi partipasi pengguna dalam proses pengembangan layanannya.

Cara ini membuat platform Tezos disebut lebih demokratis dari sisi proses pengembangan, serta pemeliharaannya tidak terpusat. Lewat sistem ini, Tezos mengklaim platformnya didesain untuk berkembang.


Alasan Manchster United Gandeng Tezos

Manchester United - Ilustrasi Pemain Manchester United
Manchester United - Ilustrasi Pemain Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Keputusan Manchester United menggandeng Tezos tidak lepas dari platform ini yang dikenal sebagai open source, hemat energi, fokus pada keamanan, serta dapat ditingkatkan kemampuannya dengan mulus.

Fitur ini disebut konsisten dengan upaya Manchester United untuk mempromosikan kelestarian lingkungan, sekaligus berkembang dengan dukungan komunitas global.

CEO Aliansi dan Kemitraan Manchester United, Victoria Timpson, mengatakan kemitraan ini merupakan salah satu langkah klub untuk mempromosikan lingkungan hemat energi dan berkelanjutan.

Sementara Kepala Adopsi dan Pengembangan Bisnis Ekosistem Tezos, Edward Adlard, menuturkan kemitraan ini memungkinkan MU menggunakan teknologi blockchain dan Web3 untuk mengubah penggemar, pemain, tim, dan keterlibatan mitra.

Teknologi blockchain besutan Tezos dibangun dengan desain hemat energi sehingga bisa beroperasi dengan cara yang lebih bersih dan lebih ramah lingkungan dibanding sistem blockchain lainnya.

(Dam/Tin)


Infografis Tentang Manchester United

Infografis Nemanja Matic
Infografis Nemanja Matic sebelum berkostum Manchester United (MU)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya