Catat, Ini 5 Fitur iOS yang Tersedia dan Tak Ada di iPhone Lawas

Ini 5 fitur iOS 18 yang bisa dinikmati dan 5 fitur yang tidak bisa dinikmati di iPhone lawas.

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 19 Jun 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2024, 06:30 WIB
iOS 18
Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah memeperkenalkan sistem iOS 18 di acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024, belum lama ini. Sistem operasi tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru, termasuk Apple Intelligence yang menjadi perhatian banyak pengguna iPhone.

Apple mengungkapkan iOS 18 tersedia mulai dari iPhone XR, dan hal ini disambut gembira oleh pengguna iPhone lawas, karena mereka akan merasakan berbagai fitur baru.

Pun demikian, Apple menyebut iPhone keluaran lama tidak akan mendapatkan sejumlah fitur, terutama fitur yang membutuhkan kemampuan AI Apple Intelligence.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan yang dimiliki iPhone lawas tersebut tidak mampu menjalankan beragam fitur Apple Intelligence.

Sebagai informasi, beberapa fitur Apple Intelligence, seperti Image Playground dan Genmoji, hanya dapat dinikmati di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac yang menggunakan chip M1 ke atas.

Jika kamu menggunakan iPhone tipe lama, seperti iPhone XR hingga iPhone 11, jangan bersedih. Kamu masih bisa menikmati beberapa fitur baru di iOS 18, meski tak mendapatkan fitur Apple Intelligence, berikut di antaranya.

1. Kostumisasi Home Screen

Fitur iOS 18 yang sudah bisa dinikmati oleh iPhone lawas ialah kostumisasi Home Screen yang lebih lengkap. Di iOS 18, pengguna dapat mengubah posisi aplikasi di bagian bawah atau samping layar.

Pengguna juga bisa menerapkan Dark Mode untuk ikon aplikasi, menambahkan corak warna, dan bahkan menyembunyikan nama aplikasi untuk tampilan yang benar-benar minimalis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Aplikasi Messages yang Diperbarui

Apple Unjuk Kemampuan iOS 18, Simak Fitur Baru yang Bikin Pengguna iPhone Tercengang
Apple Unjuk Kemampuan iOS 18, Simak Fitur Baru yang Bikin Pengguna iPhone Tercengang. (Doc: Apple)

Berikutnya ialah penambahan fitur di aplikasi Messages. Apple menghadirkan beberapa fitur penting untuk aplikasi tersebut di iOS 18.

Kini, pengguna bisa memberikan reaksi untuk pesan menggunakan emoji. Selain itu, pengguna juga bisa menjadwalkan pesan yang akan dikirimkan.

Bahkan, pengguna juga bisa memberikan beberapa format teks, sperti garis bawah, coretan (strikethroughs), hingga efek animasi yang menarik.

Salah satu fitur yang menjadi perhatian ialah dukungan Rich Communication Service (RCS) di iOS 18. Fitur ini menghadirkan pengalaman perpesanan yang lebih lengkap saat chattingan dengan pengguna yang tidak menggunakan perangkat Apple.

3. Desain Baru di Control Center

Di iOS 18, pengguna bisa mengkostumisasi Control Center sesuai selera pengguna. Fitur ini juga bisa dinikmati oleh pengguna iPhone lama.

Selain itu, pengguna juga bisa memisahkan menu Control Center menjadi pilihan fungsi yang berbeda, seperti Home dan Media.

Tak hanya itu, penggguna juga bisa mengubah ukuran widget di Control Center sesuai keinginan.

Hal lain yang dapat dinikmati oleh pengguna iPhone lawas ialah mengubah widget di Control Center di layar kunci.


4. Kunci Aplikasi yang Diautentikasi Face ID

Apple
Sejumlah pembaruan yang ada di iOS 17 dan akan hadir di sejumlah iPhone tahun ini. (Dok: Apple)

Untuk peningkatan keamanan, Apple menghadirkan kunci aplikasi berbasis Face ID di iOS 18. Fitur ini juga bisa dinikmati pengguna iPhone lama.

Fitur ini akan mungkinkan pengguna mengunci aplikasi yang bersifat pribadi, sehingga orang yang meminjam iPhone kamu tidak akan bisa membuka aplikasi tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa menyembunyikan aplikasi di folder Hidden Apps baru.

5. Aplikasi Apple Password

Masih di sektor keamanan, iOS 18 memperkenalkan aplikasi Apple Password, yang akan mempermudah pengelolaan kata sandi akun, kode verifikasi, kunci sandi, dan kredensial penting lainnya dari kenyamanan iPhone kamu. Fitur ini sudah bisa dinikmati bahkan di iPhone seri lama.


Fitur iOS 18 yang Tak Bisa Dinikmati iPhone Lawas

Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk?
Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk? (Doc: Apple)

Terdapat pula beberapa fitur yang tidak bisa dinikmati oleh iPhone keluaran lama. Seperti yang telah disebutkan, absennya fitur tersebut dikarenakan di iPhone lama tidak memiliki hardware yang dibutuhkan. Berikut lima fitur iOS 18 yang tidak dimiliki iPhone lama.

1. Perpesanan Via Satelit

iOS 18 akan memperluas fitur SOS Darurat Apple melalui Satelit dengan memungkinkan pengguna mengirim pesan teks melalui satelit. Sayangnya, fitur ini hanya akan tersedia di iPhone 14 keatas.

2. Transkripsi Audio di Aplikasi Notes

Di iOS 18. pengguna bisa merekam dan mentranskripsi penggilan telepon menjadi teks langsung di iPhone, serta memulai rekaman audio langsung dari aplikasi Notes.

Kendati demikian, kemampuan untuk menyalin panggilan dan rekaman secara otomatis di aplikasi Notes hanya tersedia untuk iPhone 12 dan yang lebih baru.

3. Eye Tracking

Apple akan membuat iPhone lebih mudah dinavigasikan di iOS 18 melalui pengenalan pelacakan mata (Eye Tracking).

Pengguna dapat membuka aplikasi dan bernavigasi di iOS 18 hanya dengan menggerakan mata pengguuna. Namun, pengguna memerlukan iPhone 12 atau lebih baru agar bisa menggunakan fitur ini.


4. Music Haptics

Deretan Aplikasi iOs Terbaik untuk iPhone dan iPad, Mana Favorit Kamu?
Apple Music.

Apple juga menghadirkan fitur unik di iOS 18, yakni Music Haptics. Fitur ini menggunakan Apple Taptic Engine untuk menggetarkan ponsel sesuai dengan irama musik yang diputar di Apple Music. Seperti fitur lainnya, Music Haptic hanya dapat bekerja di iPhone 12 atau lebih baru.

5. Wireless Smart Lock

Aplikasi Home di iPhone juga mendapatkan penambahan fitur baru di iOS 18. Pengguna nantinua bisa membuka pintu rumah yang menggunakan fitur Smart Home menggunakan Ultra Wideband (UWB).

Perlu dicatat, fitur ini hanya tersedia di iPhone yang mendukung pemancar UWB, dan fitur ini tidak tersedia di iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone SE generasi pertama.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya