Apple Dilarang Jualan Apple Watch 9 dan Ultra 2 di AS Gara-Gara Langgar Paten

Apple dilarang menjual Apple Watch 9 dan Apple Watch Ultra 2 di Amerika Serikat, hal ini dilakukan komisi perdagangan setelah Apple dianggap melanggar paten teknologi milik perusahaan lain.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 28 Des 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 12:00 WIB
watchOS 9 brings new features, enhanced apps, and more personalization to Apple Watch.
Apple Watch Series 9 (Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple tak bisa lagi menjual jam tangan versi barunya, Apple Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 di Amerika Serikat.

Apple pada tanggal 21 Desember lalu telah menarik kedua produk ini dari situs webnya. Sementara pada 24 Desember, seluruh produk itu sudah ditarik dari rak toko Apple Store.

Kantor Perwakilan Perdagangan AS Katherine Tai mengatakan, lembaga ini memutuskan untuk tidak membatalkan keputusan komisi perdagangan AS, International Trade Commission (ITC), setelah melakukan pertimbangan yang cermat.

Dalam pernyataan yang dipublikasikan Reuters, juru bicara Apple yang tidak disebutkan namanya mengonfirmasi, perusahaan telah mengajukan banding terhadap keputusan ITC.

"Kami sangat tidak setuju dengan keputusan komisi perdagangan dan perintah pengecualian yang dihasilkan. Kami juga sedang mengambil semua langkah untuk mengembalikan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 kepada pelanggan di AS secepat mungkin," kata pihak Apple yang tak disebutkan namanya, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (28/12/2023).

Komisi perdagangan mengeluarkan pelarangan penjualan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 setelah Apple melanggar paten pada teknologi pembacaan saturasi oksigen milik perusahaan bernama Masimo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hanya Tinggal Jual Apple Watch SE

Apple Watch Ultra 2 (Apple)
Apple Watch Ultra 2 (Apple)

Komisi perdagangan juga memerintahkan Apple untuk menyetop penjualan perangkat yang sebelumnya diimpor dengan teknologi yang melanggar paten.

Meski Apple mencoba menghalangi keputusan tersebut sembari menunggu banding, ITC menolak permintaan Apple.

Peluang lain, yakni veto dari Presiden Joe Biden tidak terjadi. Saat ini larangan hanya berlaku untuk Apple Store yang ada di Amerika Serikat.

Itu berarti, pelanggan masih bisa mendapatkan Apple Watch Series 9 atau Watch Ultra 2 di pengecer lainnya selama persediaan masih ada.

Sementara, perusahaan masih akan terus menjual Apple Watch SE karena perangkat tersebut tidak dilengkapi dengan sensor oksigen darah.


Apple Watch Ultra 2 Dijual di Indonesia

Apple Watch
Tampilan Apple Watch Ultra yang baru saja diperkenalkan. (Dok: Apple)

Apple mengumumkan kehadiran jam tangan pintar mereka, Apple Watch Ultra 2, bersamaan dengan peluncuran iPhone 15 series pada 22 September 2023.

Selang tiga bulan diluncurkan, Apple Watch Ultra 2 akhirnya kini tersedia di Indonesia secara resmi melalui platform Blibli.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Blibli, Selasa (19/12/2023), Apple Watch Ultra 2 tersedia dalam berbagai promo penjualan yang berlaku hingga 30 Desember 2023.

Bagi Apple fanboy, Blibli menawarkan program cicilan 0 persen bebeas biaya (tersedia kerja sama beberapa bank) dengan tenor hingga 24 bulan mulai dari Rp 666.625.

Laman tersebut juga menyebutkan, pelanggan bisa mendapatkan cicilan gratis hingga 2 bulan, 10 kali Blibli tiket rewards, dan voucher ACMIC Watchbank senilai Rp 399,000.

 


Harga Rp 7 Jutaan

Fitur Sirene Apple Watch Ultra
Fitur Sirene Apple Watch Ultra (Apple)

Tak hanya itu, Blibli juga menyebut akan menyediakan free ekstra proteksi kerusakan selama 12 bulan berlaku di seluruh Apple service center di Indonesia.

Blibli juga menyebutkan, konsumen dapat memesan laman resmi Blibli dan hello store akan mendapatkan layanan tukar tambah dan pengiriman online dalam waktu 2 jam.

Lalu berapa harga Apple Watch Ultra 2 ini di situs e-commerce identik dengan warna biru itu? Konsumen dapat membeli jam pintar Apple ini seharga Rp 15.999.000, dengan tiga pilihan tali Trail Loop, Ocean Band, dan Alphine Loop.

Selain Apple Watch Ultra 2, situs ini juga sudah menjual Apple Watch Series 9 (41mm dan 45mm) mulai dari harga Rp 7.999.000.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya