6 Tips Jitu Menyiapkan Masa Depan Mapan di Usia 30

Agar masa depan mapan di usia 30 tahun, berikut tips jitu mempersiapkannya

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 16 Feb 2019, 06:00 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi orang kaya
Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Semakin hari usia makin bertambah. Di usia 30-an tahun, sudah seharusnya memiliki kehidupan yang mapan secara finansial.

Untuk itu, saat usia 20-an harus sudah mulai memikirkan mempersiapkan berbagai urusan kebutuhan utama. Di tengah masa mencari jati diri hingga mencoba berbagai macam hal baru dan lainnya.

Darah muda Anda pun membuat Anda semakin bersemangat untuk mengembangkan diri. Oleh karenanya, di umur Anda saat ini manfaatkanlah sebaik mungkin dan hindari hal-hal negatif yang justru dapat menjerumuskan Anda.

Nah, agar masa depan mapan di usia 30 tahun, berikut tips jitu mempersiapkannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buatlah Daftar Rencana Hidup untuk Beberapa Tahun ke Depan

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membuat daftar rencana hidup beberapa tahun kedepan. Dengan menulis beberapa hal yang hendak dicapai, setidaknya Anda telah memiliki tujuan, sehingga tahu apa yang akan dilakukan.

Selain itu, dengan memiliki daftar rencana hidup, dalam perjalanannya saat menghadapi berbagai hal dinamika hitup, maka Anda tidak akan melenceng jauh dari apa yang telah direncanakan sesuai keinginan.

Anda bisa meluruskannya kembali dan mengarahkannya pada tujuan awal yang telah dibuat. Jangan lupa juga untuk membuat rencana B dan seterusnya, apabila rencana awal tidak tercapai, sehingga Anda memiliki banyak alternatif dan hidup Anda pun tetap terarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Tentukan Skala Prioritas dan Target yang Ingin Dicapai

4 Cara Jitu Raih Beasiswa di Universitas Ternama
Ilustrasi siswa lulus dan menerima beasiswa.

Skala prioritas dan target yang harus dicapai ini misalnya Anda berencana dapat lulus kuliah pada tahun berapa atau pada usia berapa. Kemudian ingin bekerja di mana atau ingin langsung melanjutkan ke jenjang S2, dan sebagainya.

Menjadi visioner itu tidak ada yang salah selama Anda tetap fokus dan mengarahkan pada hal positif. Menentukan target yang hendak Anda capai pun tak ada salahnya jika target tersebut terlampau tinggi selama Anda tak hanya memikirkannya saja tanpa melakukan langkah nyata.

3. Kurangi Gaya Hidup Konsumtif dan Belajar Kelola Keuangan dengan Tepat

Salah satu hal yang membuat keuangan berantakan adalah dari sisi gaya hidup. Di umur 20-an, Anda akan dituntut lebih pintar mengelola keuangan dengan cara menghindari berbagai pengeluaran yang sifatnya konsumtif.

Gaya hidup yang konsumtif salah satu contohnya adalah dengan mengutamakan pengeluaran yang sifatnya untuk bersenang-senang dan tidak memberikan keuntungan apapun untuk Anda.

Salah satu contoh kecilnya, membeli tas sementara Anda telah memiliki banyak sekali tas dan Anda selalu membelinya setiap bulan. Tak ada yang salah dengan membeli barang, namun yang harus diperhatikan adalah seberapa besar tingkat urgensi membeli barang tersebut.

Berpikirlah untuk membeli barang atau sesuatu yang lebih bermanfaat bagi masa depan Anda. Misal, dengan cara berinvestasi emas atau ilmu.


4. Terus Fokus dengan Kelebihan dan Hindari Meratapi Kekurangan Diri

[Bintang] Sukses
Ilustrasi perempuan tampil percaya diri dengan pakaian yang dikenakannya. (Picture: kidshaircut.com)

Salah satu hal yang cukup membuang-buang waktu masa muda Anda adalah terlalu banyak merenungkan kekurangan diri. Berbeda jika Anda justru fokus dengan kelebihan diri yang tentunya akan lebih banyak membawa keuntungan di masa depan.

Hindari memiliki pikiran yang sempit. Selama Anda memiliki kelebihan yang dapat dipertunjukkan, kembangkan dan buat kelebihan Anda sebagai nilai jual Anda. Jika tidak, terus gali dan temukan kelebihan diri yang bisa dikembangkan.

5. Carilah Kebahagiaan Sendiri, Jangan Berpikir Kebahagiaan akan Datang dari Orang Lain

Saat usia menginjak 20-an, bukan lagi waktunya Anda berdiam diri dan menunggu kebahagiaan menghampiri Anda. Anda dituntut untuk memiliki inisiatif untuk menciptakan kebahagiaan untuk diri Anda sendiri, jangan pernah mengharapkan kebahagiaan dari orang lain.

Sebab orang yang saat ini bahagia karena kesuksesannya juga pernah melewati masa sulit meski mungkin tidak terlihat dan ditunjukkan pada Anda.

Salah satu yang dapat dilakukan untuk memulai poin ini adalah dengan masuk ke dalam komunitas dan terus mengasah potensi diri untuk mendapatkan kesempatan karier yang lebih baik.


6. Tantang Kemampuan Diri dan Terus Mencoba Hal yang Selama ini Ditakuti

Downhill
Trek yang terletak di kaki Gunung Merapi ini dipilih karena dianggap bisa memacu adrenalin pecinta olahraga ekstrim, khususnya downhill di Indonesia. (Liputan6.com/Windi)

Tak ada salahnya juga melakukan hal-hal yang dapat membuat Anda takut. Selain memacu adrenalin, Anda pun bisa menakar seberapa besar kapasitas diri dalam menaklukkan diri sendiri.

Namun yang perlu diingat adalah pastikan Anda melakukan hal yang sifatnya positif, seperti olahraga ekstrim, berpetualang di alam bebas, dan lain sebagainya.

Seberapa Berani Anda Menghadapi Tantangan dan Capai Hidup Sukses?

Itulah beberapa kiat jitu untuk bisa meraih hidup sukses dan mapan ketika memasuki usia 30-an. Tentu saja, bukan hanya berpangku tangan dan berangan-angan saja, namun upaya nyata dan kerja keras untuk meraihnya. Lakukan dan persiapkan semua hal sejak dini. Semoga Anda sukses!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya