Kelas Pintar Rilis Pendamping Siswa Masuk PTN, Buat Kamu yang Incar Kampus Negeri

Platform edutech Kelas Pintar merilis layanan pendaping siswa masuk perguruan tinggi negeri (PTN), bagi siswa yang ingin berkuliah di kampus negeri.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 27 Jan 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 06:30 WIB
Kampus Universitas Indonesia (UI) (Doc. Universitas Indonesia)
Kampus Universitas Indonesia (UI) (Doc. Universitas Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Masuk dan berkuliah di kampus negeri atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini jadi impian bagi bagi banyak siswa di Indonesia. Sayangnya, persaingan di kalangan siswa untuk bisa masuk PTN tidaklah mudah.

Untuk itulah, platform edutech Kelas Pintar yang menyediakan solusi pendidikan berbasis teknologi merilis solusi pendamping belajari siswa untuk lolos seleksi kampus negeri (PTN).

Solusi ini dikemas dalam produk bernama PTN, yang dirancang khusus bagi siswa SMA yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi.

PTN adalah produk Kelas Pintar berupa pendampingan belajar untuk lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dirancang dengan ketentuan Seleksi Nasional dari Pemerintah dan Ujian Mandiri dari PTN pilihan.

Lewat layanan bernama PTN ini, Kelas Pintar hadirkan lima fitur utama. Kelima fitur itu meliputi Tes Minat dan Kepribadian, Live Class, Bank Soal, Try Out, dan Laporan Pembelajaran.

Dalam peluncuran layanan ini, Jumat (27/1/2022), Founder dan CEO Kelas Pintar Fernando Uffie mengatakan, "PTN adalah solusi yang komprehensif memberikan pendampingan kepada siswa mulai dari mengenali minat, menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang dituju, hingga mendampingi siswa dalam keseluruhan proses untuk lolos ke perguruan tinggi negeri."

Solusi pendampingan siswa untuk masuk PTN ini didasarkan salah satunya pada hasil penelitian Indonesian Career Center Network pada 2017 yang menyebut, ada 87 persen responden mahasiswa yang mengaku tidak memilih jurusan kuliah sesuai minat.

Kemudian pada awal November 2021, Mendikbudristek Nadiem Makarim juga menyebut, maksimal hanya 20 persen lulusan perguruan tinggi yang bekerja sesuai program studinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Hanya Lulus PTN, Tetapi Hindari Salah Jurusan

[Bintang] Gagal SNMPTN? Daftar SBMPTN 2015 di PTN Terfavorit di Pulau Jawa
Universitas Diponegoro (Via: hoteldekatkampus.com)

Berbasis fakta di atas, solusi Kelas Pintar PTN hadir dengan berbagai fitur yang tidak hanya menjadi pendamping belajar agar siswa lolos seleksi masuk PTN, tetapi juga menentukan jurusan sesuai minat dan cita-cita.

"Melalui tes minat dan kepribadian, kami membantu siswa untuk menemukan minat mereka untuk selanjutnya menentukan jurusan, universitas, dan profesi sebagai goals-nya," kata Uffie.

Ia lebih lanjut menyebut, dalam mencapai tujuan itu, Kelas Pintar melalui layanan PTN memberi pendampingan dalam bentuk Live Class, Bank Soal, dan Try Out. Dikatakan Uffie, semuanya terukur dalam laporan pembelajaran.

Fitur-fitur di atas pun membantu menghindarkan siswa dari kesalahan pilih jurusan sekaligus bisa bekerja sesuai dengan prodi dan minatnya.

5 Fitur di Layanan PTN dari Kelas Pintar

1. Tes Minat dan Kepribadian

Fitur ini memungkinkan siswa mengikuti tes dengan serangkaian pertanyaan untuk menggambarkan karakter kepribadian siswa, dihubungkan dengan rekomendasi PTN dan jurusan yang sesuai.

Selain itu juga ada rekomendasi jurusan sesuai profesi. PTN juga memberikan rekomendasi kampus negeri sesuai jurusan yang ada di PTN terbaik, PTN terbanyak peminat, dan PTN yang dekat dengan domisili siswa.

Kendati demikian, siswa tetap bisa memilih jurusan dan PTN sesuai pilihannya jika rekomendasi dinilai kurang sesuai dengan keinginan.

 


2. Live Class

[Bintang] Gagal SNMPTN? Daftar SBMPTN 2015 di PTN Terfavorit di Sumatera
Universitas Andalas (Via: commons.wikimedia.org)

Fitur ini merupakan pendampingan belajar secara online dan interaktif bersama guru ahli Kelas Pintar dengan materi seputar seleksi nasional dan ujian mandiri dari PTN.

Mata pelajaran yang diajarkan dalam sesi ini terkait Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Potensi Akademik (TPA) Saintek dan Tes Potensi Akademik (TPA) Soshum.

Ada 14 sesi Live Class seminggu. Mereka yang ingin mengulang sesi juga bisa rekaman sesi Live Class.

3. Bank Soal

Layanan PTN Kelas Pintar juga memiliki fitur bank soal yang isinya kumpulan latihan-latihan soal untuk mempertajam pemahaman siswa terhadap materi seleksi nasional dan ujian mandiri PTN.

Latihan yang ada di Bank Soal meliputi Tes Potensi Skolastik dan Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran Umum, Penalaran Matematika, Pengetahuan Kuantitatif, Pemahaman Bacaan dan Menulis, serta Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

Kemudian ada juga Tes Pontensi Akademik Saintek: Fisika, Kimia, Biologi. Lalu ada Tes Potensi Akademik Soshum yang terdiri dari Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

 


4. Try Out

Yang harus dilakukan sekarang, setelah gagal SNMPTN
Yang harus dilakukan sekarang, setelah gagal SNMPTN. Credit: Dok. Zenius

Untuk mengetahui pencapaian siswa, PTN Kelas Pintar juga hadirkan fitur Tryout atau uji coba seleksi masuk PTN. Materinya disesuaikan dengan ketentuan dalam seleksi nasional dan ujian mandiri.

Penilaian dalam Tryout menggunakan metode Item Response Theory, yang didasarkan pada tingkat kesulitan masing-masing butir soal yang ditentukan dari rasio akurasi jawaban tiap peserta.

IRT merupakan metode penilaian yang dipakai dalam seleksi nasional masuk PTN.

 


5. Laporan Pembelajaraan

SNMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (ANTARA Foto)

Selama mengikuti pendampingan di layanan PTN Kelas Pintar, siswa dan orang tua bisa melihat progress hasil pembelajaran dalam fitur Laporan Pembelajaran.

Laporan Pembelajaran ini dilengkapi dengan informasi peluang masuk PTN berdasarkan hasil Tes Minat dan Kepribadian serta pilihan pribadi.

Sebagai informasi, PTN dari Kelas Pintar hadir dalam dua pilihan paket, yakni Paket PTN dan Paket PTN Plus.

Paket PTN dibanderol Rp 2 juta melalui website. Sementara paket PTN dibanderol Rp 3 juta melalui website.

Khusus periode Januari 2023, Kelas Pintar memberi diskon spesial sebesar 50 persen untuk para siswa yang ingin berlangganan paket PTN atau PTN Plus, yakni dengan kode kupon LEBIHYAKINPTN dapa saat proses pembayaran melalui website kelaspintar.id.

(Tin/Ysl)

Infografis Rektor Asing di Kampus Negeri, Biar Apa?
Infografis Rektor Asing di Kampus Negeri, Biar Apa? (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya