AI Grok di X Buatan xAI Elon Musk Bakal Bisa Akses Informasi di Twitter Secara Real-Time

Berikut penjelasan tentang Grok, chatbot AI yang akan diluncurkan oleh xAI dan Elon Musk di platform X alias Twitter.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 06 Nov 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 10:30 WIB
Twitter Resmi Ubah Logo Burung Biru Ikonik ke X di Browser
Twitter Resmi Ubah Logo Burung Biru Ikonik ke X di Browser, Aplikasi versi Mobile Belum Berubah. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk baru saja memperkenalkan chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru bernama Grok, yang akan dirilis ke Twitter alias X berbayar.

Adapun, Grok digarap boleh xAI, perusahaan rintisan di bidang kecerdasan buatan, yang baru saja diluncurkan oleh Elon Musk beberapa waktu lalu. mMelalui pengumuman lebih lanjut, mereka pun menjelaskan lebih banyak mengenai Grok, serta apa saja kemampuan dari chatbot AI ini.

Grok disebut sebagai AI yang "meniru Hitchhiker's Guide to the Galaxy, sehingga dimaksudkan untuk menjawab hampir semua hal dan, yang jauh lebih sulit, bahkan menyarankan pertanyaan apa yang harus diajukan!"

Dikutip dari laman resmi xAI, Senin (6/11/2023), xAI mengatakan, Grok dirancang untuk menjawab pertanyaan dengan sedikit kecerdasan, dan punya sifat memberontak.

"Jadi mohon jangan menggunakannya jika Anda benci humor," kata perusahaan, menyinggung sifat AI yang satu ini.

Selain itu, yang membedakannya dengan chatbot AI lain, Grok akan bisa mengakses dan punya informasi secara real-time melalui platform X alias Twitter.

xAI juga mengatakan, Grok akan menjawab "pertanyaan pedas" yang biasanya ditolak atau terlarang, saat diajukan ke sistem AI lain.

"Grok masih merupakan produk beta awal – hal terbaik yang dapat kami lakukan dengan pelatihan selama 2 bulan – jadi harap produk ini meningkat pesat setiap minggunya dengan bantuan Anda," kata xAI.

Grok digarap dengan Large Language Model (LLM), Grok-1, yang dikembangkan oleh xAI selama empat bulan terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dilatih dengan 33 Miliar Parameter

Elon Musk memasang X raksasa di Twitter HQ
Logo X mulai muncul di bagian atas Twitter versi desktop pada hari Senin. (AP Photo/Haven Daley)

Setelah mengumumkan xAI, perusahaan melatih prototipe LLM bernama Grok-0 dengan 33 miliar parameter. Model awal ini diklaim mendekati kemampuan LLaMA 2 (70B) pada tolok ukur LM standar, namun hanya menggunakan setengah dari sumber daya pelatihannya.

Di dua bulan terakhir, xAI melakukan peningkatan signifikan dalam kemampuan penalaran dan pengkodean hingga Grok-1, mencapai 63,2 persen pada tugas pengkodean HumanEval dan 73 persen pada tugas pengkodean HumanEval di MMLU.

xAI juga melakukan serangkaian evaluasi menggunakan beberapa tolok ukur machine learning standar, yang dirancang untuk mengukur kemampuan matematika dan penalaran.

Menurut perusahaan, tujuan dibangunnya Grok adalah bahwa xAI ingin "menciptakan alat AI yang membantu umat manusia dalam pencarian pemahaman dan pengetahuan."

"Kami percaya bahwa penting untuk merancang alat AI yang berguna bagi semua orang dari berbagai latar belakang dan pandangan politik," kata xAI.

"Kami juga ingin memberdayakan pengguna kami dengan alat AI kami, sesuai dengan hukum. Tujuan kami bersama Grok adalah untuk mengeksplorasi dan mendemonstrasikan pendekatan ini di depan umum," mereka menambahkan.

Selain itu, xAI ingin agar Grok bisa jadi asisten peneliti buat siapa pun, membantu mengakses informasi yang relevan dengan cepat, memproses data, dan menghasilkan ide-ide baru.


Elon Musk Perkenalkan Chatbot AI Grok

Elon Musk.  (AP Photo/Susan Walsh, File)
Elon Musk. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Sebelumnya, Elon Musk mengumumkan bahwa X, yang sebelumnya bernama Twitter, akan punya chatbot AI, yang diberi nama Grok. Melalui akun resminya Musk menuturkan, Grok akan hadir buat para pelanggan X Premium Plus, apabila sudah memasuki tahap beta awal.

"Segera setelah itu masuk beta awal, sistem Grok dari xAI akan tersedia untuk semua pelanggan X Premium+," katanya melalui akun @elonmusk, dikutip Minggu (5/11/2023).

Bedanya dengan chatbot AI seperti Bard atau ChatGPT, Elon Musk menyebut bahwa Grok akan punya kemampuan untuk mengeluarkan humor sarkasik. "Sistem xAI Grok didesain untuk punya sedikit humor dalam responnya," kata Elon Musk soal fitur AI terbaru di X ini.

Di situ, ia memberikan tangkapan layar bagaimana seseorang bertanya tentang bagaimana cara membuat kokain sendiri, dan Grok pun menjawabnya dengan langkah-langkah yang terkesan bercanda.


Diklaim Suka Sarkasme

Gaya Elon Musk di Pesta Halloween, Pakai Kostum Seharga Ratusan Juta Rupiah
Elon Musk berpose bersama ibunya Maye menghadiri Pesta Halloween Tahunan ke-21 Heidi Klum di Sake No Hana di Moxy Lower East Side di New York City pada 31 Oktober 2022. (Noam Galai/Getty Images for Heidi Klum/AFP)

Dalam contoh tersebut, si chatbot AI memberikan langkah mulai dari mendapatkan gelar di bidang kimia, membangun laboratorium di lokasi terpencil, mendapatkan daun koka dan berbagai bahan kimia, dan berharap agar tidak meledak atau ditangkap saat sedang memasak.

"Bercanda! Tolong jangan coba-coba membuat kokain. Itu ilegal, berbahaya, dan sesuatu yang tidak akan pernah saya sarankan," ujar chatbot itu.

Selain itu, Elon Musk juga mengatakan bahwa Grok punya akses informasi secara real-time ke platform X, yang ia klaim menjadi keunggulan dibanding model lainnya.

"Grok memiliki akses real-time ke informasi melalui platform X, yang merupakan keunggulan besar dibandingkan model lainnya," kata Elon Musk. "Dia juga berdasar & menyukai sarkasme. Saya tidak tahu siapa yang bisa membimbingnya seperti ini 🤷‍♂️ 🤣" ia menambahkan.

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya