Sejarah Baru! Esports Resmi Jadi Cabor di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Esports resmi masuk sebagai cabang olahraga di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, menjadi tonggak sejarah baru bagi perkembangan gim lokal dan persiapan Indonesia menuju Olimpiade Esports 2025.

oleh Yuslianson diperbarui 15 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 14:00 WIB
Esports Resmi Jadi Cabor PON XXI 2024
Esports Resmi Jadi Cabor PON XXI 2024. (Doc: PB ESI)

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut akan menjadi sejarah baru bagi olahraga di Indonesia. Untuk pertama kalinya, esports masuk sebagai cabang olahraga (cabor) resmi.

Sebelumnya, cabor esports hanya menjadi cabor ekshibisi di PON XX Papua. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menyebut, venue esports di PON XXI ini sebagai salah satu venue terbaik dan perkembangan prestasi esports nasional​.

“Selain menjaring talenta-talenta potensial dari berbagai penjuru tanah air, cabor esports diharapkan menjadi persiapan menuju Olimpiade Esports 2025 yang pertama,” ujar Menpora​ Dito.

Dukung Gim Lokal: Lokapala dan Battle of Guardians

PB ESI menegaskan pentingnya mendukung gim lokal karya anak bangsa dalam ajang ini. Dua gim lokal, yaitu Lokapala dan Battle of Guardians (BOG), akan dipertandingkan.

Lokapala menjadi gim resmi memperebutkan medali PON, sedangkan BOG masih masuk kategori ekshibisi.

<p>Ketua Harian PB ESI Komisaris Jenderal Polisi (P) Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Ketua Harian PB PON Wilayah Aceh-Sumatera Utara Baharudin Siagian S.H., M.Si., dan Sekretaris Jenderal KONI Drs. TB. Lukman Djajadikusuma, MEMOS. (Doc: PB ESI)</p>

Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian PB ESI, mengatakan, “Kehadiran gim-gim lokal di PON menjadi penegasan komitmen kami dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi mereka untuk terus berkembang dan mendunia.

Esports di PON XXI 2024: Ajang Pembuktian Talenta Esports Indonesia

Cabor esports di PON XXI mempertandingkan lima gim besar, yakni Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), PUBG Mobile, Free Fire, eFootball, dan Lokapala.

Selain itu, Battle of Guardians dan Honor of Kings (HOK) akan hadir sebagai nomor ekshibisi. Total 260 atlet dari 24 provinsi akan bersaing dalam ajang ini​.

Esports kini menjadi lebih dari sekadar permainan. Ini adalah industri besar berpotensi memperkuat ekonomi kreatif dan memperkenalkan Indonesia ke panggung dunia.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah, Indonesia diharapkan mampu bersaing dalam Olimpiade Esports akan datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


18 Tim Esports Siap Tanding di Free Fire World Series Global Finals 2024 di Brasil

<p>18 Tim Esports Siap Tanding di Free Fire World Series Global Finals 2024 di Brasil. (Doc: Garena)</p>

Di sisi lain, Garena kembali membawa para penggemar Free Fire di seluruh dunia menuju perhelatan terbesar esports tahun ini, Free Fire World Series (FFWS) Global Finals 2024, yang akan diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brasil.

Ajang bergengsi ini bakal menyuguhkan pertarungan sengit antar 18 tim esports terbaik dari berbagai belahan dunia yang siap memperebutkan gelar juara pada 8-24 November 2024.

Tidak hanya menjadi ajang unjuk kemampuan bagi para tim elit, FFWS Global Finals 2024 juga memberikan kesempatan bagi penggemar esports untuk menyaksikan aksi epik di Carioca Arena, Rio de Janeiro.

Turnamen ini diprediksi akan menyedot perhatian jutaan mata di seluruh dunia, dengan babak finalnya menawarkan total hadiah mencapai USD 1 juta.


Format Pertandingan yang Lebih Kompetitif

Garena sering kali membagi-bagikan gratis kode redeem Free Fire (FF) bagi para pemain setia game bergenre battle royale tersebut.

FFWS Global Finals 2024 akan dimulai dengan Knockout Stage yang berlangsung pada 8-17 November 2024.

Pada tahap ini, sebanyak 18 tim Free Fire akan bertarung selama 2 minggu, dengan 6 pertandingan yang akan menjadi penentu siapa saja yang berhak melaju ke babak berikutnya.

Top 12 tim terbaik dari Knockout Stage akan melanjutkan pertempuran mereka di Point Rush Stage, dijadwalkan pada 22-23 November 2024, sebelum melaju ke Grand Finals FFWS pada 24 November 2024.

Turnamen ini menjadi lebih seru karena setiap pertandingan di setiap tahap memiliki dampak besar terhadap peluang para tim esports untuk memenangkan gelar juara dunia.

Tim lolos ke Grand Finals akan bertarung tidak hanya untuk gelar bergengsi, tetapi juga untuk membawa pulang hadiah besar menjadi bagian dari prize pool USD 1 juta atau setara Rp 15 miliar.


Asia Tenggara Berjaya, 8 Tim Lolos ke Global Finals

Free Fire umumkan event baru sambut perayaan anniversary ke-7 yang disertai dengan patch update dalam game. (Dok: Garena Free Fire)

FFWS Global Finals 2024 akan diisi oleh 18 tim berasal dari berbagai regional. Asia Tenggara menjadi kawasan dengan jumlah perwakilan terbanyak, mengirimkan 8 tim terbaik olos melalui FFWS SEA 2024 Fall.

Sementara itu, kawasan lain seperti Amerika Latin akan diwakili oleh 3 tim, Brasil 4 tim, dan Pakistan 1 tim. Satu tempat juga sudah diamankan oleh WASK team dari Maroko setelah menjuarai FFWS 2024 Middle East & Africa.

Untuk Indonesia, harapan untuk tampil di Global Finals masih terbuka lebar, dengan RRQ Kazu saat ini berada di posisi ke-2 klasemen FFWS SEA 2024 Fall.

Beberapa tim lainnya seperti Onic Olympus dan EVOS Divine masih berjuang untuk mengamankan tiket ke babak Grand Finals yang akan berlangsung pada Oktober 2024.

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya