Bank Mutiara Restrukturisasi Kredit Macet Rp 135,8 Miliar

Restrukturisasi kredit macet Bank Mutiara mampu dongkrak laba perseroan.

oleh Arthur Gideon diperbarui 15 Apr 2014, 13:58 WIB
Diterbitkan 15 Apr 2014, 13:58 WIB
Bank Mutiara
(foto: antaranews.com)

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Mutiara Tbk mampu merestrukturisasi kredit bermasalah peninggalan manajemen lama sebesar Rp 135,8 miliar pada Kuartal I 2014. Hasil restrukturisasi kredit bermasalah tersebut dicatat ke dalam pos pendapatan sehingga berkontribusi kepada laba perseroan.

Rohan Hafas, Corporate Secretary Bank Mutiara menjelaskan restrukturisasi dilakukan dengan berbagai cara antara lain penjualan Agunan yang Diambil Alih (AYDA) serta penagihan para debitur yang hapus buku.

Adapun nilai pembayaran utang yang dilakukan para debitor perseroan mencapai Rp 131,5 miliar atau 12,9% dari total kredit bermasalah perseroan yang tercatat Rp 1,015 triliun.

Sejumlah debitor peninggalan manajemen Bank Century yang melakukan pembayaran cicilannya antara lain Selalang Prima International, Polymer Spectrum Sentosa, Trio Irama, Akasia Prima dan Cahaya Adiputra Sentosa, dengan total pembayaran sebesar Rp 110,7 miliar. Sedangkan sisanya yaitu sebesar Rp 20,8 miliar berasal dari debitor retail.

Penerimaan lainnya berasal dari penjualan AYDA sebesar Rp 2,2 miliar dan hasil penagihan dari debitor hapus buku sebesar Rp 2,1 miliar.

Keberhasilan tersebut mendorong peningkatan kinerja perusahaan yang tercermin pada perolehan laba kuartal I 2014 sebesar Rp 12,1 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya