Top 3 Tekno: Pengiklan Ramai-Ramai Tinggalkan X Twitter Jadi Sorotan

Gara-gara cuitan Elon Musk yang diduga mendukung teori konspirasi antisemit, para pengiklan ramai-ramai meninggalkan platform X alias Twitter.

oleh Iskandar diperbarui 21 Nov 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2023, 11:30 WIB
Evolusi Logo Twitter: Dari Burung Biru Ikonik hingga X ala Elon Musk
Evolusi Logo Twitter: Dari Burung Biru Ikonik hingga X ala Elon Musk. (Doc: AP Photo/Susan Walsh, File | Punch Newspaper)

Liputan6.com, Jakarta - Gara-gara cuitan Elon Musk yang diduga mendukung teori konspirasi antisemit, para pengiklan ramai-ramai meninggalkan platform X alias Twitter.

Berita ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (20/11/2023) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari ponsel lipat Oppo Find N3 yang baru meluncur di Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Para Pengiklan Ramai-Ramai Tinggalkan X Twitter, Buntut Cuitan Elon Musk soal Teori Konspirasi Antisemit

Belakangan ini, para pengiklan di aplikasi X alias Twitter berbondong-bondong meninggalkan platform media sosial tersebut.

Bukan tanpa alasan, para pengiklan yang di antaranya meliputi Disney, IBM, Lionsgate, dan sebagainya, khawatir iklan mereka muncul di samping konten pro-Nazi dan ujaran kebencian di X.

Ditambah lagi, baru-baru ini Elon Musk menambah ketegangan dengan membuat postingan yang mendukung teori konspirasi antisemit, seperti yang diwartakan AP News, Senin (20/11/2023).

Sebuah laporan dari kelompok advokasi liberal Media Matters mengatakan, iklan dari Apple dan Oracle ditempatkan di samping postingan antisemit tersebut.

Tidak hanya itu, mereka juga menemukan iklan dari Amazon, NBA Mexico, NBCUniversal dan lainnya di samping tagar nasionalis kulit putih.

Berkaitan dengan ini, IBM, NBCUniversal dan perusahaan induknya Comcast mengatakan minggu ini berhenti beriklan di aplikasi X setelah sebuah laporan mengatakan iklan mereka muncul bersamaan dengan materi yang memuji Nazi.

“IBM tidak menoleransi ujaran kebencian dan diskriminasi dan kami segera menangguhkan semua iklan di X sementara kami menyelidiki situasi yang sepenuhnya tidak dapat diterima ini,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Comcast dan NBCUniversal juga telah mengkonfirmasi pada Sabtu (18/11/2023) bahwa perusahaan tersebut telah “menjeda” iklan mereka di X.

Sementara itu, cabang eksekutif Uni Eropa mengatakan secara terpisah pada Jumat (17/11/2023) bahwa mereka menghentikan sementara iklan di X dan platform media sosial lainnya, sebagian karena meningkatnya ujaran kebencian.

Baca selengkapnya di sini


2. Cek Harga Oppo Find N3 di Indonesia, HP Android dengan Tiga Kamera Hasselblad Idaman Fotografer

Oppo Find N3 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Oppo Find N3 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Oppo Find N3 akhirnya meluncur resmi di Indonesia, setelah sebelumnya HP Android tersebut rilis di pasar China pada Oktober 2023.

Tidak jauh berbeda dari seri di China, Oppo Find N3 hadir dengan spesifikasi mumpuni dengan kemampuan triple kamera Hasselblad di belakang bodi ponsel.

Sebelum lebih lanjut membahas spesifikasi, banyak dari Anda penasaran dengan berapa harga Oppo Find N3 ini di Indonesia?

Oppo Indonesia meluncurkan Find N3 ini di Tanah Air dengan harga Rp 29.999.000. Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, mengatakan, ponsel baru Oppo ini sudah tersedia di pasaran mulai hari ini.

"Oppo Find N3 sudah tersedia di seluruh OPPO Store, OPPO Gallery, Toko Retail Rekanan Resmi OPPO, OPPO Online Store, dan OPPO Indonesia Official Store di Shopee, Tokopedia dan Lazada," katanya.

Bagi Anda yang berminat beli, perusahana asal China ini menawarkan promo terbatas dengan total hingga Rp 7,5 juta berupa Protective Case, OPPO SUPERVOOC 80W Car Charger, dan OPPO Premium Services.

Tak hanya itu, Oppo memberikan kesempatan untuk mendapatkan voucher diskon 10 persen, im3 Post Paid dengan kuota besar 2.4TB hanya Rp50.000/bulan.

Pembeli Oppo Find N3 juga bisa dapat cashback special hingga Rp1.500.000 dan cicilan 0 persen dari BCA, Mandiri, BSI, Digibank, Bank Mega, CIMB Niaga, Permata Bank, UOB, Panin Bank, Citi Bank, HSBC, BRI, OCBC, BNI, serta diskon tambahan dari Mastercard hingga Rp 500.000.

Baca selengkapnya di sini 

 


3. Elon Musk Mau Suspend Akun X Twitter yang Unggah Kalimat From The River to The Sea

Elon Musk.  (AP Photo/Susan Walsh, File)
Elon Musk. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Elon Musk kembali menegaskan aturan baru di jejaring sosial miliknya, X alias Twitter. Mengutip Rolling Stone, Senin (20/11/2023), kali ini, miliarder Elon Musk bermaksud menangguhkan alias menonaktifkan akun-akun Twitter yang memakai kalimat "from the river to the sea" untuk mendukung Palestina.

Sekadar informasi, kalimat from the river to the sea kerap dipakai oleh aktivis atau pendukung Palestina untuk upaya pembebasan Palestina atau Free Palestine.

Dengan kata lain, ini merupakan seruan untuk menghentikan pendudukan Israel dan membebaskan wilayah Palestina, yakni antara Laut Mediterania hingga Sungai Yordan.

Namun, ada perbedaan interpretasi yang signifikan bagi pendukung Israel dan kelompok advokasi Yahudi dalam melihat kalimat ini. Mereka melihatnya sebagai retorika antisemitik yang menggambarkan penghancuran Yahudi dan Israel.

Perlu dicatat, pandangan terhadap frasa atau kalimat ini cukup bervariasi di kalangan individu atau kelompok yang berbeda. Bagi Elon Musk, penggunaan kalimat from the river to the sea dianggap sebagai dekolonisasi dan memiliki eufimisme yang mengimplikasikan genosida.

"Seperti saya katakan awal pekan ini, "dekolonisasi", "from the river to the sea" dan eufimisme serupa secara mutlak menyiratkan genosida. Teguran keras untuk kekerasan ekstrim melanggar ketentuan layanan kami dan akan mengakibatkan penangguhan," kata Elon Musk dalam cuitan di X Twitter.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya