Samsung Siapkan HP Layar Lipat Baru dengan Desain Lebih Tipis dan Ramping

Samsung disebut-sebut sedang mempersiapkan HP Android layar lipat selanjutnya dengan desain lebih tipis dan ramping.

oleh Yuslianson diperbarui 22 Jul 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 10:30 WIB
Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Fold6 akan mendapat pesaing berat di pasar HP Android layar lipat, dengan kehadiran beberapa ponsel merek asal China yang juga baru diluncurkan.

Tak tanggung-tanggung, HP Android layar lipat merek China tersebut hadir dengan keunggulan di sisi desain, terutama dalam hal ketipisan bodi perangkat.

Diketahui, Galaxy Z Fold6 hadir dengan ketebalan 5.6mm saat dibuka dan 12.1mm ketika dilipat. Hal ini berbeda dari ponsel merek China, salah satunya adalah Xiaomi Mix Fold 4.

Informasi, Xiaomi Mix Fold 4 hadir dengan ketebalan 4,95 mm saat dibuka dan 9,47mm ketika dalam keadaan dilipat.

Namun, seri Galaxy Z Fold berikutnya digadang-gadang akan memiliki bodi lebih ramping. Hal ini terungkap lewat laporan KED Global saat wawancara dengan TM Roh, Presiden dan Ketua tim MX Samsung.

Dilansir KED Global, Senin (22/7/2024), Samsung berencana untuk meluncurkan ponsel lipat Galaxy berikutnya dengan bodi lebih ramping, dan mengembangkan smartphone lipat ekstra tipis.

Kabarnya, saat ini TM Roh meminta para insinyur di Samsung untuk mengembangkan perangkat layar lipat setipis Galaxy S24 saat sedang dilipat.

Galaxy S24 sendiri memiliki ketebalan 7,6mm, sedangkan Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra memiliki ketebalan hanya 7,7mm dan 8,6mm.

Meskipun Samsung berhasil menyamai ketebalan Galaxy S24 Ultra untuk generasi Z Fold selanjutnya, maka akan lebih tipis 3,5mm dibandingkan Fold6 saat dilipat.

Sumber tersebut juga mengklaim, tim MX akan meluncurkan Galaxy Z Fold6 Slim setebal 10mm pada akhir tahun 2024, dengan model berikutnya lebih tipis.

Model berikutnya akan mengemas layar lipat 8 inci, yang akan lebih besar dari layar lipat Fold6 berukuran 7,6 inci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Samsung Galaxy Tab S10 Plus dan Galaxy Tab S10 Ultra bakal Rilis Tahun Ini

<p>Tampilan layar 12,4 inci Dynamic AMOLED 2x di Galaxy Tab S9 Plus. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Berbeda dari tahun lalu, Samsung tidak menyertakan lini tablet Android terbaru mereka. Besar kemungkinan, perusahaan akan mengelar acara peluncuran tersendiri untuk Galaxy Tab series.

Hal ini diperkuat dengan bocoran informasi yang diunggah Max Jambor, di mana Samsung akan memundurkan tanggal rilis Galaxy Tab S10 series.

Mengutip bocoran Max Jambor via GSM Arena, Kamis (17/7/2024), Galaxy Tab S10 series akan dirilis pada Oktober 2024.

Sayangnya, belum diketahui secara pasti tanggal pasti penerus Galaxy Tab S9 series ini akan diluncurkan oleh Samsung.

Banyak pihak meyakini, tablet baru Samsung ini akan meluncur dalam dua pilihan, yaitu Tab S10 Plus dan Tab S10 Ultra.

Saat ini, sejumlah bocoran gambar render Galaxy Tab S10 Ultra sudah beredar di internet dan tampil dengan desian serupa dengan Tab S9 Ultra.

Adapun tablet Android Samsung premium ini bakal hadir dengan layar AMOLED 14,9 inci, dan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Sedangkan untuk Galaxy Tab S10 Plus, Samsung diprediksi bakal menggunakan chipset Dimensity 9300+. Bila benar, maka Galaxy Tab S10 Plus akan menjadi tablet pertama Samsung dengan prosesor buatan MediaTek. 


Galaxy AI Hadir di Tablet Samsung Galaxy Tab S9 Series Lewat Pembaruan One UI 6.1

<p>Fitur Galaxy AI Live Translate di Samsung Galaxy S24 Series. Liputan6.com/Yuslianson</p>

Samsung Electronics Indonesia menghadirkan Galaxy AI di Galaxy Tab S9 series melalui software update One UI 6.1.

Galaxy AI diklaim bisa mendorong batas-batas kreativitas dan produktivitas pengguna lebih jauh lagi, kapan pun dan di mana pun mereka berada.

“Dengan Galaxy AI, Galaxy Tab S9 series akan merevolusi pengalaman kamu dalam bekerja dan berkreasi menjadi lebih baik lagi," kata MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Annisa Maulina, melalui keterangannya, Selasa (9/4/2024).

Annisa menyebut Galaxy AI bisa menjadi asisten pribadi yang pintar, membantu pengguna membuat dan meringkas catatan meeting, mempersingkat waktu mentranskrip catatan meeting serta menerjemahkannya ke bahasa lain.

 


Galaxy AI Hadir di Lebih Banyak HP Samsung

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan tiga model yang hadir pada seri ini, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Dalam peluncuran ketiga smartphone ini, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ini adalah era AI seluler baru yang akan datang. (AP Photo/Lee Jin-man)

"Galaxy AI di Galaxy Tab S9 series bahkan daoat mempermudah pengguna menelusuri ide-ide baru untuk sejumlah pekerjaan," ucap Annisa memungkaskan.

Samsung Electronics Indonesia juga menghadirkan fitur Galaxy AI ke lebih banyak smartphone Galaxy sejak Kamis, 28 Maret 2024.

"Ekspansi ke lebih banyak perangkat tak hanya membawa pengalaman baru ke lebih banyak pengguna, tapi juga menegaskan komitmen Samsung untuk mentransformasi penerapan AI di perangkat mobile melalui terobosan-terobosan yang bermakna,” kata Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia, Lo Khing Seng.

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya