iPhone 16 Siap Meluncur! Ini Semua yang Perlu Kamu Tahu dari Apple Event 2024

Event peluncuran iPhone 16 dari Apple bakal digelar pada tanggal 9 September di Cupertino, California waktu setempat. Apa saja deretan produk baru yang akan diperkenalkan? Simak di artikel berikut ini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 09 Sep 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 13:00 WIB
Tanggal Peluncuran iPhone 16 Terungkap
Tanggal Peluncuran iPhone 16 Terungkap! Apple Event Siap Digelar 9 September. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Buat para Apple fans, hari paling ditunggu di dunia teknologi akhirnya datang juga! Event peluncuran iPhone 16 dari Apple bakal digelar tanggal 9 September pukul 13.00 siang waktu setempat di Cupertino, California, Amerika Serikat. 

Kabar baiknya, kamu bisa nonton langsung peluncuran iPhone 16 ini di YouTube atau situs Apple. Selain itu, akan ada live blog untuk kamu yang ingin mengikuti update secara real-time dan lihat lebih dekat iPhone terbaru terbaru usai event.

Jadi, Apa Saja yang Bisa Kita Harapkan?

Yang paling ditunggu pastinya peluncuran iPhone 16 series. Selain itu, kita juga bisa berharap bakal ada Apple Watch baru, bahkan mungkin tiga model sekaligus kalau Apple memamerkan versi SE baru.

Dikutip dari Engadget, Senin (9/9/2024), rumor lain juga menyebut akan ada update untuk AirPods standar. Namun, untuk kamu yang menunggu Mac M4, HomePods, atau iPad Mini, harus sabar dulu sampai akhir tahun atau tahun depan. 

iPhone 16 dan iPhone 16 Pro

Perangkat ini akan jadi bintang utama di Apple Event sekarang. Namun, kabarnya perubahan tahun ini lebih ke arah penyempurnaan fitur, sehingga jangan terlalu berharap ada teknologi baru yang revolusioner.

Menurut analisis indutstri, Mark Gurman, akan ada empat model baru: iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max.  Desainnya mirip dengan iPhone 15, sehingga rumor soal Apple bakal pakai nama iPhone Ultra kurang beralasan. 

Layar untuk iPhone model Pro akan sedikit lebih besar. Varian Pro reguler diprediksi naik jadi 6,3 inci dari 6,1 inci, sedangkan Pro Max menjadi 6,9 inci dari 6,7 inci.

Seperti biasa, Apple juga kemungkinan akan hadirkan warna baru. Gurman menyebut warna biru akan digantikan oleh rose gold, dan 9to5Mac melaporkan iPhone 16 Pro mungkin hadir dengan warna titanium keemasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Produk Baru Apple Selain iPhone 16

Apple Watch
Tampilan Apple Watch SE yang baru saja diluncurkan. (Dok. Apple)

Soal hardware, iPhone 16 bakal pakai chipset baru dengan fitur Apple Intelligence yang didukung kecerdasan buatan (AI). Chip A18 yang di-upgrade akan jadi otak di balik semuanya, dengan RAM 8GB untuk menjalankan tugas AI tersebut.

Rumor lain yang tidak kalah menarik, iPhone 16 dan 16 Plus standar akan punya Action Button, tombol multifungsi yang tahun lalu hanya ada di model Pro dan Pro Max.

Tombol ini bisa diatur untuk berbagai fungsi seperti mengubah setelan dering, menyalakan senter, atau membuka kamera.

Buat kamu yang suka fotografi, ada rumor soal kehadiran tombol kamera baru di sisi kanan ponsel yang akan berfungsi mirip dengan kamera DSLR.

Tombol ini bakal membantu fokus otomatis, mengambil foto, dan bahkan zoom in atau zoom out dengan lebih gampang.

Apple Watch Series 10 dan Apple Watch Ultra 3

Seperti biasanya, event iPhone juga akan menyoroti Apple Watch terbaru. Tahun ini, Apple Watch merayakan ulang tahunnya yang ke-10, sehingga banyak yang menebak model baru yang akan dinamai Series 10 atau X.

Yang jelas, rumor mengatakan layar smartwatch ini akan lebih besar dan ada desain baru untuk sistem tali jamnya. Namun, sayangnya itu berarti tali Apple Watch lama mungkin tidak bisa dipakai lagi.


Ada AirPods Baru?

AirPods Pro 2 (Dok. Apple)
AirPods Pro 2 (Dok. Apple)

Dua Model AirPods Baru

Apple juga kabarnya akan merilis dua varian baru dari AirPods standar. Yang satu bakal jadi model entry-level, dan yang lain model mid-tier yang akan menggantikan AirPods 2 dan 3. 

Keduanya diprediksi akan punya casing USB-C. Namun, dari laporan, varian lebih murah kemungkinan tidak memiliki fitur wireless charging.

Ada juga rumor soal AirPods Max, tapi sepertinya tidak akan diumumkan di event ini.

One More Thing?

Meskipun jarang terjadi di event iPhone, mungkin ada satu kejutan hardware yang diumumkan. Ada rumor soal Mac Mini baru yang lebih kecil, dengan chip M4 dan M4 Pro, yang bakal jadi komputer desktop terkecil Apple.

Jadi, buat kamu para Apple fans, siap-siap karena event ini bakal penuh kejutan. Jangan lupa nonton langsung biar enggak ketinggalan update terbaru dari Apple, ya!

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya